Sukses

Bantu Warga Melihat Terang, Sido Muncul Bersama Polri Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis 200 Mata

Sido Muncul bekerja sama dengan Polri, Perdami Cabang DKI Jakarta dan Yayasan MRKR mengadakan Baktikes Operasi Katarak Phacoemulsifikasi Gratis di RS Polri Kramat Jati.

Liputan6.com, Jakarta Raut bahagia dan penuh rasa syukur terpancar pada wajah-wajah pasien peserta Operasi Katarak Gratis yang diselenggarakan PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu 23 Juni 2023. Salah satunya adalah Edi Yuliono (60 tahun), warga Bintaro, Tangerang Selatan yang telah mengalami gangguan mata katarak sejak 5 tahun lalu.

Kini, ia merasa sangat senang dengan adanya operasi katarak gratis dan bisa melihat lebih jelas serta tidak buram lagi. Edi mengaku didiagnosa sakit mata katarak sejak tahun 2018. Saat itu, ia belum memutuskan untuk melakukan operasi karena masalah mata katarak belum terlalu mengganggu. Barulah pada dua tahun ke belakang, katarak itu sangat mengganggu dan membuat penglihatan kedua matanya menjadi buram.

"Saya coba ganti kacamata sampai minus 20 pun masih belum bisa melihat karena terlalu buram. Kedua mata saya katarak, tapi yang paling parah sebelah kiri, jadi harus dioperasi terlebih dahulu," kata Edi usai mengikuti seremoni Baktikes Operasi Katarak Phacoemulsifikasi Gratis Sido Muncul Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-77 di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Edi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sido Muncul, Rumah Sakit Polri, dan berbagai pihak yang mendukung pelaksanaan operasi katarak gratis ini.

"Kegiatan ini sangat membantu sekali bagi orang-orang yang tidak mampu untuk membayar biaya operasi. Kita bahkan juga dibantu sampai transportasinya, diberi sembako dan produk dari Sido Muncul. Terima kasih sekali sudah dibantu sedemikian rupa oleh Sido Muncul, Rumah Sakit Polri yang sudah melaksanakan operasi dan juga MRKR yang sudah memfasilitasi kami sehingga sampai mendapatkan operasi katarak gratis," kata Edi.

Tak hanya Edi, masih ada banyak pasien lain dengan wajah penuh syukur setelah selesai mengikuti operasi katarak gratis Sido Muncul di RS Polri Kramat Jati.

Sido Muncul bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Perdami Cabang DKI Jakarta dan Yayasan Masjid Raya Kebayoran Residence (MRKR) mengadakan Baktikes Operasi Katarak Phacoemulsifikasi Gratis di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Sabtu, 24 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baksos Operasi Katarak Gratis untuk 200 Mata

Dalam kegiatan baksos yang juga menjadi rangkaian HUT Bhayangkara ke-77, Sido Muncul memberikan bantuan operasi katarak gratis untuk 200 mata penderita katarak. Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada Wakil Ketua I Perdami Cabang DKI Jakarta, Dr. Referano Agustiawan, SpM(K).

Dalam sambutannya, Irwan Hidayat mengatakan bahwa kegiatan baksos ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di bidang kesehatan. Bantuan untuk operasi katarak gratis sudah dimulai sejak tahun 2011 dengan menggunakan dana iklan, sehingga promosi yang dilakukan Sido Muncul bisa bermanfaat bagi banyak orang.

"Sampai hari ini, Sido Muncul telah memberikan bantuan operasi gratis kepada 56 ribu penderita katarak. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk negeri ini. Selain membantu operasi katarak, kita juga bantu operasi bibir sumbing. Tahun ini, targetnya 4.000 operasi bibir sumbing dan untuk katarak targetnya 12.000 operasi katarak," kata Irwan Hidayat.

3 dari 4 halaman

80 Persen Masalah Kebutaan Disebabkan oleh Katarak

Wakil Ketua I Perdami Cabang DKI Jakarta, Dr. Referano Agustiawan, SpM(K) menyampaikan katarak masih menjadi masalah utama kebutaan di Indonesia. Sebanyak 3 persen penduduk mengalami kebutaan dan 80 persennya disebabkan oleh katarak.

"Indonesia merupakan negara tertinggi di Asia untuk masalah kebutaan. 3 persen dari penduduk mengalami kebutaan dan kebutaan ini mencapai 1,6 juta jiwa di seluruh Indonesia. 80 persennya buta akibat katarak," kata Dr. Referano.

Lebih lanjut Referano mengatakan untuk mengatasi masalah katarak ini hanya bisa dilakukan dengan operasi katarak. Hal ini tidak bisa diserahkan pada dokter mata tetapi butuh kerja sama dengan berbagai pihak.

"Terima kasih kepada Sido Muncul dan Polri untuk kesediaan bekerja sama dengan kita, saling bahu membahu untuk memberantas katarak di Indonesia. Semoga operasi katarak ini dapat memberikan manfaat bisa meningkatkan produktivitas dan rasa syukur kepada Allah. Mata ini salah satu harta dari Allah yang sangat berharga," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Jadi Rangkaian Peringatan HUT Bhayangkara ke-77

Dalam kesempatan ini, Karumkit Polri Kramat Jati, Brigjen Pol. Dr. Hariyanto, Sp.Pd mengatakan bahwa kegiatan baktikes operasi katarak gratis Sido Muncul ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-77.

"Bakti Kesehatan ini sudah dimulai sejak tanggal 22 Juni lalu yang dipusatkan di Surabaya, Jawa Timur dan dibuka Bapak Kapolri. Hari ini sampai tanggal 1 Juli 2023 mendatang masih ada rangkaian bakti kesehatan lainnya," kata Dr. Hariyanto.

Sebagai tuan rumah penyelenggara operasi katarak, Dr. Hariyanto mengucapkan terima kasih kepada Sido Muncul dan semua pihak atas kerja sama yang solid sejak persiapan hingga pelaksanaan bakti kesehatan.

"Semoga bapak dan ibu sekalian yang menjalani operasi bisa sembuh sempurna dan mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa dengan melihat dunia terang," ujarnya.

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Irjen Pol. dr. Asep Hendradiana menjelaskan bahwa Baktikes Operasi Katarak di Rumah Sakit Bhayangkara dilakukan dengan teknologi phacoemulsifikasi yang menyasar 200 pasien katarak. Adapun sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke-77 menargetkan seribu pasien operasi katarak.

“Kegiatan ini juga merupakan kegiatan lanjutan dari HUT Bhayangkara ke-77. Dengan target operasi katarak mendekati seribu pasien di tahun ini. Insya Allah, target tersebut dapat terlampaui dan tercapai,” jelasnya.

Terakhir, Irwan menyampaikan terima kasih kepada RS Polri, Perdami dan semua pihak yang mendukung terselenggara kegiatan ini. Dirinya mengaku turut bahagia dan bersyukur bisa berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial operasi katarak dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-77.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.