Sukses

Shannen Doherty Idap Kanker Payudara Stadium 4, Sudah Menyebar ke Otak

Shannen Doherty mengungkapkan bahwa kanker payudara yang diidapnya sudah stadium empat.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang menyenangkan datang dari bintang serial Beverly Hills 90210, Shannen Doherty. Ia mengungkapkan bahwa kanker payudara yang diidapnya sudah stadium empat.

Lalu, pada 6 Juni lalu Shannen Doherty mengungkapkan ke publik bahwa telah terjadi metastase atau penyebaran sel-sel kanker. Hasil pemeriksaan menunjukkan sel kanker payudara telah menyebar ke otak.

"12 Januari 2023. Pada 5 Januari, CT Scan saya menunjukkan sel kanker telah menyebar ke otak saya. Video kemarin menunjukkan proses pemasangan masker yang harus dikenakan selama radiasi ke otak," kata Shannen di akun Instagramnya @thesando ditulis Jumat, 9 Juni 2023.

Kondisi ini membuat wanita 52 tahun ini merasa sedih dan kacau. Ia juga merasakan ketakutan dengan kondisi saat ini.

"Ketakutan saya sangat jelas. Sampai membuat sesak," tulisnya Shannen Doherty.

Ketakutan tersebut tetap ada meski ditangani oleh dokter-dokter hebat serta peralatan medis yang canggih di Cedars Sinai yang merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Amerika Serikat.

"Tapi ketakutan, kekacauan itu ada. Seperti inilah rupa kanker," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Shannen Doherty Idap Kanker

Shannen Doherty pertama kali didiagnosis kanker payudara pada 2015. Saat itu ia menjalani pengobatan hingga tak terlihat lagi ada kanker di tubuhnya.

Pada 2017 ia mengalami remisi kanker. Istilah remisi berarti pasien tersebut sudah diterapi dan sudah dievaluasi bahwa pasien tersebut tidak mengandung sel kanker lagi di dalam tubuhnya. Namun, pada masa remisi tersebut si pasien harus tetap kontrol secara teratur dan tetap menjaga tubuhnya agar selalu sehat.

Pada akhir 2019 Shannen harus menerima kenyataan bahwa sel kanker payudara kembali muncul. Bahkan telah bermetastase. Lalu, di awal 2020, ia mengumumkan ke publik bahwa dirinya kembali mengidap kanker payudara bahkan sudah stadium 4.

Shannen sempat menutupi kondisi yang ia derita, terutama karena untuk menghormati mendiang Luke Perry sahabatnya, dan keikutsertaannya dalam reboot Beverly Hills 90210.

"Salah satu alasannya, selain Luke, adalah aku melakukan 90210 dan tidak mengabarkan orang-orang karena kupikir orang jadi bisa melihat bahwa penderita dengan stadium 4 pun bisa bekerja," kata dia kala itu.

 

3 dari 4 halaman

Khawatir Tak Punya Asuransi Kesehatan

Pengobatan kanker dikenal mahal, hal tersebut juga menjadi kekhawatiran bagi sang aktris. Ia khawatir bisa kehilangan asuransi kesehatan bila tak memiliki penghasilan.  Hal itu ia ungkapkan pada 2021 saat diwawancara majalah Variety.

"Ini adalah sesuatu yang saya khawatirkan, tentu saja, seperti: 'Ya Tuhan, saya harus memastikan bahwa saya mendapatkan sejumlah uang setiap tahun untuk mendapatkan asuransi," katanya saat itu.

 

4 dari 4 halaman

Karier Shannen Doherty

Shannen Doherty merupakan salah satu public figur yang dikenal mereka yang lahir di 1980-an. Beberapa karyanya dalam serial televisi membuat namanya mentereng.

Selain berperan menjadi Beverly Hills 90210, ia juga bermain dalam Prue Halliwell in Charmed (1998–2001) dan Dobbs in Fortress (2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini