Sukses

Mantan Pacar Kerap Muncul di Mimpi, Apa Sih Artinya?

Menurut pakar, kerap memimpikan mantan pacar kemungkinan besar tidak berhubungan dengan mantan itu sendiri sama sekali. Lantas, apa arti bermimpi tentang mantan?

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran mantan pacar dalam mimpi walau terkadang menjengkelkan tapi tidak selalu berarti buruk. Bisa jadi, memimpikan mantan pacar dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang kehidupan yang sebenarnya.

Ketika mantan pacar muncul dalam mimpi, sebenarnya itu adalah peringatan dari bawah sadar tentang perasaan umum yang sebelumnya telah disembunyikan tapi sebaiknya diperhatikan lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh psikolog klinis dan profesor emeritus di California State University, Beverly Palmer.

“Secara umum, hal itu terjadi karena ada hal-hal yang belum terselesaikan dengan mantan kekasihmu," kata Palmer kepada Women’s Health ditulis Senin (29/5/2023).

Tak perlu panik, menurut psikolog dan ahli analisis mimpi dan hubungan, Marion Rudin Frank, perasaan-perasaan itu tidak selalu berarti ingin kembali kepada mantanmu. 

Sebenarnya, perasaan-perasaan tersebut kemungkinan besar tidak berhubungan dengan mantan sama sekali. Lantas apa arti mimpi tentang mantan kekasih?

Jika Bermimpi Merindukan Mantan

Jika dalam mimpi kamu kamu benar-benar merindukan mantanmu, itu mungkin berarti kamu merasa ada kekosongan dalam hidup.

“Mungkin kamu merasa kosong, seperti kehilangan keintiman dari orangtua atau kelompok teman seperti yang kamu miliki sebelum pindah ke tempat baru,” kata Frank.

Menurut analis mimpi, dosen di Universitas Concordia, dan penulis buku Have A Great Dream, Layne Dalfen, rindu merupakan sebuah perasaan.

"Jadi apa yang sedang terjadi minggu ini? Apa yang kamu rindukan? Apa yang kamu rasakan? Apakah kamu sudah lama tidak berhubungan seks? Apakah kamu merasa ditolak dalam beberapa cara?” tanya Dalfen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika Bermimpi Bertengkar dengan Mantan

Jika dalam mimpi terjadi perdebatan dengan mantan dan kamu sedang menjalin hubungan saat ini, itu mungkin menjadi pengaruh sebenarnya di baliknya

Bermimpi bertengkar dengan mantan mungkin hanya berarti hubunganmu saat ini perlu diperbaiki. Kemungkinan kamu sedang menghadapi masalah dengan pasangan yang perlu diatasi.

Menurut Dalfen, kamu perlu bertanya pada diri sendiri tentang orang yang kamu mimpikan, dan apa yang terlintas dalam pikiran saat memikirkan orang itu.

"Perhatikan hubunganmu saat ini dan tanyakan pada dirimu sendiri, 'Apa yang kurang?' Karena jika kamu tidak bertemu atau berkencan dengan mantanmu selama enam, tujuh, delapan bulan, satu tahun, dua tahun terakhir, kemungkinan besar itu bukan tentang mereka,” jelas Dalfen.

3 dari 4 halaman

Jika Bermimpi Mantan Mengkhianatimu

Jika bermimpi seperti ini, kemungkinan besar kamu sedang kesal dengan orang lain dan mengaitkan perasaan negatif itu dengan mantan, kata Frank.

Misalnya, jika teman kerja mengambil keuntungan dari hasil kerjamu pada proyek tertentu. Meskipun terasa sepele saat itu, kamu mungkin bermimpi tentang mantan karena dia adalah representasi terbaik dalam pikiran bawah sadar terhadap perasaan pengkhianatan tersebut.

Jadi, bermimpi tentang mantan bisa menjadi cara pikiran untuk merespons kembali perasaan yang sebelumnya kamu kesampingkan pada hari itu.

4 dari 4 halaman

Jika Bermimpi Balikan dengan Mantan

Ingatlah bahwa mimpi ini tak berarti kamu ingin kembali bersama, seperti yang diungkapkan oleh para ahli sebelumnya.

Sayangnya, bermimpi berdamai dengan mantan kadang-kadang dapat menjadi pesan bahwa kamu merindukan mantan. Bisa juga menginginkan pasangan saat ini memiliki beberapa kualitas yang kamu rindukan dari mantan.

Jika hubungan masa lalu berakhir dengan baik, tidak heran jika terkadang teringat padanya. Wajar jika beberapa kenangan indah tentangnya bisa muncul dalam mimpi.

Jika Bermimpi Mantan Meminta Maaf

Menurut ahli interpretasi mimpi Gary Toub, kemungkinan besar mimpi itu hanya berarti kamu sedang melampaui sesuatu yang pernah menyakitimu. 

Ini merupakan cara dirimu sendiri untuk mengatasi dan berusaha beranjak dari hal-hal menyakitkan, khususnya yang datang dari mantan pacar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.