Sukses

RS PELNI Resmikan Merial Tower, Tambah 165 Tempat Tidur untuk Pasien BPJS Kesehatan

Berkomitmen meningkatkan fasilitas layanan, RS PELNI meresmikan Merial Tower yang juga menyediakan 165 kamar untuk pasien BPJS Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah sakit PELNI resmi membuka fasilitas baru Merial Tower pada Kamis, 11 Mei 2023. Merial Tower dibangun demi meningkatkan layanan rumah sakit dan menambah kapasitas kamar untuk pasien.

RS PELNI merupakan rumah sakit yang menjadi bagian dari RS BUMN Indonesia Healthcare Corporation (IHC). Telah berdiri selama 105 tahun, RS PELNI kini menghadirkan Merial Tower yang memiliki layanan unggulan, khususnya untuk pasien kanker, stroke, dan jantung.

Direktur Utama Pertamina Bina Medika IHC, drg. Mira Dyah Wahyuni mengatakan gedung Merial Tower terbuka untuk pasien dari semua kalangan. Untuk itu, gedung ini menyediakan sebanyak 165 kamar untuk pasien BPJS Kesehatan.

“Ada 165 tempat tidur yang bisa ditempatkan oleh pasien BPJS, dari 268 tambahan,” tutur Mira kepada Health Liputan6.com saat ditemui seusai acara peresmian Merial Tower yang diadakan di kawasan RS PELNI, Jakarta Barat, pada Kamis (11/5/2023).

“Jadi yang akhirnya yang sudah ada saat ini itu ada 405 bed,” lanjut wanita tamatan Universitas Indonesia tersebut.

Turut mendorong nilai inklusivitas, Mira juga menuturkan bahwa jumlah ranjang untuk pasien BPJS tersebut dapat dinikmati oleh pasien dari semua tingkat fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan.

Mira mengungkap, dibukanya Merial Tower juga merupakan upaya pemberian solusi dari masalah membludaknya pasien kanker dan jantung.

“Kita berharap bisa mengurangi antre, bisa mengurangi pasien membludak di layanan lain, seperti di RSCM, Dharmais, dan lainnya. Mereka bisa ke Merial Tower sekarang,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merial Tower RS PELNI Berupaya Memaksimalkan Layanan Pengobatan Kanker

Meningkatkan layanan pengobatan kanker secara terpadu merupakan salah satu tujuan dibukanya fasilitas baru Merial Tower.

“Dibukanya onkologi center ini diharapkan dapat memberikan pilihan pada masyarakat Indonesia dalam pengobatan kanker. Khususnya yang memerlukan peralatan canggih, seperti radioterapi dan linac yang tersedia di Merial Tower RS PELNI,” Mira menerangkan.

Untuk layanan unggulan onkologi sendiri, terdapat 10 dokter subspesialis dari berbagai dimensi yang bersedia berkolaborasi dengan pasien.

Ada beberapa layanan yang tersedia, mulai dari deteksi dini (skrining), penegakkan diagnosis, dan terapi yang didukung oleh teknologi mutakhir, seperti CT Simulator, linac, dan brakiterapi.

Tak sampai di situ, Merial Tower juga menyediakan layanan kemoterapi untuk berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, paru, tiroid, saluran cerna, jaringan lunak, organ reproduksi, darah, dan kasus kanker lainnya.

3 dari 4 halaman

Kanker Payudara dan Serviks, Termasuk Paling Banyak Ditangani di RS PELNI

Lebih lanjut, Mira mengungkap bahwa kasus kanker yang paling banyak ditangani di RS PELNI pada pasien wanita adalah kanker serviks dan payudara.

“Padahal dua kanker itu curable (dapat disembuhkan). Tapi, sayangnya pasien sering kali sudah terlambat, kanker sudah menyebar ke mana-mana,” tuturnya.

“Maka itu penting sekali untuk diperhatikan. Makin banyak kasus sekarang, terutama kanker serviks,” lanjut Mira.

Ia juga mengingatkan, pasien kanker yang bisa disembuhkan maksimal hingga stadium 3. “Kalau stadium 3 dan tak ada penyebaran, ya. Kalau stadium 4 itu artinya sudah menyebar,” terangnya.

“Kalau sudah menyebar, apalagi sudah ke paru, itu susah,” ujar Mira.

Sementara itu, Mira juga menambahkan, data dari RS PELNI menunjukkan bahwa kasus kanker secara umum yang paling banyak ditangani di rumah sakit ini adalah kanker nasofaring dan kolorektal.

4 dari 4 halaman

Merial Tower, Mengusung Konsep Layanan Terpadu dan Holistik

Merial Tower RS PELNI merupakan fasilitas baru yang mengusung konsep layanan terpadu dan holistik. Tak hanya peningkatan kapasitas pelayanan, pembukaan Merial Tower juga diikuti peningkatan kompetensi, serta tim dokter yang berpengalaman.

Selain dokter onkologi atau spesialis kanker, layanan Merial Tower juga memiliki layanan mata, neurologi, dan jantung.

Eye Center

Layanan mata yang unggul di Merial Tower memiliki layanan bedah khusus mata dalam satu lantai, sehingga pasien bisa merasa nyaman. Pusat layanan mata ini melayani kelainan mata dari bagian sisi depan hingga sisi belakang.

Tim dokter dalam layanan mata terdiri dari 4 dokter spesialis dan 1 dokter subspesialis neuro-oftalmologi.

Neurology Center

Layanan neurologi ini ditunjang oleh tim dokter neurologi yang komprehensif dan berpengalaman. Layanan ini terdiri dari 7 dokter spesialis dan 4 dokter subspesialis. Di antaranya adalah untuk neuro intervensi, neuro onkologi, dan epilepsi.

Kondisi yang dapat ditangani melalui layanan ini adalah tumor otak, penyakit pembuluh darah serebral, hidrosefalus, dan masih banyak lagi.

Cardiovascular Center

Layanan unggulan jantung dan pembuluh darah didukung oleh 7 dokter spesialis dan 4 dokter subspesialis. 

Adapun layanan ini terdiri dari deteksi dini, penegakkan diagnosis, tata laksana bedah jantung, hingga rehabilitasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.