Sukses

Jonatan Christie Disebut Alami Infeksi dalam Darah, Dokter Justru Pertanyakan Kenapa Masih Bisa Ikut Badminton Asia Championships 2023?

Jonatan Christie mundur dari Badminton Asia Championships 2023 gara-gara infeksi dalam darah

Liputan6.com, Jakarta - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie seharusnya bertanding melawan Shi Yu Qi dari China pada babak pertama Badminton Asia Championships 2023 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai pada hari ini, Rabu, 26 April 2023.

Namun, kabar kurang menyenangkan justru datang dari atlet bulu tangkis berumur 25 tahun ini. Jonatan Christie mundur dari Badminton Asia Championships 2023 lantaran sakit.

Menurut pelatih tunggal putra, Irwansyah, cowok yang akrab disapa Jojo terkena infeksi dalam darah. Hasil ini diperoleh setelah di mejalani pemeriksaan darah.

Saat ditanya mengenai infeksi dalam darah yang menimpa seorang atlet, Dokter Olahraga di Sports Therapy Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta Pusat, dr Michael Triangto SpKO lebih tertarik 'membahas' kenapa atlet yang sakit malah bisa diikutsertakan dalam ajang besar seperti Badminton Asia Championships 2023.

"Yang dimaksud infeksi dalam darah seperti apa kita enggak jelas. Harusnya Sepsis (tapi) Sepsis itu enggak gampang, dengan satu hari diinfus sembuh. Dan, enggak mungkin lagi, latihan pagi, tiba-tiba sorenya langsung sakit," kata Michael saat dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu siang, 26 April 2023.

Menurut dokter Michael, seharusnya penyakit infeksi seperti yang dialami Jonatan Christie diketahui sebelum berangkat. Hal ini yang kemudian menjadi pertanyaan besar, apakah Jojo diam-diam sakit tapi enggak mau ngaku atau sebagai pasien dia tidak mengerti lantaran dokternya tidak memeriksa.

Sehingga baru ketahuan Jonatan Christie mengalami infeksi dalam darah atau Sepsis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atlet Sekelas Jonatan Christie Tidak Boleh Sakit Kalau Mau Dikirim Bertanding

"Kalau saya mempersiapkan atlet mau berangkat, itu paling tidak sudah saya pantau terus siapa yang mau berangkat, itu yang harus kita lihat," ujarnya.

"Dia (atlet) enggak boleh sakit. Dia kalau mau sakit sebelum berangkat. Pada saat berangkat dia harus sehat. Sebab, kalau dia sakit diberangkatkan, itu namanya nyari penyakit. Sudah keluar duit, beli tiket, hotel, sudah terdaftar, habis itu mundur," dokter Michael menambahkan.

Sebab, kata Michael, kalau benar infeksi dalam darah yang terjadi pada Jojo adalah Sepsis, Sepsis tdak terjadi secara tiba-tiba.

"Enggak ada itu yang namanya Sepsis tiba-tiba. Kecuali, karena Lebaran alasannya, okelah. Mungkin Lebaran enggak yang periksa," katanya.

Dijelaskan Michael, Sepsis bukan cuma infeksi biasa melainkan menyeluruh. "Di dalam darah, ya semua ngikut," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Kronologi Jonatan Christie Mundur dari Badminton Asia Championships 2023 Gegara Infeksi dalam Darah

Menurut Irwansyah, Jonatan Christie sempat latihan. "Jadi kemarin siang kami sempat latihan di practice court. Jonatan pun mengikuti program latihan dengan baik," kata Irwansyah dalam keterangan PP PBSI yang diterima Liputan6.com tentang mundurnya Jojo dari Badminton Asia Championships 2023.

"Tapi, sorenya Jonatan tiba-tiba muntah-muntah di kamarnya. Lalu kami konsultasi dengan dokter PBSI dan akhirnya dibawa ke rumah sakit," dia melanjutkan.

Di rumah sakit, kata Irwansyah, Jonatan Christie menjalani pengambilan darah dan diinfus. Hasil pemeriksaan darah terdapat infeksi di dalam darahnya.

"Pagi ini, kondisinya sudah membaik tapi masih lemas jadi kami putuskan untuk mundur," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Badminton Asia Championships 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-5: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Chinese Taipei)

Pertandingan ke-6: Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Jun Liang Andy Kwek/Loh Kean Hean (Singapura)

Pertandingan ke-7: Gregoria Mariska Tunjung vs Pai Yu Po (Chinese Taipei)

Pertandingan ke-8: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Dev Ayyappan/Dhiren Ayyappan (Uni Emirat Arab)

Pertandingan ke-14: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Dmitriy Panarin (Kazakhstan)

Lapangan 2

Pertandingan Pertama: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Chamath Dias/Natasha Gunasekera (Sri Lanka)

Pertandingan ke-3: Putri Kusuma Wardani vs Sung Shuo Yun (Chinese Taipei)

Pertandingan ke-8: Komang Ayu Cahya Dewi vs Aakarshi Kashyap (India)

Pertandingan ke-17*: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.