Sukses

Pevita Pearce: Jangan Percaya dengan Timbangan

Saat menurunkan berat badan Pevita Pearce menyarankan agar tak percaya sama timbangan

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Pevita Pearce membagikan pengetahuannya mengenai kesehatan tubuh melalui akun TikTok pribadinya pada Minggu, 19 Februari 2023. Dalam video itu bintang Sri Asih mengutarakan bahwa tak seharusnya percaya dengan timbangan.

Pevita Pearce memperlihatkan foto dirinya di tahun 2018 dan 2020. Kemudian dia melakukan perbandingan.

Di foto pertama, dijelaskan bahwa berat badan dia hanya 52 atau 53 kilogram. Sedangkan di foto kedua, beratnya berada di angka 55-56 kg dengan tubuh lebih berotot.

Pevita kemudian memaparkan perbedaan lemak dan otot dengan gambar. Dia menunjukkan bahwa 2,2 kg lemak memiliki bentuk yang jauh lebih besar hampir tiga kali lipat daripada 2,2 kg otot.

Jadi, bisa jadi berat badan seseorang ringan tapi isinya hanya lemak saja, begitu pun sebaliknya.

"Bisa jadi berat kamu lebih ringan tapi lemak kamu lebih banyak atau timbangan kamu lebih berat tapi isinya otot semua," kata Pevita Pearce.

Saran Pevita Pearce

Pevita yang dikenal sangat suka berolahraga menyarankan untuk menimbang berat badan dengan timbangan spesifik yang bisa mengukur berat otot, berat lemak, dan kadar air dalam tubuh.

Dengan begitu, seseorang bisa lebih fokus ke pembakaran lemak, bukan pembakaran otot.

Video tersebut ramai dikomentari oleh para pecinta olahraga, salah satunya seorang coach olahraga yang telah bersertifikat APKI dan ISSA, @coach.regina.

Dia mengaku setuju dengan pernyataan Pevita Pearce. Menurutnya, memang tidak seharusnya seseorang hanya berfokus pada angka di timbangan.

"Yes, jangan fokus ke angka timbangan saja, tapi komposisi tubuh, energy level, mood, dll. Salam sehat!" tulisnya di kolom komentar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis-jenis Olahraga yang Pevita Sukai

Olahraga merupakan cara terbaik yang Pevita pilih untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar di tengah kesibukannya. Pemeran utama film Sri Asih ini menekuni berbagai bidang olahraga, baik indoor maupun outdoor.

Ia juga sering membagikan potret dirinya saat berolahraga. Yang paling sering ia bagikan di media sosial adalah saat ia bersepeda. Tak hanya itu, tenis, yoga, hingga golf yang sering disebut high class sport pun ia lakukan.

Jenis olahraga di dalam air pun ia lakukan. Pevita juga pernah membagikan fotonya sedang menyelam di Raja Ampat, Papua. 

Tak hanya membagikan foto diri, ia kerap mengajak para pengikutnya melalui media sosialnya khususnya Instagram, untuk berolahraga demi tubuh yang sehat dan bugar.

 

 

3 dari 3 halaman

Perbedaan Massa Otot Tanpa Lemak dan Lemak

Meski memiliki berat yang sama, tetapi otot memiliki ukuran yang lebih kecil daripada lemak. 

Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Sekitar 4,5 kg otot di tubuh kita mampu membakar hingga 50 kalori saat kita beristirahat seharian.

Sementara untuk lemak dengan ukuran yang sama, hanya bisa membakar sekitar 20 kalori saja. Dengan kata lain, akan lebih baik apabila terdapat lebih banyak otot di dalam tubuh daripada lemak.

Jadi, presentasi lemak di tubuh harus dikurangkan dan massa otot tanpa lemak harus ditingkatkan. Berfokuslah kepada mengurangi lemak (fat loss) daripada mengurangi berat badan (weight loss) saja.

Ada berbagai cara untuk mewujudkan hal tersebut, di antaranya yaitu dengan menjaga pola makan, diimbangi dengan olahraga, aktif bergerak, hingga mendapat istirahat yang cukup.

Jangan lupa, konsistensi merupakan aturan nomor satu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.