Sukses

Megawati Ulang Tahun ke-76, Kader PDIP Bergerak Cegah Stunting dan Hijaukan Pertiwi

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati ulang tahun ke-76 pada hari ini, Senin, 23 Januari 2023.

Ulang tahun Megawati Soekarnoputri kali ini tidak dirayakan secara khusus. Menurut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, Megawati tidak menggelar open house dan hanya berkumpul bersama keluarga serta kerabat.

"Ibu Megawati Soekarnoputri tidak melakukan perayaan secara khusus dan beliau berkumpul bersama keluarga dan sahabat-sahabat beliau, sehingga tidak dilakukan open house," ujar Hasto pada Senin (23/1/2023).

Megawati pun telah menyinggung rencana ulang tahunnya itu dalam pidatonya di acara HUT PDIP pada 10 Januari 2023. Mega, mengatakan, dirinya hanya akan merayakan ulang tahun bersama keluarga dan mungkin akan mengundang sejumlah kerabat dan sahabat.

Hari ini, perempuan yang pernah menjabat sebagai Presiden RI ke-5 banjir ucapan dari para pengurus pusat, daerah, dan seluruh kader PDIP di Tanah Air. Mereka mendoakan serta mengirim karangan bunga ke kediaman Megawati.

Alih-alih menggelar pesta bagi sang pemimpin, seluruh kader PDIP memberi kado yang menurut Hasto istimewa, yakni melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Para kader partai membuat dapur umum di seluruh DPD dan DPC PDI Perjuangan di Indonesia.

Dapur umum tersebut bertujuan untuk menyediakan makanan mencegah stunting bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Hari ini seluruh kader Partai memberikan hadiah ulang tahun istimewa dengan membuka dapur umum di seluruh DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Indonesia. Dapur umum dengan menyediakan makanan mencegah stunting untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan menjadi bagian keberpihakan Partai," kata Hasto.

Diketahui, Indonesia saat ini tengah berupaya mencapai target stunting di bawah 14 persen pada 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gaungkan Pengentasan Stunting

Megawati diketahui memiliki kepedulian khusus terhadap isu stunting. Isu tersebut juga disinggungnya dalam pridato HUT PDIP ke-50.

Menurut Megawati, para perempuan sebaiknya tak hanya memperhatikan penampilan diri saja, melainkan juga harus memperhatikan kondisi kesehatan anak.

Mega mengingatkan agar para ibu mau turun langsung ke dapur untuk memastikan asupan anaknya bergizi. Sehingga anak bisa tumbuh dengan baik dan tidak stunting.

Mega pun kemudian memberi tahu bahwa sebagai ibu, dirinya dahulu memasak bagi anak-anaknya sehingga kini tumbuh baik.

"Saya dulu juga masak, lho. Lihat tuh anak saya keren-keren, ganteng-ganteng," kata Mega dalam acara yang juga dihadiri putrinya, Puan Maharani.

 

3 dari 4 halaman

Kampanye Pengentasan Stunting di Berbagai Kesempatan

Tak hanya dalam kesempatan itu, Megawati pun menggaungkan kampanye pengentasan stunting dalam kesempatan-kesempatan lainnya.

Dalam kick off kolaborasi penurunan stunting pada Agustus 2022 misalnya, Megawati mengatakan bahwa agar para ibu memiliki manajemen waktu yang baik sehingga bisa aktif di luar tapi juga bisa memasak masakan bergizi untuk keluarga.

"Ibu-ibu harus punya manajemen rumah tangga untuk memasak. Kelewatan kalau enggak bisa memasak," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Melakukan Penghijauan Serentak

Selain membuat dapur umum, para kader PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan merawat pertiwi dengan aktivitas penghijauan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Partai akan menggelar gerakan penghijauan di Kota Bandung pada akhir pekan ini. Pencanangan program pembukaan Program Penghijauan Nasional telah dilaksanakan di Kota Bekasi pekan lalu," ujar Hasto. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS