Sukses

Epidemiolog: Pandemi COVID-19 Belum Usai, Pakai Masker Tetap Penting

Kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker harus ditingkatkan lantaran kondisi saat ini masih pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker harus ditingkatkan lantaran kondisi saat ini masih pandemi COVID-19. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane.

"Pandemi belum dinyatakan berakhir oleh otoritas global (World Health Organization/WHO), sehingga penggunaan masker masih menjadi aspek esensial," kata Masdalina mengutip Antara.

Protokol kesehatan tetap perlu dijalankan meski pemerintah melakukan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember 2022.

"Protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker tidak boleh diabaikan," tekan Masdalina.

Ia juga mengatakan bahwa pengawasan mengenai penerapan prokes di masyarakat masih perlu dilakukan. Bila ada pengawasan yang intensif diharapkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Selain pengawasan, edukasi penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya juga harus terus dilakukan.

Masdalina juga meminta masyarakat juga harus tetap melengkapi diri dengan vaksinasi COVID-19 dalam mencapai kekebalan kelompok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Pakai Masker di Kerumunan dan Ruang Tertutup

Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk memakai masker di ruang tertutup dan kerumunan.

"Jadi gini, balik lagi pemakaian masker kita anjurkan untuk di ruangan tertutup dan sempit, di kerumunan, sebaiknya pakai. Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat," terang Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin 

"Karena memang ya itu tadi, strategi dari pandemi ke endemi itu intervensi dari Pemerintah dikurangi, tapi ada partisipasi masyarakat ditingkatkan," lanjut Budi pada Senin, Januari 2023. 

Budi berharap masyarakat sudah memiliki kesadaran memakai masker sesuai kondisi. Sehingga, masyarakat yang akan menilai dirinya sendiri, apakah sebaiknya perlu memakai masker atau tidak.

"Jadi ada kesadaran masyarakat untuk mengukur sendiri di mana dia perlu, itu perlu kita pakai (masker atau enggak). Sama kayak flu kan, itu kita enggak perlu diajarin, Oh harus pakai payung kalau ujan atau minum panadol dulu," jelasnya.

"Masyarakat udah tahu sendiri. Nah, kita lihat level itu mesti kita latih pelan-pelan, bagaimana menuju ke endemi."

Apabila di ruang tertutup, Menkes Budi Gunadi memberikan contoh tetap memakai masker. Namun, saat di ruang terbuka, boleh saja melepas masker jika merasa sehat dan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

Video Terkini