Sukses

Perbaiki Kualitas Tidur dengan Lakukan 4 Kebiasaan Baik!

Salah satunya cobalah untuk menyelesaikan hal-hal yang kamu khawatirkan sebelum memasuki waktu tidur.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kualitas tidur yang baik akan memberikan banyak manfaat bagi seseorang, mulai dari meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, daya ingat, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Alasannya karena tidur merupakan bagian dari pola hidup sehat yang harus tercukupi setiap harinya. Umumnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur tujuh sampai sembilan jam dalam sehari. 

Mungkin dengan membaca artikel ini, menandakan kamu sedang mengalami gangguan kualitas tidur, entah itu kualitas tidurnya atau jam tidurnya yang kurang baik. Untuk mengatasinya, bisa dengan memulai 4 tips kebiasaan sederhana guna memperbaiki kualitas tidur, dikutip dari halaman mayoclinic.org berikut: 

Rutin pada Jadwal Tidur yang Sama 

Dari sekarang mulai tetapkan kapan jadwal tidur kamu. Ingat, waktu yang sehat untuk orang dewasa beristirahat adalah tujuh sampai delapan jam sehari.  

Semisal kalian tetapkan untuk tidur jam sepuluh malam dan bangun pukul enam pagi, maka kamu harus berusaha konsisten dengan pola itu selama beberapa hari, sampai terbentuknya siklus tidur pada tubuh. 

Tips saat mengalami susah tidur, bangun dari tempat istirahat, lalu lakukan suatu kegiatan seperti membaca atau mendengarkan musik berirama santai, agar saat kembali ke kasur kamu sudah lebih santai dan rileks. 

Bikin Ruang Tidur Senyaman Mungkin 

Selalu jaga agar kondisi kamar kalian tetap rapi dan sejuk jika mulai memasuki waktu tidur. Untuk beberapa orang, mungkin butuh tambahan suasana kamar yang gelap. Namun itu bisa dikondisikan sesuai dengan rasa nyamanmu. 

Tambahkan penggunaan beberapa alat seperti, penyejuk ruangan, musik pelelap tidur, hingga penyumbat telinga agar tidak terganggu suara dari luar. Itu semua guna menciptakan ruang tidur yang sesuai dengan kebutuhan. 

Melakukan beberapa aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi pernapasan juga dapat menjadi opsi agar kualitas tidur semakin meningkat. 

Sertakan Waktu Olahraga dalam Rutinitas 

Aktivitas olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari waktu berolahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur, karena justru akan membuat dehidrasi pada tubuh. Kalian bisa melakukan gym di pagi hari demi menjaga kebugaran atau jogging santai di waktu sore. 

Kelola Kekhawatiran 

Cobalah untuk menyelesaikan hal-hal yang kamu khawatirkan sebelum memasuki waktu tidur. Dengan begini, waktu beristirahat di malam dapat menjadi lebih tenang. 

Manajemen stress dapat membantu meredakan kekhawatiran. Kamu bisa mulai dengan hal dasar seperti menetapkan tugas yang diprioritaskan, mendelegasikan tugas, hingga meditasi guna lebih mendapatkan ketenangan. 

Itulah 4 kebiasaan baik yang dapat memperbaiki kualitas tidur kamu. Sesibuk apapun kamu, jangan pernah lupa untuk beristirahat. Karena dengan beristirahat yang cukup dapat membuat kesehatan lebih terjaga. 

Selain empat kebiasaan di atas, memilih kasur juga penting, Lho! Guna menciptakan kualitas tidur yang baik, pilih kasur yang nyaman, bagus untuk tulang, dan berbahan kain lembut agar tidur lebih nyenyak. 

Kasur dengan kualitas kerajaan Inggris ini bisa menjadi opsi alas tidur kamu! Matras nyaman yang dirancang khusus untuk mengikuti lekuk tubuh sehingga postur alami tulang tidak akan berubah.Tentu bisa menjadi pilihan utama.

 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini