Sukses

4 Tips yang Terbukti Mampu Tingkatkan Kualitas Tidurmu di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari sama bagusnya dengan olahraga teratur dan diet, karena semuanya berpengaruh untuk memiliki tubuh yang lebih sehat. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga waktu tidur kamu di malam hari. 

Apalagi dampak bagi seseorang yang kurang tidur memiliki efek negatif langsung ke hormon tubuh, kesehatan badan, sampai fungsi otak. Selain itu orang-orang yang sering begadang juga akan lebih mudah terkena penyakit obesitas, karena mereka cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat di waktu tidur. 

Sebaliknya, memiliki kualitas tidur yang baik dapat membantu kamu makan lebih sedikit. Stamina untuk berolahraga lebih banyak, lebih fokus dalam berkegiatan, dan masih banyak dampak baik lainnya. 

Hari Ini Liputan 6 akan membagikan lima tips yang terbukti mampu tingkatkan kualitas tidurmu di malam hari. Diambil dari laman healhline.com yang bisa kamu terapkan: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Perbanyak Waktu Kena Paparan Cahaya Matahari

Tubuh manusia memiliki waktu pengatur alami yang dapat memengaruhi otak, tubuh, dan hormon yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Tugasnya untuk membantu agar tetap terjaga dan memberi tahu tubuh kapan waktu untuk tidur. 

Dengan tubuh terkena paparan sinar matahari, akan membantu menjaga ritme sirkadian supaya tetap sehat, meningkatkan energi untuk berkegiatan, dan akan berpengaruh pada kualitas tidurmu. Karena tubuh otomatis akan merasa lelah dan capek ketika sudah berbaring di atas kasur, cara ini sangat berguna buat kamu yang memiliki masalah tidur yang parah atau insomnia. 

3 dari 5 halaman

Jauhkan Handphone dari Tempat Tidur

Ini bisa menjadi faktor paling umum mengapa seseorang sering insomnia. Yaitu saat terlalu sering bermain handphone di waktu tidur, karena paparan cahaya biru dari layar handphone akan menghilangkan hormon melatonin pada otak. 

Melatonin adalah hormon yang membantu kamu untuk menjadi rileks di malam hari agar dapat tidur lebih nyenyak. Cahaya biru pada layar handphone akan menipu otak untuk berpikir bahwa ini masih siang hari, sehingga rasa kantuk-pun akan menghilang. 

Makanya, usahakan untuk berhenti menonton tv, main handphone, komputer, dan semua hal yang berhubungan dengan cahaya biru, 2 jam sebelum memasuki waktu tidur. 

4 dari 5 halaman

Hindari Konsumsi Kafein di Sore Hari

Kafein memang memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan fokus, energi, dan kinerja olahraga. Namun ketika dikonsumsi di sore hari, justru akan menghentikan proses relaksasi alami tubuh saat sudah memasuki waktu malam. 

Dalam sebuah penelitian website kesehatan terpercaya dijelaskan, mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur secara terus menerus akan memperburuk kualitas tidur seseorang. 

Ini disebabkan karena dampak fokus dan energi dari kafein akan bertahan hingga 6-8 jam pada tubuh manusia. Makanya kamu akan terus terjaga dan tetap bernergi meski sudah memasuki jam tidur. 

5 dari 5 halaman

Atur Kenyamanan Ruang Tidur

Ruang tidur yang nyaman juga menjadi kunci demi mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak. Kenyamanan yang dimaksud termasuk suhu, kebisingan, kebersihan ruangan, sampai pencahayaan ruangan. 

Dalam suatu penelitian dari halaman berita ternama menjelaskan, terdapat sekitar 50% peningkatan kualitas tidur saat seseorang ketika kebisingan dan pencahayaan kamar tidurnya berkurang. 

Itulah 4 tips yang bisa kamu coba agar memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari, memiliki kualitas tidur yang cukup akan banyak dampak baik untuk dirimu, karena kamu akan memiliki tenaga dan fokus lebih untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam sehari. 

 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS