Sukses

Pentingnya Merawat Kulit untuk Cegah Penuaan Dini

Setiap orang tentunya menginginkan kulit sehat dan terawat. Perawatan kulit diketahui penting dilakukan demi mencegah penuaan dini.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang dianugerahi wajah awet muda. Sementara ada orang lainnya yang justru tampak boros di usia. Proses penuaan pada tiap orang berbeda-beda. Banyak faktor yang memengaruhi. Namun yang pasti, penuaan merupakan hal yang tak bisa dihindari. 

"Semua dari kita pasti akan menua," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin (dermatologist) dr Hari Darmawan Sp.KK dalam acara "Skin Talk & Skincare Experience" pada Rabu (12/10/2022).

Seiring berjalannya waktu, kondisi kulit seseorang akan berubah karena proes penuaan. Tetapi tanda penuaan dini yang kerap muncul dapat berupa flek hitam dan kerutan pada wajah. Hal ini membuat wajah terlihat tua, berapa muda pun usia Anda. 

Hari mengatakan, seseorang bisa menua namun dengan kulit yang sehat dan terawat. 

"Bagaimana caranya kita menua dengan merawat (kulit)," ujarnya. 

Menurut Hari, ciri-ciri kulit sehat, terlepas dari apa pun warnanya, yaitu jika memiliki sejumlah hal berikut: -Lembap

-Kenyal dan kencang (tidak kendur)

-Cerah

-Warna kulit merata

-Segar dan bercahaya

-Sedikit kerutan

Dalam kesempatan yang sama, Hari menegaskan bahwa merawat kulit tak bisa dilakukan hanya dalam 1 malam.

"Merawat kulit butuh yang namanya kesabaran dan konsisten," jelas Dokter Hari.

Dengan konsisten dan sabar, hasil yang diperoleh akan maksimal. Sebaliknya, kita perlu waspada pada produk-produk yang menawarkan hasil instan hanya dalam sekali pemakaian.

Hal ini karena kemungkinan produk tersebut mengandung bahan yang berbahaya bagi kulit seperti hidrokuinon dan steroid. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penuaan Dini

Penuaan akan terjadi pada semua orang. Akan tetapi, Hari menyatakan wanita akan terlihat lebih cepat tua.

Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron yang dimiliki wanita. Oleh karena itu, penting bagi para kaum wanita untuk menjaga kesehatan kulit.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu penuaan dini. Penuaan dini yaitu penuaan yang muncul lebih cepat daripada usia yang seharusnya masih dikategorikan usia muda. Penuaan dini dapat dimulai bahkan sebelum usia 30 tahun.

Menurut Hari, salah satu gejala penuaan dini yaitu kulit lebih berminyak.

Memang benar bahwa sebagian orang memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak. Akan tetapi, misalkan saat kita cuci muka, muka kita jadi sangat berminyak, artinya ada gangguan, jelas dr Hari.

"Bagi pemilik kuring kering, kulit sangat kering hingga rasanya seperti tertarik dan juga gampang kusam. Itu juga merupakan salah satu tanda-tanda kulit mengalami penuaan dini," jelas hari.

Tanda-tanda lain berhubungan dengan penurunan elastin dan kolagen, misalnya kulit tampak kendur, muncul garis-garis halus, kerutan, warna kulit tidak merata, dan pori-pori terlalu besar, ucap Hari.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penuaan Dini

Menurut Hari, kita harus merawat kulit sedini mungkin. Hal ini untuk menghindari penuaan dini.

"Kalau kita mau obatin akan lebih sulit dibandingkan orang-orang yang dari awal sudah merawat kulitnya," ucap Hari.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini yaitu:

1. Perhatikan apa yang Anda makan

Makanan sehat dapat membantu mencegah penuaan dini. Konsumsi banyak sayur dan buah bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Istirahat yang cukup

Waktu tidur yang ideal yaitu 7 hingga 8 jam. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa mengubah jam tidur Anda seenaknya.

"Tidur yang baik adalah bukan hanya masalah durasi, tetapi dari kualitas tidurnya," ujar Dokter Hari.

Waktu tidur yang baik adalah sebelum jam 12 malam.

"Lebih baik tidur lebih cepat tapi bangun lebih pagi, dibandingkan kita tidur subuh-subuh bangunnya kesiangan," tegasnya.

Hal ini akan berpengaruh pada hormon kortisol, yaitu hormon stres yang sangat memengaruhi penuaan kulit.

3. Menghindari stres

Kita dapat menghindari stres dengan melakukan hobi kita, olahraga yang teratur, tidak merokok, dan banyak minum air putih.

 

 

4 dari 4 halaman

Bahan Aktif dalam Skincare Tuh Cegah Penuaan Dini

Menurut Dokter Hari, penting untuk merawat kulit bukan hanya dari dalam, tetapi juga dari luar. Salah satunya dengan menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

"Memilih skincare bukan berdasarkan yang lagi booming," Dokter Hari mengingatkan.

Yang harus diperhatikan saat memilih skincare yaitu kandungan aktif yang dimiliki skincare tersebut. Anda harus menyesuaikan fungsi bahan aktif dengan fokus dan tujuan Anda memakai skincare.

Bahan aktif yang diperlukan untuk melawan penuaan dini:

1. Vitamin C

Sumber vitamin C misalnya jeruk, brokoli, stroberi, dan ceri acerola. kandungan vitamin C dalam ceri acerola 50 kali lebih tinggi dibanding buah jeruk.

2. Hyaluronic acid

Suatu bahan yang yang sifatnya melembapkan. Oleh karena itu, hyaluronic acid berfungsi untuk melembapkan kulit. Selain itu, penting untuk mencari hyaluronic acid yang memiliki kandungan tiga kali lipat, sebab lapisan kulit ada 3.

"Kalau kita cuma cari HA yang cuma 1 lapis, ya cuma lapisan kulit atas saja yang dapat," jelas Dokter Hari.

3. Peptide

Protein pembentuk elastin dan kolagen. Menginjak usia 25 tahun, produksi elastin dan kolagen akan menurun 1,5 persen setiap tahun. Oleh karena itu, peptine dibutuhkan untuk mengurangi efek penurunan tersebut.

4. Antioksidan

Sebuah kandungan yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel akibat radikal bebas. Contohnya yaitu biji chia putih dan ginseng.

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini