Sukses

Cara Maksimal Cegah Penuaan pada Kulit, Jangan Cuma Andalkan Skincare

Liputan6.com, Jakarta - Produk perawatan kulit atau skincare semakin marak digunakan. Tak sedikit yang berharap begitu tinggi pada skincare untuk membuat kulit nampak lebih sehat, lebih cerah, ataupun lebih kencang.

Namun, merawat kulit dengan maksimal ternyata tidak begitu efektif jika hanya mengandalkan skincare. Dibutuhkan upaya lainnya jika Anda benar-benar ingin mencapai target tertentu untuk kulit, salah satunya adalah dengan melakukan perawatan spesifik di klinik.

Dokter yang aktif membagikan edukasi soal anti aging, Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) mengungkapkan bahwa skincare sendiri sebenarnya hanyalah produk yang superfisial.

"Skincare itu lebih ke superfisial. Artinya tidak cukup menggunakan skincare untuk mendapatkan penampilan kulit yang sehat, yang betul-betul bisa lebih nampak awet muda, karena kita butuh perawatan yang langsung ke target sel kulit kita," ujar Haekal dalam konferensi pers Morpheus8 bersama Regenesis Indonesia, Rabu (5/10/2022).

Terlebih, kebutuhan setiap orang untuk kulitnya pun berbeda-beda. Mulai dari keinginan membuat kulit lebih kencang, tampak awet muda, jerawat, keriput, dan lainnya.

"Saat ini treatment yang paling dicari adalah treatment untuk membuat kulit nampak lebih kencang, bebas keriput, kemudian pipinya enggak sagging atau chubby, kemudian tidak double chin, dan juga lebih menunjukkan contouring wajah," kata Haekal.

Sehingga menurut Haekal, perawatan yang dapat menargetkan sel-sel kulit secara spesifik dapat dilakukan di klinik kecantikan. Melalui proses yang lebih spesifik itulah perawatan kulit dianggap akan lebih maksimal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Menargetkan Sel hingga Otot Lewat Perawatan

Lebih lanjut Haekal mengungkapkan bahwa melakukan perawatan di klinik dapat membantu proses perawatan kulit menjadi lebih spesifik atau sesuai target, yang mana tidak bisa didapatkan dari produk skincare saja.

"Kenapa sih customer atau masyarakat harus ke klinik? Karena untuk mendapatkan kulit sehat, kulit cantik itu membutuhkan treatment yang menargetkan sel kulit, sel lemak, otot," ujar Haekal.

"Jadi kalau hanya melakukan perawatan di rumah menggunakan skincare saja atau sekadar melakukan diet saja, itu tidaklah optimal."

Di Indonesia sendiri, perawatan kulit sudah dilakukan dengan begitu modern. Salah satunya dengan menggunakan Morpheus 8. Alat tersebut dianggap dapat dengan efektif untuk mengatasi masalah penuaan.

Metode yang digunakan dalam Morpheus 8 dapat menghantarkan energi panas melalui jarum berukuran kecil (micro needle). Alat satu ini tidak hanya dapat digunakan untuk area wajah, melainkan bisa digunakan di area tubuh. 

Morpheus 8 juga menjadi alat untuk perawatan kulit yang banyak digunakan di Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Cara Lainnya untuk Cegah Penuaan Dini

Banyak orang telah setuju untuk menempuh jalur perawatan kulit di klinik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun tak dapat dimungkiri, tak sedikit pula yang lebih memilih untuk menggunakan cara lainnya karena berbagai faktor.

Mengutip laman Mindbodygreen, masih ada sederet hal yang bisa Anda lakukan jika hendak merawat kulit untuk mencegah penuaan dini. Hal paling pertama yang dianjurkan adalah dengan rutin menggunakan sunscreen.

Menurut dokter kulit, Heidi Waldorf, radiasi dari ultraviolet begitu berbahaya bagi kulit. Sehingga menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup setiap pagi jadi hal yang wajib dilakukan untuk melindungi kulit. Heidi menyarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Selain itu, berolahraga juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut lantaran olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membawa oksigen, nutrisi, dan mineral penting ke kulit.

4 dari 4 halaman

Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Cara lain yang dianggap dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat adalah dengan tidak terlalu sering menyentuhnya. Kebiasaan satu ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dihindari.

"Jauhkan tangan Anda yang kemungkinan besar kotor dari wajah. Itu seperti mengutuk kulit. Bisa menimbulkan jerawat, infeksi, atau membuat gatal. Dapat memperburuk masalah kulit dan akhirnya dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka," ujar Heidi.

Selanjutnya, minum air putih yang cukup. Ternyata, mengonsumsi air putih dengan cukup sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Tetap terhidrasi bisa membuat kulit menjadi tetap lembab, sehat, dan bersinar.

Jika hendak menggunakan skincare, menggunakan retinol yang dijual bebas atau retinoid dengan resep dokter juga dianjurkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.