Sukses

Berbekal Kartu JKN, Putrice Bisa Nikmati Fasilitas Kesehatan dan Jalani Operasi Gratis

Liputan6.com, Jakarta Cerita manfaat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kali ini datang dari Putrice (31 tahun) asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Berkat terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), karyawan di salah satu Bank Daerah di Kota Kendari ini tak lagi khawatir terkait biaya pelayanan kesehatan.

Putrice bercerita, selama ini memanfaatkan Program JKN miliknya hanya untuk berobat rawat jalan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Hingga pada suatu hari, ia merasakan ada benjolan di bawah ketiak yang makin lama semakin membesar, hal tersebut membuatnya dirujuk dari FKTP ke rumah sakit.

“Dari hasil pemeriksaan dokter ahli saya ternyata mengidap penyakit mammae accessories atau accessories breast yang jika dibiarkan bisa menjadi kanker payudara,” tutur Putrice, Senin (19/09).

Menurut dokter, untuk dapat menghilangkan penyakit ini hanya bisa dilakukan pengangkatan dengan cara operasi, Putrice sempat takut sebelum akhirnya dokter meyakinkan semua akan baik-baik saja.

Sejak pemeriksaan itu, Putrice merasa bahwa kartu JKN miliknya ini benar-benar sangat bermanfaat untuk menjamin biaya pelayanan kesehatan. Usai pemeriksaan, Putrice akhirnya mendapatkan jadwal untuk tindakan operasi dengan penjaminan penuh oleh program JKN.

“Akhirnya saya telah menjalani proses operasi dan semua berjalan lancar sampai keluar dari rumah sakit. Kini rasanya jauh lebih sehat, tidak dibayang-bayangi lagi dengan ketakutan penyakit yang berbahaya. Saya semakin yakin dengan program JKN,” ungkapnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Hanya Tunjukkan KTP, Langsung Dapat Kamar Rawat Inap

Ia mengaku pelayanan yang didapatkannya dari pihak rumah sakit, terutama tim medis seperti dokter maupun perawat sangat baik, tidak ada sedikitpun perbedaan pelayanan antara pasien yang merupakan peserta JKN dan pasien umum.

Hanya menunjukkan KTP, dirinya langsung dilayani, bahkan dirinya tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kamar untuk rawat inap. Dirinya mengaku sangat puas dengan pelayanan yang diberikan.

“Untunglah ada kartu JKN, biaya berobat saya ditanggung tanpa dikenakan biaya tambahan, pelayanannya pun cepat. Paramedis sangat cepat tanggap, saya langsung ditangani oleh dokter dan perawat,” tutupnya.

Sekarang, Putrice tidak lagi ragu untuk menceritakan tentang manfaat Program JKN kepada rekan-rekan kerja dan keluarga. Bila ditemukan indikasi medis, Putrice mengatakan bahwa mau berobat kapanpun pasti akan dijamin oleh Program JKN tanpa perlu takut adanya biaya tambahan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.