Sukses

Viral Buket Bunga Dukacita dari Tebet Jaksel untuk Kanjeng Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II dapat buket bunga duka cita dari warga Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, London - Tepat sepekan Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Sejak saat itu, ribuan karangan dan buket bunga tampak tak henti-hentinya menghiasi Istana Buckingham, London.

Banyak warga berbondong-bondong membawa buket bunga sebagai tanda dukacita dan penghormatan untuk Ratu Elizabeth II. Namun, dari ribuan bunga tersebut, terdapat satu yang menarik perhatian warganet Indonesia.

Hal tersebut lantaran terdapat satu buket bunga lengkap dengan ucapan dukacita yang dikirimkan dari Tebet Barat, Jakarta Selatan. Bahkan, sang pengirim ikut menuliskan RT dan RW dalam surat tersebut.

"Turut berduka cita atas wafatnya kanjeng Ratu Elizabeth. Semoga arwahnya diterima oleh yang Maha Kuasa," begitu kalimat yang tertulis dalam salah satu buket bunga untuk Ratu Elizabeth II.

Foto buket bunga itu akhirnya viral diunggah oleh salah satu pengguna Twitter. Banyak warganet yang ikut menanggapi buket bunga yang menarik perhatian tersebut, terutama karena surat yang ditulisnya.

"Ini siapa yang ngasih karangan bunga dari Tebet Barat," tulis akun @aksrsa yang mengunggahnya pada Rabu, 14 September 2022.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, setidaknya sudah ada lebih dari 33 ribu likes dan 480 komentar yang diberikan untuk unggahan itu. Ternyata, pengirim buket bunga tersebut ikut memberikan respons.

"Waaaah MasyaAllah itu kami berempat dari RT 20 Tebet di anns square manchester meletakkan bunga adalah drg dian, saya berada di manschester saat ini, drg dian mengunjungi saya di manchester dan drg dian dan saya tinggal di RT 20 Tebet Barat," jawab akun @yatiesalim31.

"Halo mbak hehe, saya kemaren pas dateng bunga-nya paling depan, jadi sempet kebaca, trus saya foto deh," jawab pengunggah foto. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peti Mati Ratu Elizabeth Sudah Tiba

Tak hanya dihiasi oleh ribuan buket bunga dan karangan bunga, mobil jenazah yang berisi peti mati Ratu Elizabeth II juga ikut dihiasi oleh bunga dan juga mahkota.

Mobil jenazah yang membawa peti mati mendiang Ratu Elizabeth II pun sudah tiba di Istana Buckingham, London, pada Selasa, 13 September 2022. Puluhan ribu orang tampak menanti di tengah hujan lebat yang mengguyur demi menyambut pemimpin terlama di Kerajaan Inggris tersebut.

Pada malam yang gelap itu, mobil jenazah Ratu Elizabeth berjalan perlahan dari bandara terdekat melalui London. Perjalanan tersebut dikelilingi oleh kerumunan orang yang berdiri sepanjang rute.

Tak sedikit warga yang melempar bunga maupun yang rela berlari untuk melihat sekilas peti mati Ratu Elizabeth. Saat memasuki halaman Istana Buckingham, para polisi yang memimpin jalan juga berhenti untuk menundukkan kepala.

"Raja Charles III yang baru saja diangkat pada pekan lalu telah berkumpul untuk menerima peti mati Ratu Elizabeth bersama dengan tiga saudara kandungnya, dua putranya William dan Harry, dan anggota senior keluarga kerajaan lainnya," ujar juru bicara Istana Buckingham mengutip Channel News Asia.

3 dari 4 halaman

Ratu Elizabeth Dimakamkan pada Senin Depan

Pemakaman Ratu Elizabeth dikabarkan akan berlangsung di Westminster Abbey pukul 11.00 waktu setempat pada Senin, 19 September mendatang. Sebelum pemakaman, peti jenazah Ratu Elizabeth akan diletakkan di aula agar masyarakat dapat mengunjunginya.

Westminster Abbey merupakan gereja tempat di mana raja dan ratu Inggris dimahkotai. Termasuk tempat di mana Ratu Elizabeth II dinobatkan pada tahun 1953. Westminster Abbey juga merupakan tempat sang ratu menikah dengan Pangeran Philip pada tahun 1947.

Mengutip laman BBC, kepala negara dari berbagai belahan dunia akan terbang untuk bergabung dengan anggota Keluarga Kerajaan Inggris untuk mengingat kehidupan dan pelayanan Ratu Elizabeth II. Begitupun dengan politikus senior Inggris dan mantan perdana menteri.

Kemarin, peti mati Ratu Elizabeth akan dibawa dengan kereta sebagai bagian dari prosesi militer besar ke Westminster Hall.

Nantinya di hari pemakaman, kerumunan juga diperbolehkan untuk hadir di sepanjang area The Mall untuk menonton prosesi dan layar besar di taman kerajaaan yang akan dipasang untuk menunjukkan liputan layanan dan acara.

4 dari 4 halaman

Iring-Iringan Peti Mati Ratu Elizabeth Didampingi Putri Tunggalnya

Putri Anne yang merupakan anak perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth II menjadi sosok yang menemani perjalanan peti mati tersebut. Mulai dari kastil terpencil di Balmoral ke Edinburgh, hingga kemudian dibawa ke London.

"Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk menemaninya dalam perjalanan terakhirnya. Menyaksikan cinta dan rasa hormat yang ditunjukkan oleh begitu banyak orang dalam perjalanan ini sangat merendahkan hati dan membangkitkan semangat," ujar Putri Anne dalam sebuah pernyataan.

Ratu Elizabeth akan dimakamkan di dalam St George's Chapel, di halaman Kastil Windsor, di samping makam Pangeran Philip. Proses arak-arakan juga akan dilakukan dengan anggota keluarga lainnya.

Dalam momen tersebut, anggota keluarga kerajaan akan berjalan di belakang Ratu Elizabeth. Mereka akan diikuti oleh staf senior dari keluarga kerajaan serta staf pribadi.

Big Ben akan berdentang dan senapan mini yang ditembakkan oleh The King’s Troop Royal Horse Artillery di Hyde Park akan bergema di seluruh ibu kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.