Sukses

Jangan Dibuang, Olah Kulit Kentang Jadi Camilan Kaya Gizi

Liputan6.com, Jakarta - Kentang menjadi salah satu sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan dan camilan. Biasanya, kulit kentang yang digunakan pun dikupas dan dibuang begitu saja.

Padahal, kulit kentang bisa diolah jadi camilan baru yang kaya gizi lho. Resep untuk mengolah kulit kentang dibagikan oleh salah satu finalis ajang Masterchef Indonesia Season 7, Aziz Amri.

"Halo, guys. Biasanya kalau masak kentang kulitnya kan dikupas, terus kita buang. Tapi tahu enggak sih sebenarnya masih banyak kandungan dalam kulit kentang ini? Nah, jangan dibuang dulu karena gue bakalan ngasih tahu resep bikin kulit kentang yang enak," ujar Aziz melalui video dalam akun TikTok @azizamree ditulis Selasa, (13/9/2022).

Aziz menjelaskan bahwa kulit kentang awalnya bisa dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Jika sudah bersih, Anda dapat mulai mengolahnya dengan memberikan tepung terigu dan bumbu kari.

"Ini (tepung terigu dan bumbu kari) kita balurin semua sampai semuanya merata. Tipis saja ya guys. Langsung deh kita goreng di minyak yang panas. Sudah ini ditunggu saja, goreng terus sampai dia kering," kata Aziz.

"Tapi kalau enggak mau kering juga enggak apa-apa. Kalau sudah kita beri garam dan juga micin kesayangan Anda. Sudah deh jadi, potato skin chips ala Aziz Amri. Ini rasanya enak banget, garing banget," Aziz menambahkan.

Menurut Aziz, sayang bila Anda membuang kulit kentang begitu saja. Mengingat manfaat kulit kentang yang sebenarnya memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan akan bermanfaat bila dikonsumsi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Kentang

Mengutip laman LiveStrong, mengonsumsi kulit kentang ternyata memberikan lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan fitokimia daripada hanya memakan dagingnya.

Terutama jika Anda tidak menambahkan mentega, krim, keju, atau bacon, kulit kentang merupakan makanan yang rendah kalori dan dapat memberikan begitu banyak manfaat kesehatan.

Seperti dapat membantu proses pencernaan, mengelola tekanan darah, hingga menjaga tulang agar tetap kuat. Lalu apa sajakah manfaat kulit kentang? Berikut beberapa diantaranya.

Mengandung Nutrisi Mikro

Kulit kentang tidak mengandung kolesterol atau lemak dalam jumlah yang signifikan. Jika Anda hanya makan kulit kentang, Anda akan mendapatkan manfaat berupa lebih banyak protein dan serat daripada makan keseluruhan isi kentang.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), kandungan makronutrien dari satu kulit kentang panggang adalah 115 kalori, 27 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, dan 4,6 gram serat.

Jika Anda mengonsumsi satu buah kentang panggang berukuran sedang atau sekitar 173 gram termasuk daging dan kulitnya, Anda akan mengonsumsi setidaknya 161 kalori. Serta, karbohidrat sebanyak 37 gram dan protein 4,3 gram.

3 dari 4 halaman

Tinggi Mineral dan Vitamin

Memakan kulit kentang dapat memberikan manfaat berupa kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Berikut kandungan nutrisi dari setiap kulit kentang menurut USDA.

  • Vitamin C: 8 gram
  • Kalsium: 20 miligram
  • Kalium: 332 miligram
  • Magnesium: 25 miligram
  • Fosfor: 59 miligram
  • Mangan: 0,4 miligram
  • Besi: 4 gram
  • Seng: 0,3 miligram
  • Tembaga: 0,5 miligram

Mengandung Vitamin B

Tak berhenti di sana, kulit kentang juga dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi yang melibatkan saraf, otot, kulit, jantung, dan otak Anda.

Dalam kulit kentang, terdapat banyak kandungan vitamin B. Termasuk Tiamin 6 persen, Riboflavin 5 persen, Niasin 11 persen, Vitamin B-5 10 persen, Vitamin B-6 21 persen, dan Folat 3 persen.

Bahkan, kandungan Vitamin B dalam kulit kentang dianggap dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati Anda.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, para peneliti memberikan vitamin B dan antioksidan kepada sekelompok 200 karyawan tetap selama enam bulan. Hasilnya adalah peningkatan kemampuan kognitif dan suasana hati.

4 dari 4 halaman

Melancarkan Pencernaan

Selain itu, kulit kentang juga dianggap dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat menjadi bagian sangat penting untuk pemeliharaan sistem pencernaan yang sehat.

Sedangkan mengonsumsi setidaknya 100 gram kulit kentang dapat memberikan Anda serat hampir empat kali lipat lebih banyak daripada kentang panggang utuh dengan kulit.

Beri Manfaat untuk Kesehatan Tulang

Hal lain yang tak kalah menarik adalah kulit kentang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang Anda. Hal tersebut lantaran kulit kentang memiliki kandungan mineral tertentu yang penting untuk pemeliharaan struktur dan kekuatan tulang Anda.

Nutrisi ini termasuk magnesium, kalium, fosfor, kalsium, tembaga, besi dan seng. Bahkan menurut para ahli di National Institutes of Health (NIH), makan kulit kentang dapat membantu menjaga kepadatan tulang Anda dan dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause.

Kalsium dari kulit kentang juga dianggap dapat membantu untuk menopang struktur dan kekerasan gigi dan tulang Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.