Sukses

Lifebuoy dan Halodoc Luncurkan Kampanye #PerlindunganKeluargaSehat, Konsultasi Dokter Gratis!  

Lifebuoy berkolaborasi dengan Halodoc, meluncurkan kampanye #PerlindunganKeluargaSehat, dengan memberikan layanan konsultasi dokter gratis di seluruh Indonesia hingga 2023.

Liputan6.com, Jakarta Memastikan perlindungan dan kesehatan anak menjadi perhatian penting bagi setiap orang tua. Sayangnya, ketika sakit masyarakat Indonesia terutama orang tua cenderung memilih untuk melakukan swamedikasi. Hal itu terbukti dari data BPS tahun 2019 yang menyebut bahwa lebih dari 70% masyarakat memilih melakukan swamedikasi ketimbang berkonsultasi ke dokter, bahkan angka itu terus meningkat sejak tahun 2017.

Perilaku swamedikasi cenderung disebabkan oleh tingkat kecemasan orang tua yang tinggi mengenai kesehatan anak. Sehingga orang tua ingin secepatnya memberikan obat kepada si kecil tanpa berkonsultasi ke dokter. Perilaku ini tentu tidak dianjurkan, karena pemberian obat kepada anak tidak bisa sembarangan.

Oleh karena itu, diperlukan edukasi yang berkelanjutan untuk menghimbau orang tua guna membiasakan diri melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas layanan kesehatan, apalagi aktifitas di luar rumah sudah kembali berjalan sehingga risiko anak terpapar penyakit menjadi lebih besar.

Memahami hal tersebut, Lifebuoy, sebagai brand yang sudah mendukung kesehatan keluarga Indonesia selama 88 tahun, berkolaborasi bersama Halodoc, sebagai ekosistem kesehatan digital, meluncurkan kampanye #PerlindunganKeluargaSehat, dengan memberikan layanan konsultasi dokter gratis di seluruh Indonesia hingga 2023. Kolaborasi tersebut memberikan kemudahan bagi orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter tepercaya dan mendapatkan penanganan kesehatan yang cepat, mudah, dan tepat bagi anak mereka kapanpun dan dimanapun, melalui platform aplikasi Halodoc.

Erfan Hidayat, Head of Skin Cleansing Unilever Indonesia mengatakan sebagai sabun kesehatan No.1 di dunia, Lifebuoy memiliki komitmen untuk menjadi sahabat keluarga dalam memberikan perlindungan dari kuman dan menjaga agar anak tidak mudah jatuh sakit, dan kini kami juga ingin memberikan solusi yang tepat bagi orang tua di saat anak jatuh sakit.

"Kami memahami bahwa perlu ada usaha edukasi yang berkelanjutan dalam mengimbau masyarakat Indonesia untuk membiasakan diri berkonsultasi ke dokter. Itulah yang mendasari inisiatif kolaborasi dengan Halodoc dalam kampanye #PerlindunganKeluargaSehat untuk menyediakan layanan konsultasi dokter gratis ini. Kami juga percaya bahwa peran telehealth seperti Halodoc mampu menjawab kebutuhan orang tua akan layanan kesehatan yang bisa diakses secara cepat, mudah, dan terpercaya,” tutur Erfan Hidayat, Head of Skin Cleansing Unilever Indonesia.

Dalam peluncuran kampanye tersebut, Lifebuoy bersama Halodoc turut mengedukasi masyarakat luas dengan menggelar “Talkshow Perlindungan Keluarga Sehat” bersama menghadirkan Dr. Devie Kristiani, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dan Nagita Slavina.

“Tujuan acara talkshow ini agar membantu orang tua agar anak mereka tidak gampang sakit, contohnya saat ada orang tua yang mengetahui anaknya sakit dan memberikan obat ke anak mereka tanpa konsul ke dokter, memang tidak salah tapi harus dengan cara yang tepat agar lebih cepat sembuh,” ucap Erfan Hidayat.

Sementara itu, Chief Marketing Officer Halodoc, Felicia Kawilarang merasa senang karena Halodoc dapat memiliki peran dalam menjaga anak dan keluarga masyarakat Indonesia tidak mudah jatuh sakit.

“Halodoc senang dapat bekerjasama dengan Lifebuoy yang memiliki fokus sejalan dengan Halodoc dalam menjaga anak dan keluarga agar tidak mudah jatuh sakit. Sebagai ekosistem kesehatan digital, kami mengamati bahwa orang tua memiliki peran krusial dalam memastikan kesehatan keluarga. Namun, kami juga melihat bahwa masih terdapat pain point yaitu terkait bagaimana orang tua bisa mendapatkan akses layanan kesehatan yang terpercaya dan dapat diandalkan,” kata Felicia.

Dr. Devie Kristiani, Sp.A, Dokter Spesialis Anak, menjelaskan lebih jauh mengenai risiko swamedikasi yang tidak dilakukan dengan baik dan benar. Pada umumnya, tingkat kecemasan orang tua ketika anak sakit itu tinggi, sehingga orang tua ingin secepatnya memberikan obat kepada si kecil.

“Kita pahami bahwa itu adalah refleksi dari kasih sayang orang tua yang sedemikian besar untuk anaknya. Namun perlu diingat bahwa 'anak bukan miniatur orang dewasa' sehingga obat-obat yang aman diberikan kepada orang dewasa belum tentu aman untuk anak-anak,” ucap dr. Devie.

Selain itu, dosis pada anak harus dihitung sesuai usia dan berat badan anak, sehingga alangkah baiknya, bila orang tua berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memberikan obat kepada si kecil. Oleh karena itu untuk anak dapat sembuh dari penyakit lebih cepat maka dianjurkan menggunakan resep obat dari dokter.

“Saya sangat mengapresiasi kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc yang bisa membantu orang tua agar terhindar dari praktek swamedikasi yang kurang tepat dengan memberikan kemudahan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan informasi yang benar di saat anak jatuh sakit,” tutup dr. Devie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Konsultasi Dokter Gratis

Dalam kampanye #PerlindunganKeluargaSehat, kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc ini menyediakan layanan konsultasi dokter gratis, dengan mengakses platform Halodoc dengan cara sebagai berikut:

  1. Konsumen yang belum memiliki aplikasi halodoc dapat mengunduh aplikasi tersebut dari Appstore dan Playstore atau memindai barcode yang ada di belakang kemasan sabun cair Lifebuoy Total 10. Kemudian setelah masuk ke dalam aplikasi Halodoc, klik ‘Chat dengan Dokter’ dan pilih dokter dari empat pilihan spesialisasi yang tersedia. Masukkan kode ‘LIFEBUOYHALODOC’ pada halaman pembayaran dan konsultasi segera dapat dilakukan.
  2. Konsumen yang sudah memiliki aplikasi Halodoc dapat langsung membuka aplikasi dan klik ‘Chat dengan Dokter’, memasukkan kode ‘LIFEBUOYHALODOC’ pada halaman pembayaran dan segera berkonsultasi.

Layanan konsultasi dokter gratis ini tersedia hingga pertengahan tahun 2023.

Sebagai selebriti yang juga seorang ibu dari dua anak, Nagita Slavina sangat mendukung kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc.

“Sebagai seorang ibu dari dua anak, tentu saya juga merasakan kekhawatiran atas kesehatan anak-anak saya. itu sebenarnya saya senang sekali dengan solusi layanan konsolidasi dokter gratis yang diberikan oleh Lifebuoy dan Halodoc.

Nagita Slavina berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan Halodoc dengan baik. “Saya sangat berharap orang tua Indonesia dapat memanfaatkan layanan ini dan jadi tidak ragu lagi untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan informasi yang tepat di saat anak jatuh sakit,” ujar Nagita.

Dewan Penasihat Satgas Covid-19 PB IDI, Prof. Dr. Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM juga menyambut baik inisiatif dari Unilever melalui brand Lifebuoy yang bekerjasama dengan Halodoc untuk memberikan akses layanan kesehatan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya, kolaborasi merupakan kunci penting untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.

“Dengan kemudahan yang sudah diberikan, saya berharap akan lebih banyak lagi orang yang tidak ragu berkonsultasi ke dokter agar keluarga Indonesia jadi sehat dan tidak mudah jatuh sakit,” ujarnya.

Kampanye #PerlindunganKeluargaSehat ini merupakan wujud komitmen Lifebuoy dan Halodoc untuk mewujudkan Indonesia Sehat 2025, dengan memberikan akses layanan kesehatan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia dimana saja dan kapan saja.

 

(*/Akb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini