Sukses

Rajin Olahraga Pilates, Bikin Yeri Red Velvet Merasakan 3 Keuntungan Ini

Liputan6.com, Jakarta Sosok Kim Yerim atau yang dikenal sebagai Yeri dari girl band asal Korea Red Velvet kerap kali membagikan rutinitas berolahraga pilates melalui Instagram pribadinya (@yerimiese).

Pelantun “Feel My Rythym” itu terkenal sebagai salah satu dari jajaran selebritas Korea yang rutin melakukan aktivitas fisik pilates. Selain Yeri, ada juga Jennie dan Jisoo dari Blackpink, serta Nayeon Twice yang juga gemar latihan pilates.

Dalam wawancara dengan majalah Vogue, Yeri membeberkan bahwa latihan fisik tersebut mengubah gaya hidup dan membuat dirinya jadi jauh lebih bugar.

"Aku melakukan pilates sebelum sesi pemotretan ini berlangsung. Aku juga selalu rutin berolahraga di tengah kesibukan jadwalku, dan itu sudah menjadi kebiasaan. ketika aku bangun tidur, pikiran dan tubuhku merasa jauh lebih segar dan berenergi. tentu aja selama melakukan latihan ini, aku selalu mengawalinya dengan sarapan terlebih dahulu, " kata Yerim. 

Ia juga menambahkan ketika tubuhnya sehat dan segar berimbas pada pikiran yang jauh positif.

Selama sesi pemotretan berlangsung bersama Vogue,Yeri berbagi cerita seputar pola makan yang ia terapkan selama menjalani latihan pilates ini.

Ia bercerita bahwa menu sarapan yang menjadi pendamping saat melakukan kegiatan pilates ini adalah minuman yang berisi campuran ghee, minyak kelapa, dan susu almond.

"Aku juga minum air detoks yang mengandung buah kering, dan itu dilakukan ketika aku baru bangun tidur," katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Sejarah Pilates, Muncul di Awal Abad 20

Pilates tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk membentuk postur tubuh yang ideal. Nah, sudah tahu belum apa itu pilates? Lalu, apa aja manfaat olahraga tersebut?

Dikutip dari laman Self, pilates merupakan latihan fisik ringan yang berkaitan dengan keseimbangan serta keselarasan tubuh.

Sekitar abad ke 20-an, seorang pria asal Jerman, Joseph Pilates, mengembangkan serangkaian aktivitas fisik sebagai bentuk dari rehabilitasi dan penguatan yang berfokus pada pengendalian otot serta postur tubuh. 

Pada awal perkembangannya, pilates hanya populer di kalangan penari dari sekolah tari modern dan sekolah balet. Lalu, pada tahun 1923 Joseph mendirikan sekolah pilates di kota New York, Amerika Serikat. Kemudian, latihan fisik ini terus banyak disukai dan dilakukan banyak orang. 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Pilates Bagi Tubuh

Dikutip dari laman Self, ini dia manfaat kita dapatkan ketika melakukan latihan pilates:

Manfaat bagi fisik:

1. Meningkatnya fleksibilitas tubuh

Jika kita rutin melakukan kegiatan pilates, salah satunya adalah meningkatnya fleksibilitas tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko cedera bagi diri kita.

Informasi ini juga didukung oleh studi yang diterbitkan Archives of Physical Medicine and Rehabilitation pada tahun 2011.

Dari 16 hasil studi yang dilakukan, ditemukan bukti bahwa Pilates adalah cara yang efektif untuk meningkatkan fleksibilitas. Terutama efektif meningkatkan keseimbangan dinamis.

2. Membuat tubuh menjadi lebih seimbang

sebuah studi berskala kecil yang dilakukan oleh Exercise Physiology pada tahun 2007, menemukan 10 dari 34 orang dewasa yang melakukan latihan pilates terdapat perubahan kemampuan untuk menjaga keseimbangan tubuh pada saat bergerak. 

3. Sadar akan kesehatan dan kebutuhan tubuh

4. Cocok dilakukan oleh orang yang tidak bisa melakukan aktivitas berat

5. Terciptanya koordinasi antar tubuh yang baik

6. Membantu pernapasan

7. Membuat tubuh menjadi lebih kuat

8. Merupakan latihan yang baik bagi para atlet. Karena dapat meningkatkan performa mereka saat di lapangan.

9. Mengontrol gerak tubuh menjadi lebih baik

Manfaat bagi kesehatan mental:

1. Membentuk pola pikir untuk memanfaatkan bagian tubuh kita yang dirasa lemah, untuk menjadi titik kekuatan kita

2. Meningkatkan kepercayaan diri

3. Memperbaiki dan membantu meningkatkan suasana hati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.