Sukses

Hempaskan Insecure, Dinda Hauw: Cintai Kekurangan, Tonjolkan Kelebihan

Menurut Dinda Hauw, rasa insecure justru harus diolah sedemikian rupa agar kita tidak lagi merasakannya.

Liputan6.com, Jakarta Disadari atau tidak, memiliki rasa percaya diri yang cukup bisa jadi bekal untuk mengarungi kehidupan. Sedangkan di sisi lain, merasa kurang percaya diri atau yang akrab disebut insecure seringkali jadi penghambat untuk seseorang bisa maju.

Meski begitu insecure bukanlah sesuatu yang terus-menerus harus diabaikan. Menurut aktris sekaligus pemain film Dinda Hauw, rasa insecure justru harus diolah sedemikian rupa agar kita tidak lagi merasakannya.

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membasmi rasa insecure adalah dengan menyadari lebih dulu apa yang menjadi kekurangannya. Dengan begitu, Anda dianggap dapat lebih menerima dan tahu apa yang harus diolah.

"Biasanya kita tuh pasti tahu apa kekurangan yang ada di diri kita. Enggak mungkin teman-teman enggak tahu apa kekurangan dari diri kita itu apa," ujar Dinda Hauw dalam acara Advanced Training Duta (ATD) program Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Goes to School/Campus ditulis Jumat, (15/7/2022).

"Ketika aku bisa menerima kekurangan aku, itu pasti kita (bisa) jadi lebih mencintai diri kita sendiri. Nah, yang penting kita tahu dulu nih apa yang ada dalam diri kita, kekurangan kita apa, kelebihan kita apa," tambahnya.

Sehingga menurut Dinda, setelah mengetahui apa yang jadi kekurangan dan kelebihan dalam diri sendiri, Anda akan lebih tahu di mana sisi yang harus ditonjolkan dan mendorong kepercayaan diri.

"Kekurangan itu kita cintai dan kelebihan yang kita punya, kita tonjolkan. Biasanya itu yang sampai saat ini aku lakukan (agar percaya diri)," kata Dinda Hauw.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olah Insecure Jadi Pacuan untuk Maju

Lebih lanjut Dinda Hauw mengungkapkan bahwa dalam hal kecantikan pun, penampilan fisik bukan yang utama. Wanita bernama asli Nyimas Khodijah Nasthiti Adinda ini berpendapat bahwa cantik bergantung pada tingkat kepercayaan diri dan kepintaran seseorang.

"Menurut aku, definisi dari cantik itu adalah percaya diri. Jadi enggak harus putih kok untuk menjadi cantik," ujar Dinda Hauw.

"Karena kalau kamu sudah percaya diri, kamu merasa apa yang kamu sampaikan itu bisa masuk ke orang-orang, terus ilmunya juga bisa sampai ke mereka, itu menurut aku udah cantik banget," jelasnya.

Bahkan, Dinda Hauw menjelaskan kerisahan hatinya saat mendapati ada seseorang yang lebih percaya diri dan lebih pintar menggoda suaminya, Rey Mbayang.

"Alhamdulillah aku sampai sekarang enggak cemburu dengan orang yang mungkin jauh lebih cantik dari aku. Tapi kalau misalnya lihat dia lebih pintar, wawasannya lebih luas, lebih percaya diri, itu biasanya aku yang lumayan insecure. Wah, oke, jadinya itu pacuan buat aku biar jadi lebih baik," kata Dinda Hauw.

3 dari 4 halaman

Lebih Jeli Cek Produk Kecantikan

Dinda Hauw menambahkan, dirinya juga bukanlah individu yang suka mengikuti berbagai macam tren kecantikan yang ada di luaran. Ibu dari satu anak ini biasa hanya menggunakan kosmetik atau produk perawatan kulit yang itu-itu saja.

"Kalau udah cocok sama satu brand, itu pasti aku pakainya itu-itu terus. Pertama, kita cek dulu kan tuh izin edarnya. Kedua, kita juga harus lihat kandungannya apa, dan kalau udah satu cocok menurut aku itu udah cukup," ujar Dinda Hauw.

Di Indonesia sendiri, izin edar terkait produk dapat diperiksa langsung dalam laman BPOM RI. Anda hanya perlu mengisi kolom dua kolom seperti nomor registrasi dan kata kunci untuk melihat izin edar resmi dari produk tersebut.

Jika benar terdaftar, maka produk tersebut akan muncul keterangannya secara lengkap mulai dari tanggal terbit, produk yang terdaftar, merk, hingga detail produk yang diperiksa.

Menurut Dinda Hauw, penting untuk menetapkan hanya dengan satu pilihan atau brand dalam hal perawatan kulit. Mengingat merawat kulit bukanlah hal yang mudah dan instan.

4 dari 4 halaman

Cantik yang Sehat

Dalam kesempatan yang sama, Dinda Hauw mengungkapkan beberapa upaya yang dilakukannya untuk memiliki kulit sehat. Ibu satu anak ini kerap dipuji lantaran kulitnya yang glowing, mulus, dan bersih.

Ternyata bukan hanya perawatan dan menggunakan produk yang macam-macam lho. Melainkan Dinda Hauw juga berupaya untuk membuat kulitnya sehat dari dalam.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa hal yang dilakukannya seperti menjaga asupan makanan sehari-hari, olahraga, dan tidur yang cukup.

"Aku harus banget minum air putih yang cukup, itu udah pasti. Tidur juga harus cukup. Makanan harus banget yang emang bagus buat kita. Misalkan yang enggak makan-makan junk food, jadi harus benar-benar makanan yang sehat. Olahraga juga harus seimbang," kata Dinda Hauw.

Sedangkan upaya dari luar yang dilakukannya adalah dengan membiasakan diri menggunakan sunscreen. Menurutnya, sunscreen jadi hal wajib yang tidak pernah dilewatkan olehnya setiap hari meski sedang berada di dalam rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.