Sukses

5 Penyebab Mengalami Sakit Punggung Kanan Bawah

Liputan6.com, Jakarta Anda mengalami nyeri punggung sebelah kanan belakangan ini? Ada berbagai alasan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit punggung sebelah kanan bawah. Yuk, cari tahu penyebabnya dan bagaimana mengatasinya. 

Struktur punggung memang sangat fleksibel dan dinamis. Sehingga area tersebut rentan mengalami ketidaknyamanan dan berulang. Jika rasa sakit hanya di satu sisi saja, Anda mungkin bertanya-tanya apa penyebabnya. 

Umumnya, nyeri punggung sebelah kanan bawah disebabkan oleh gaya hidup yang tidak aktif dan rutinitas olahraga yang tiba-tiba dan intens. Kondisi tersebut dapat menyebabkan cedera dan nyeri. 

Namun, ada kalanya sakit punggung kanan bawah ini karena gangguan medis tertentu. Misalnya saja batu ginjal, dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam, parah, dan terus-menerus ini, terutama di sisi kanan punggung Anda. 

Dr Aniket Mule, konsultan penyakit dalam, Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road, Mumbai, menjelaskan beberapa  penyebab di balik sakit punggung sebelah kanan seperti dilansir Health Shots.

 

1. Keseleo dan ketegangan

Keseleo dan ketegangan dapat menyebabkan nyeri otot yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, bahkan ketika mencoba tidur. 

“Hal ini dapat terjadi secara acak karena cedera atau gerakan tiba-tiba seperti mengangkat benda berat atau mengangkat dengan menggunakan teknik yang salah, memutar atau menyentak tubuh dengan canggung, tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga atau jatuh dapat menyebabkan sisi kanan lebih rendah. sakit punggung," kata Mule.

Anda dapat mengatasi ketidaknyamanan ini di rumah dengan istirahat, mengompres dengan es, serta dengan obat-obatan yang dijual bebas.

 

 

2. Stenosis tulang belakang 

Stenosis tulang belakang berarti penyempitan atau kompresi kanal tulang belakang (area di dalam tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang). Hal ini menyebabkan ketegangan pada sumsum tulang belakang, menyebabkan mati rasa dan nyeri di sisi kanan bawah punggung. 

Sulit untuk mendiagnosis penyakit yang menyakitkan ini secara akurat karena gejalanya sangat mirip dengan kondisi tulang belakang lainnya. Pengobatan, terapi fisik, dan pembedahan sering digunakan untuk mengobati stenosis tulang belakang. 

3. Apendisitis 

Apendisitis biasanya menyebabkan rasa sakit yang hebat di sisi kanan punggung atau perut. Gejala lain dari kondisi ini mungkin termasuk merasa kembung, memiliki gas, pembengkakan perut, kehilangan nafsu makan, demam, muntah, sembelit, mual, atau diare. 

Ini merupakan radang usus buntu yang terlihat karena penyumbatan atau infeksi. Jika tidak diobati kemungkinan dapat pecah. Karena itu, jika Anda mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter. Pilihan pengobatan untuk kondisi ini termasuk operasi untuk mengangkat usus buntu yang meradang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

4. Batu ginjal atau infeksi saluran kemih (ISK)

 

Batu ginjal, juga dikenal sebagai nefrolitiasis, atau urolitiasis, adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang ada di ginjal. Batu ginjal dapat terbentuk di salah satu atau kedua ginjal. Ini adalah kondisi yang umum terjadi pada sebagian besar orang. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit di sisi kanan punggung. Jika batu ginjal besar menghalangi saluran kemih harus segera diangkat.

Selain batu ginjal, infeksi saluran kemih atau ISK adalah penyebab lain sakit punggung. Gejala lain, seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, sering muncul sebagai tambahan.

 

5. Kolitis ulserativa

Kondisi ini menyebabkan peradangan pada lapisan usus besar, atau usus besar. Hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah sisi kanan bersama dengan sakit perut. Setelah Anda merasa sakit segera berkonsultasi dengan dokter.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS