Sukses

Vaksinasi COVID-19 Kemenkes di Jakarta Fair 2022 Sasar 500 Orang

Liputan6.com, Jakarta Sepekan sejak mendirikan booth dalam acara Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah memberikan layanan vaksinasi COVID-19 kepada lebih dari 500 pengunjung. Vaksinasi yang dilakukan, khususnya booster dan anak-anak.

Staf Ahli Menteri Kesehatan sekaligus Chief of Digital Transformation Office Kemenkes RI Setiaji menjelaskan, keikutsertaan Kemenkes RI di Jakarta Fair Kemayoran 2022 dimaksudkan untuk mensosialisasikan berbagai program transformasi digital kesehatan dan membuka layanan kesehatan gratis bagi para pengunjung.

“Selain untuk mengenalkan transformasi digital kesehatan kepada publik, dengan posko vaksinasi Kemenkes RI di Jakarta Fair kali ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran akan pentingnya vaksin booster dan anak untuk memperkuat imunitas tubuh," ujar Setiaji melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 23 Juni 2022.

"Terutama dalam menghadapi kenaikan kasus positif COVID-19 akibat subvarian baru."

Pemerintah terus melakukan akselerasi vaksinasi COVID-19. Dalam rapat terbatas pada Senin, 13 Juni 2022 di Istana Merdeka Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi di Tanah Air, utamanya vaksinasi dosis ketiga.

Jokowi juga mengimbau kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat untuk dapat memberikan pelayanan pemberian vaksin dosis ketiga atau booster. Perkembangan Vaksinasi COVID-19 nasional, capaian vaksinasi dosis pertama yang masih di bawah 70 persen adalah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua di 17 provinsi sudah mencapai di atas 70 persen dan 10 provinsi masih berada di bawah 70 persen. Provinsi yang masih relatif rendah vaksinasi di bawah 50 persen adalah Maluku, Papua Barat, dan Papua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perkuat Imunitas Tubuh

Seluruh layanan kesehatan dan vaksinasi COVID-19 tersebut tersedia bagi para pengunjung yang telah memiliki tiket Jakarta Fair dan dibuka pada hari Senin-Jumat pukul 15:30-20:00 WIB. Adapun jenis vaksin yang tersedia, yaitu Pfizer dan Sinovac.

Tak hanya vaksinasi COVID-19, Kemenkes RI bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Farmasi Holdings juga membagikan berbagai voucher gratis vaksinasi lain meliputi HPV serviks, influenza, meningitis, dan sebagainya.

Disediakan juga layanan kesehatan gratis seperti pengecekan kadar gula darah, kolesterol, hingga jantung.

“Saya berharap pengunjung Jakarta Fair dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan untuk mendapatkan berbagai layanan kesehatan gratis dan vaksinasi yang kami berikan untuk memperkuat imunitas tubuh dan lebih aman beraktivitas di tengah pandemi,” tambah Setiaji.

Selain layanan kesehatan, Kemenkes RI juga memamerkan berbagai teknologi kesehatan yang sedang dikembangkan. Salah satunya, pengunjung dapat mencoba Kardinah Tegal Verse, sebuah teknologi virtual reality yang telah dimanfaatkan dalam proses pelatihan pertolongan pertama bagi tenaga kesehatan di Kota Tegal.

Sebagai informasi, booth Kemenkes RI yang didukung penuh oleh Dinkes DKI Jakarta, BUMN Farmasi Holdings (Biofarma, Kimia Farma, Indofarma), Halodoc, dan GE Healthcare dapat dikunjungi Hall B2 (11, 11B, 12, 12A) sepanjang gelaran Jakarta Fair berlangsung hingga 17 Juli 2022.

3 dari 4 halaman

Segera Vaksinasi Booster

Terkait percepatan vaksinasi, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat segera melakukan vaksinasi booster COVID-19. Vaksinasi booster terbukti berhasil meningkatkan kadar antibodi tubuh dalam melawan COVID-19.

Hal sesuai dengan hasil sero survei yang sudah dilaksanakan pada Maret lalu.

"Data sero survei yang bulan Maret, jadi kita lihat survei kadar antibodi rata-rata sebelum booster itu sekitar 400 titer. Begitu dibooster, itu naik berkali kali lipat kadar antibodinya, sehingga akan sangat melindungi masyarakat,” ungkap Budi Gunadi di Kantor Presiden Jakarta pada 31 Mei 2022.

Hingga saat ini, capaian vaksinasi booster baru mencapai 25 persen. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), masyarakat diminta untuk segera mendapatkan suntikan booster di wilayahnya masing-masing.

“Bapak Presiden juga sekaligus meminta untuk mempercepat stok vaksin yang banyak yang ada di daerah sekarang itu segera menerapkan booster,” ucap Budi Gunadi.

4 dari 4 halaman

Teknologi VR dan Layanan Kesehatan

Kemenkes RI bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah meluncurkan teknologi kesehatan Virtual Reality (VR) di Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta.

Teknologi Virtual Reality tersebut bertujuan untuk mengedukasi pengunjung Jakarta Fair 2022 seputar kesehatan dan cara-cara menghadapi situasi darurat ketika menangani pasien yang sakit di tempat umum.

Staf IT RSUD Kardinah Sadewa mengatakan, adanya teknologi VR ini sebagai edukasi, salah satunya untuk menangani orang yang pingsan. Ada juga pelatihan seputar kesehatan.

“Misalnya, di jalan lagi ramai, tiba-tiba ada yang pingsan, kan banyak orang dan enggak mungkin kita bisa langsung panggil perawat, jadi kita bisa langsung tangani, gitu,” katanya pada Minggu, 19 Juni 2022.

Penanggung jawab stan Kemenkes, Vestianti menambahkan selain teknologi VR, Kemenkes juga menghadirkan berbagai layanan kesehatan gratis untuk pengunjung Jakarta Fair 2022.

Beberapa di antaranya seperti vaksinasi booster COVID-19 dan pemeriksaan kesehatan.

“Kami ada pelayanan tes kesehatan seperti cek gula darah, kolestrol, tensi, berat badan, dan konsultasi kesehatan, kami juga bekerja sama dengan tenaga kesehatan dari beberapa puskesmas,” ujar Vestianti.