Sukses

Selera Humor Ridwan Kamil Menurun pada Almarhum Eril, Panggilan Sayang Neng Euis Jadi Bukti

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali membagikan kisah jenaka terkait almarhum putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Pada unggahan tertanggal 20 Juni 2022 itu, pria yang akrab disapa Kang Emil bercerita tentang kucing peliharaan Eril dengan tagar #jejakeril.

Kucing kesayangan almarhum Eril adalah kucing ras yang diberi nama British. Menurut Emil, Eril sangat sayang dengan kucing.

Begitu sayangnya Eril pada British, kucing berbulu lebat itu pun ikut diboyong ketika Eril memutuskan tinggal di rumah pribadi sang ayah di Cigadung.

"Neng British menemani Eril saat pindah dari Gedung Pakuan untuk tinggal di rumah pribadi, rumah botol di Cigadung," tutur Emil.

Meski diberi nama keren, ternyata Eril memberi panggilan sayang yang khas untuk kucing betina itu. Bahkan, panggilan khusus Eril untuk kucingnya baru saja diketahui Emil.

"Saya baru tau kalo British ini punya nama panggilan kesayangan dari Eril," kata Ridwan Kamil.

Panggilan kesayangan Eril untuk British tak lain dan tak bukan adalah 'Euis'. Mungkin karena bunyi akhir pengucapan kedua nama itu terdengar serupa, maka Eril memilih 'Euis' yang lebih sederhana. Entahlah, alasan pastinya juga tak diketahui sang ayah.

"British ke Euis, rada jaka sembung, mungkin karena sering baca berita Sunda Empire. Tapi itulah sense of humor Eril yang turun dari ayahnya," kata Ridwan Kamil.

Kini, British sedang tidak berada di kediamannya. Kucing berbulu cokelat itu tengah dititipkan ke rumah penitipan kucing untuk dikawinkan dengan ras sejenisnya.

"Karena sepeninggal Eril, si British nanti khawatir digoda dan dirisak oleh Kucing Oren jagoan tukang kawin dari kampung sebelah," Emil beralasan.

Terakhir, Kang Emil pun mengucapkan selamat pada British. Dia berharap kucing itu bisa bereproduksi menghasilkan anak kucing yang lucu.

"Selamat kawin neng Euis. Selamat melahirkan anak-anak yang lucu."

2 dari 4 halaman

Arka dan Kurnia

Kucing-kucing di kediaman keluarga Ridwan Kamil tampaknya memang diberi nama unik. Selain British, ada pula kucing lain yang menemani keseharian anak sang gubernur. Hal itu diketahui dari media sosial istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya. 

Seperti kakaknya, Arkana Aidan Misbach atau Arka, pun penyayang kucing.

Pada 21 Mei 2022 lalu, Atalia membagikan momen putra bungsunya itu tengah bermain bersama seekor kucing berbulu putih dan oranye. Dari judul unggahan, diketahui kucing itu diberi nama Kurnia. 

Dalam video singkat yang diunggah Atalia terlihat Arka berusaha mencari perhatian Kurnia. Sesekali Arka memegang kaki depan Kurnia. 

"Mpuss mobil, mpuss..." celoteh Arka pada Kurnia, sambil menunjuk ke arah mobil. 

"Haii... Haii..." sapa Arka pada Kurnia yang merebahkan badan di jalan aspal. Sayangnya sapaan Arka tak membuat Kurnia bergeming. 

Bahkan hingga Arka mengeluarkan jurus ikut membaringkan tubuh di aspal dan menghadap Kurnia pun tak membuahkan hasil. Alih-alih bermanja, Kurnia malah kabur meninggalkan balita lucu itu. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Punya Hewan Peliharaan

Menghabiskan waktu berkualitas dengan hewan peliharaan seperti kucing atau anjing ternyata dapat berdampak positif pada suasana hati dan kesehatan. 

Hewan peliharaan bisa menjadi "obat stres" yang menenangkan dan menyenangkan.

"Kami menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan, rata-rata, lebih baik daripada bukan pemilik, terutama ketika mereka punya kualitas hubungan yang lebih tinggi dengan hewan peliharaan mereka," kata peneliti hewan peliharaan Allen R. McConnell PhD. 

Namun, mengenai kualitas hubungan antara pemilik dan hewan peliharaan, Allen mengatakan hal itu bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. 

Melansir WebMed, memiliki hewan peliharaan menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Suasana Hati Lebih Baik

Orang yang memiliki hewan peliharaan umumnya lebih bahagia, lebih percaya, dan tidak terlalu kesepian dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Mereka juga lebih jarang mengunjungi dokter untuk masalah kecil.

Salah satu alasannya mungkin karena hewan peliharaan Anda memberi Anda rasa memiliki dan berarti, kata McConnell. "Anda merasa memiliki kendali yang lebih besar atas hidup Anda."

4 dari 4 halaman

Main dengan Hewan Peliharaan Redakan Stres

Pereda Stres

Mengelus kucing atau anjing Anda terasa menyenangkan. Ini dapat menurunkan tekanan darah Anda, membantu tubuh Anda melepaskan hormon relaksasi, dan mengurangi kadar hormon stres.

Ini juga menenangkan hewan peliharaan Anda, kata Alan Beck ScD, direktur Pusat Ikatan Manusia-Hewan di Universitas Purdue.

Risiko Alergi Rendah

Menurut beberapa penelitian, bayi yang dibesarkan dalam keluarga yang memiliki hewan peliharaan mungkin lebih kecil kemungkinannya terkena alergi dan asma.

Tapi Itu harus dimulai sejak dini, idealnya sebelum bayi berusia 6 bulan, kata Beck.

Bayi dengan anjing atau kucing di rumah memiliki lebih sedikit pilek dan infeksi telinga selama tahun pertama mereka daripada bayi yang tinggal di rumah tanpa hewan peliharaan.