Sukses

7 Hari Usai Pemakaman Anak, Ridwan Kamil Mulai Hidup Baru dengan Semangat Eril

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sepekan lalu Emmeril Kahn Mumtadz, anak pertama Ridwan Kamil (RK), dimakamkan, tepatnya pada Senin, 13 Juni 2022. RK pun mengatakan bahwa sudah memulai hidup baru dengan semangat buah hati pertamanya itu yang karib disapa Eril.

"Minggu ini kami memulai kembali hidup baru dengan semangat ananda Eril yang akan menyertai setiap langkah dan napas kami," kata RK dalam unggahan terbaru di Instagram @ridwankamil pada Selasa, 21 Juni 2022.

Ia juga mengatakan resmi menutup rangkaian kegiatan doa bersama untuk sang anak.

"Setelah 7 hari sejak Eril dimakamkan, dengan ini kami secara resmi menutup rangkaian kegiatan doa bersama dan takziah publik untuk almarhum ananda Eril," katanya.

Atas nama keluarga, RK mengucapkan terima kasih ke seluruh pihak mulai dari yang membantu dari pencariaan saat Eril hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss hingga ke pemakaman yang ada di Cimaung, Kabupaten Bandung. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengirimkan ucapan bela sungkawa dan bunga duka cita atas kepergian Eril untuk selama-lamanya.

Gubernur Jawa Barat ini pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan dan menyelenggakran shalat gaib dan shalat jenazah.

"Semoga Allah membalas semua kebaikan bapak ibu dan saudara semuanya dengan ganjaran berlipat," kata ayah tiga anak ini.

"Sekali lagi beribut hatur nuhun kami haturkan," tutup RK.

2 dari 4 halaman

Kerap Berbagi Kisah Eril

Sepeninggal Eril, RK kerap berbagi kisah hidup anaknya yang meninggal saat terbawa arus Sungai Aare. RK menceritakan buah cintanya dengan Atalia Praratya itu. Mulai dari Eril yang membelikan sepatu untuk satpam, mengecat tembok hingga soal kucing kesayangan.

Salah satunya soal kebiasan RK yang sudah melibatkan anak-anaknya terjun bersosialisasi sejak kecil. Seperti saat  Eril dan Zara mengecat. Saat itu, Eril kecil berujar ke sang ayah agar dirinya dan sang adik melakukan tugas untuk mengecat tembok.

"Aku ama Zara jadi tukang yang mewarnai tembok ya, Pap," kata Eril seperti dituliskan RK di akun Instagramnya.

RK mengatakan di usia sembilan dan empat tahun adalah kali pertama kedua anaknya aktif berpartisipasi dalam program bedah kampung dan renovasi rumah-rumah tidak layak huni.

"Mereka kebagian tugas jadi tukang cat rumah warga yang mereka kerjakan dengan gembira dan tuntas," kata RK.

RK juga mengatakan bahwa ia dan istri, Atalia Praratya, memang selalu mengajak serta anak mereka untuk kerja bakti sambil bermain. Kegiatan tersebut ternyata berdampak pada berkembangnya sosok anak-anaknya menjadi pribadi yang baik hati.

"Pertemuan dan interaksi dengan realita kehidupan ini kami duga turut mewarnai rasa kasih dan kemanusiaan dalam perjalanan pribadi Eril," tulis RK diakhiri dengan tanda pagar #jejakeril.

 

3 dari 4 halaman

RK ke Orangtua Lain: Gunakan Waktu Berkualitas Bersama Anak

Saat kelulusan dari SMA anak keduanya, Zara, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut memberikan pesan pada para orangtua murid yang hadir. Ia berpesan agar para orangtua memanfaatkan waktu berkualitas bersama sang anak.

"Sediakan waktu berkualitas buat anak-anak kita. Jangan sampai memori seperti ini kelewat. Cari ide-ide kreatif yang kecil-kecil, yang membahagiakan," ujar Ridwan Kamil saat pidato dalam wisuda kelulusan Zara yang videonya diunggah melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

"Kemarin banyak orangtua baru rajin nge-WA ke anak-anaknya setelah melihat cerita Eril. Ada seorang ibu menteri terbang ke Inggris hanya untuk memeluk anaknya dan jalan-jalan, curhat seharian mendengar cerita Eril," tambahnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa hendaknya jangan menunggu hingga ada suatu hal yang terjadi kemudian baru meluangkan waktu berkualitas dengan anak.

Menurut Ridwan Kamil, orangtua bisa meluangkan waktu untuk anak dengan cara yang sederhana. Seperti makan-makan atau berfoto bersama.

"Apakah dengan makan-makan, foto-foto, cari momen sederhana supaya ingat mereka bangga punya orangtua yang selalu hadir di setiap momen istimewa anak-anaknya," ujar Ridwan Kamil.

4 dari 4 halaman

Warganet Belajar Ilmu Parenting dari RK

Unggahan manis nan hangat dan terkadang diselipi kisah lucu yang dibagikan Ridwan Kamil mengenal cara dia mengenang sang anak maupun berbagi tips parenting lainnya mendapat sambutan baik dari wargante.

Banyak yang mengungkapkan rasa terima kasih karena RK berkenan berbagi cara mendidik anak-anaknya.

"Menunggu cerita rahasia parenting Kang Emil dan Bu Cinta lainnya," tulis @jeeluvina.

"Parenting Kang Emil sama Bu Atalia sangat menginspirasi karena sejatinya setiap manusia mempunyai visi misinya di dunia, Masya Allah," tulis bidan yang juga pelatih yoga pre-postnatal, Jamilatus Sa'diyah.