Sukses

Telat Ucapkan Hari Ayah, Mamah Eril, Zara dan Arka Diprotes Ridwan Kamil

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tampak mulai kembali ceria pasca berpulangnya putra pertama mereka Emmeril 'Eril' Kahn Mumtadz dalam sebuah musibah di Bern Swiss pada 26 Mei 2022.

Meski kenangan sendu akan kepergian Eril masih membayangi, unggahan media sosial kedua orangtua pemuda itu mulai berisi celoteh yang menggugah senyum warganet.

Salah satunya pada unggahan terkini Atalia Praratya, ibunda Eril, Zara, dan baby Arka. Dalam unggahan Instagram yang dipostingnya pada Minggu, 19 Juni kemarin, Atalia memberi ucapan Hari Ayah pada sang suami dengan kata-kata jenaka.

Perempuan yang akrab disapa Bu Cinta itu mengatakan dirinya diprotes oleh sang suami, Ridwan Kamil, karena tidak mengucapkan selamat Hari Ayah.

"Yaaa maaaapppp...;" celoteh Atalia dalam caption yang mengiringi potret Ridwan Kamil bersama Eril dan Zara cilik.

Atalia kemudian beralasan tidak mengucapkan selamat Hari Ayah pada Kang Emil karena dia tidak memanggil suaminya itu dengan sebutan 'ayah'.

"kan manggilnya 'papap' bukan 'ayah'" ujarnya.

Atalia pun kemudian melanjutkan captionnya dengan mengucapkan Selamat Hari Ayah pada seluruh ayah di jagad raya.

"Selamat Hari Ayah se-Dunia buat ayah-ayah terkeren se-jagad raya (19 Juni 2022)"

 Ada empat foto yang diunggah bersamaan oleh Atalia dalam ucapan Selamat Hari Ayah. Pada foto pertama tampak Ridwan Kamil bersama Zara dan Eril cilik tersenyum lepas. Lalu pada foto kedua tampak Kang Emil menggendong putra ketiga, Arka, mengenakan pakaian tradisional Sunda.

Sedangkan foto ketiga adalah candid Kang Emil tengah memeluk Eril dewasa serta ibu dan adiknya. Sementara foto keempat adalah foto keluarga lengkap yang dibidik beberapa waktu sebelum kepergian Eril. 

 

2 dari 4 halaman

Selamat Hari Papap

Warganet pun menanggapi unggahan Atalia dengan nuansa tak kalah ceria.

"Papap favorit se indonesia" salah satu warganet menanggapi.

"iya ya bu cinta, kalau ujug-ujug ngucapinn.. tar diprotes lagi 'ayah yang mana'.. Sehat selalu bu cinta dan keluarga, panutan kita semua,' tulis akun lainnya.

Ada pula warganet yang menanggapi dengan, "Selamat hari papap".

Kedua anak Atalia dan Ridwan Kamil sebelumnya pun telah lebih dulu memberi ucapan pada ayah mereka. Camillia Laetitia Azzahra atau Zara mengucapkan Selamat Hari Ayah dengan mengunggah fotonya dengan Ridwan Kamil tengah makan es krim di Instastory.

Sementara baby Arka memposting kumpulan video pendek berisi interaksinya yang penuh canda dan tawa dengan gubernur Jabar itu.

"SELAMAT HARI AYAH SEDUNIA,

untuk Papap Emil.

Terima Kasih Ya Allah sudah memberikan dan mengirimkan aku Ayah yang begitu baik, sabar, lucu, dan sayang ama Arka.

Semoga Papap selalu sehat, selalu kuat, selalu menjadi panutan semua orang.

sun sayang dari aku untuk Papap."

Tak lupa, akun @arkanaidan pun menyematkan pantun seperti biasa. "Ikan hiu maen sulap sambil ngemil. I love you Papap Emil".

3 dari 4 halaman

Ayah Hebat

Meski telat mengucapkan Selamat Hari Ayah pada Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengakui bahwa ayah dari ketiga anaknya itu merupakan sosok ayah yang hebat. Hal itu diabadikan Atalia pada salah satu sorotan di akun Instagramnya yang diberi judul 'Ayah Hebat'. 

Unggahan itu menunjukkan upaya Ridwan Kamil yang turun tangan langsung mencari Eril yang hanyut terbawa arus sungai Aare beberapa waktu lalu. Kala itu, nyaris setiap hari Emil menyusuri sungai Aare demi mencari sang anak. 

Ketika Eril tak jua ditemukan setelah lebih dari sepekan, Ridwan Kamil dan keluarga pun memutuskan untuk kembali ke Tanah Air. Namun, sebelum bertolak ke Indonesia, Ridwan Kamil menyempatkan diri untuk mengumandangkan azan di tepi Sungai Aare. 

"Wahai Sungai Aare,

Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu.

Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu..

Bahagiakan dia dalam keindahanmu.Selimuti dia dalam kehangatanmu.

Lindungi dia dalam kemegahanmu.

Sucikan dia dalam kejernihanmu.

Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu.

Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik dan pelindung sejatinya, Allah SWT.

Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare." tulis Ridwan Kamil, 3 Juni 2022. 

Ketika jasad Eril ditemukan pada 8 Juni 2022, Ridwan Kamil pun langsung kembali ke Bern, Swiss dan melakukan kewajibannya sebagai ayah, memandikan dan mengazani sang putra. 

"Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengansempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir."

4 dari 4 halaman

Luangkan Waktu untuk Anak

Di tengah kesibukannya menjadi pelayan masyarakat, Ridwan Kamil tetap berkomitmen meluangkan waktu bersama keluarga. Sang gubernur menetapkan waktu dalam sepekan untuk dihabiskan bersama istri dan putra-putrinya. 

Alhasil dalam berbagai unggahan media sosialnya, Ridwan Kamil kerap menunjukkan kedekatan dengan anak-anaknya. Tak hanya dengan Eril dan Arka, interaksi Kang Emil dengan Zara pun begitu hangat. Hal itu sangat terlihat dalam momen wisuda SMA Zara belum lama ini. 

Sebagai hadiah atas kelulusan Zara, Kang Emil membonceng putrinya itu keliling kota dengan vespa. Mereka pun sempat berhenti di kedai es krim lalu menikmatinya sambil berjalan di sekitar Kota Bandung yang tampak artistik. 

Dalam prosesi kelulusan Zara, ia sempat memberi sambutan yang mengingatkan pentingnya momen kebersamaan antara orangtua dan anak.

"Sediakan waktu berkualitas buat anak-anak kita. jangan sampai memori seperti ini kelewat. Cari ide-ide kreatif yang kecil-kecil yang membahagiakan," kata Ridwan Kamil.