Sukses

Ungkap Kondisi Jasad Eril Saat Ditemukan, Istri Ridwan Kamil: Utuh, Wangi dan Tersenyum

Istri Ridwan Kamil (RK), Atalia Praratya menuturkan bahwa saat ditemukan, jasad Eril dalam keadaan utuh, lengkap, wangi dan tersenyum.

Liputan6.com, Jakarta Setelah 14 hari pencarian akhirnya pada Rabu, 8 Juni 2022 pukul 06.50 waktu Bern, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan dalam kondisi sudah meninggal di Bendungan Engehalde. Sang ibu, Atalia Praratya menuturkan bahwa saat ditemukan, kondisi putra pertamanya itu dalam keadaan utuh, lengkap, wangi dan tersenyum.

"Alhamdulillah Allahu Akbar," kata istri Ridwan Kamil mengucapkan syukur atas penemuan jasad Eril.

"Ditemukannya a Eril dalam keadaan utuh, lengkap, bersih, tampan, tersenyum dan wangi setelah 14 hari menghilang, membuat saya yakin seyakin yakinnya bahwa Allah menjaga dan memuliakannya."

Sang suami, Ridwan Kamil menuturkan juga bahwa jasad Eril wangi daun eucalyptus.

"Saya bersaksi jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan di media sosialnya.

Temuan Eril yang sudah teridentifikasi dengan tes DNA membuat rasa khawatir dan gundah gulana yang dirasakan Atalia itu sirna.

Perempuan 48 tahun itu pun yakin bahwa kekuatan ikhtiarn dan doa memang maha dahsyat.

"Dari resah kini berubah menjadi syukur yang begitu dalam."

"Karena tentu tidak ada yang lebih diinginkan oleh seorang hamba selain berada dalam liputan kasih sayang Allah di akhir hidupnya. Husnul khatimah."

Kebesaran kasih karunia Tuhan membuat Atalia mengucapkan syukur kepada Allah.

"Terima kasih atas segalah sayangMu kepadanya."

Istri Ridwan Kamil ini juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam proses pencarian sampai Eril nanti tiba di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Sudah Mandikan Eril Sesuai Syariat Islam

Ayah Eril, Ridwan Kamil menuturkan pada Jumat, 10 Juni 2022 pagi telah bertemu serta memandikan putranya sesuai syariat Islam.

"Akhirnya Allah SWT memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam," tulis RK.

Di Swiss, RK juga sudah mengumandangkan adzan ke Eril sama seperti saat putranya itu lahir pada 25 Juni 1999 di New York.

"Juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir."

 

3 dari 4 halaman

Jenazah Eril Dibawa Hari Minggu

Eril ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 sekitar pukul 06.50 waktu Swiss. Setelah melewati tahapan tes DNA terbukti bahwa jenazah tersebut adalah Eril.

Sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada Kamis, 9 Juni 2022 pukl 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

Dalam unggahan terbaru RK di Instagram, ia mengatakan bahwa jenazah Eril akan dibawa ke Tanah Air pada Minggu, 12 Juni 2022. Lalu, rencananya dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin," kata RK.

4 dari 4 halaman

Eril Terbawa Arus Sungai Aare

Eril hilang terbawa arus di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 lalu. Eril mengalami kesulitan untuk naik ke daratan sebelum akhirnya terbawa oleh arus yang cukup kencang.

Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, paman dari Eril yang menjadi perwakilan keluarga, Elpi Nazmuzzaman pun sempat mengungkapkan Eril memang cukup mahir untuk berenang. Putra sulung Ridwan Kamil tersebut bahkan memiliki sertifikat diving dan dianggap mampu untuk menilai dan mengukur arus di dalam air.

"Kalau dari sisi kesiapan, Eril ini termasuk pemuda yang rajin olahraga dan beliau bisa berenang. Beliau juga punya sertifikat diving, jadi punya kemampuan untuk menilai dan mengukur arus," ujar Elpi pada Sabtu, 28 Mei 2022 lalu.

Usai kejadian, Ridwan Kamil dan keluarga bersama pihak Swiss terus berupaya mencari Eril. Seminggu pencarian, RK memutuskan untuk kembali ke Indonesia melaksanakan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Meski begitu, upaya pencarian Eril masih terus dilakukan dan melibatkan banyak pihak. Seperti tim SAR, polisi, polisi maritim, dan pemadam kebakaran.

Pencarian tersebut didukung oleh pemerintah kantor Bern dan masih akan terus berlangsung secara intensif. Mereka memastikan bahwa pencarian Eril masih akan terus dilanjutkan. Hingga Selasa, 7 Juni 2022 pencarian Eril telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah Sungai Aare seperti keterangan pers KBRI Bern.

Hingga akhirnya, pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi sebuah titik terang ditemukan. Terkonfirmasi pula bahwa jenazah yang ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern itu adalah Eril, anak Ridwan Kamil dan Atalia Praratya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.