Sukses

Tips Bikin Kue Nastar Antigagal, Wangi dan Lezat untuk Hidangan Lebaran

Penggunaan bahan yang tepat yang diolah dengan pas membuat kue nastar wangi dan lezat. Pas untuk hidangan Lebaran di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Membuat kue nastar yang wangi dan lezat rasa-rasanya harapan semua orang. Maka tak heran jelang Lebaran, pencarian pembuatan kue nastar antigagal pun meningkat.

Terbukti dari data Cookpad 2022, dari awal bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran tahun ini secara total terdapat 42.000 pencarian resep nastar, dan 3.000 pencarian dalam satu minggu terakhir hingga per 25 April 2022.

Namun, membuat nastar ini susah susah gampang. Terdapat banyak tantangan seperti sulit dibentuk dan mudah rapuh. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan resep nastar yang enak, cara pembuatan yang benar, serta bahan utama nastar seperti susu, mentega, dan keju yang berkualitas demi menyajikan hidangan terbaik saat Lebaran.

Menurut chef Devina Hermawan salah satu kunci dalam pembuatan nastar yang wangi dan lezat adalah kehadiran butter. Aspek bahan makanan yang satu ini bisa membuat cita rasa nastar jad lebih lezat dan memberikan rasa yang berkesan dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com.

Riszha Gandjar, Marketing Manager Anchor, Fonterra Brands Indonesia mengatkan bahwa dengan penggunaan butter Anchor bisa menghasilkan aroma kue kering khas Lebaran yang lebih wangi, dan rasa yang lebih lezat, sehingga lebih menggugah selera.

Berikut tips Devina Hermawan membuat kue nastar yang enak, beserta tips dan trik mulai dari pembuatan selai nanas, pembuatan adonan nastar, hingga proses pemanggangan agar menghasilkan kue nastar yang sehat, lezat dan anti gagal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Kue Nastar ala Chef Devina

Bahan adonan nastar ala Chef Devina:

1. 270 gr tepung terigu protein sedang

2. 110 gr maizena

3. 125 gr Anchor Tinned Salted Butter atau Anchor Salted Butter

4. 125 gr Anchor Unsalted Butter

5. 100 gr susu bubuk

6. 110 gr gula halus

7. 2 butir kuning telur

8. ½ sdt garam

9. 75 gr Anchor Cheddar Cheese, parut

 

Bahan selai nanas:

1. 750 gr nanas parut

2. 160 gr gula pasir

3. 5 buah cengkih

4. 1 sdm Anchor Tinned Salted Butter atau Anchor Salted Butter

5. 1 sdm Anchor Unsalted Butter

 

Bahan olesan: 

2 butir kuning telur

1 sdm minyak 

1 sdm Anchor Full Cream Milk

 

 

Langkah Pembuatan Kue Nastar ala Chef Devina:

1. Panaskan wajan, lalu masukkan nanas, gula pasir, dan cengkih. Anda masak hingga menyusut. Lalu, tambahkan Anchor Unsalted Butter dan Anchor Tinned Salted Butter. Masak kembali hingga menyatu dan lengket.

2. Pindahkan ke dalam mangkuk. Kemudian, dinginkan.

3. Bentuk bulat-bulat selai dengan menggunakan sendok takar ukuran ¼ sdt atau 3 gr kemudian masukkan ke dalam kulkas. Biarkan dingin.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Nastar

 

4. Untuk adonan, kocok Anchor Tinned Salted Butter dan Anchor Unsalted Butter hingga menyatu lalu tambahkan gula halus kocok kembali hingga pucat dan mengembang.

5. Tambahkan kuning telur satu per satu lalu masukkan garam, kocok kembali.

6. Masukkan susu bubuk, maizena, dan tepung terigu yang telah disaring, aduk dengan spatula.

7. Tambahkan Anchor Cheddar Cheese, aduk rata hingga menyatu lalu bentuk bulat dengan sendok takar ukuran 1 sdt atau 6-7 gr.

8. Masukkan isian selai nanas, bentuk bulat lalu simpan ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper.

9. Panggang nastar di suhu 130-135 derajat Celsius selama 15-18 menit.

10. Untuk olesan, campurkan kuning telur dengan minyak dan Anchor Full Cream Milk, aduk rata.

11. Keluarkan nastar lalu oles dengan olesan hingga rata. Setelah rata, panggang kembali selama 8-10 menit.

12. Tak lama, nastar wangi dan lezat siap dihidangkan untuk sajian Lebaran Anda bersama keluarga tercinta.

 

4 dari 4 halaman

Sejarah Nastar

Nastar umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas.

Kehadiran nastar ternyata tak lepas dari masa pendudukan Belanda. Nama nastar merupakan gabungan dua kata yang diambil dari Bahasa Belanda, yaitu ananas atau nanas dan taartjes atau tart. Jadi, nastar merupakan kue tart yang di dalamnya berisi selai nanas.

Resep nastar terinspirasi dari olahan pie Belanda yang dibuat dalam loyang besar dan diisi dengan selai yang terbuat apel, blueberi, atau stroberi. Ketika Belanda datang ke Nusantara dan ingin membuat kue tersebut, mereka mengalami kesulitan dalam mencari buah untuk selai yang tekstur kematangannya mirip layaknya buah yang ada di Belanda.

Kemudian, muncul ide untuk mengganti dengan buah nanas yang banyak ditemui di Indonesia. Buah nanas juga dipilih karena rasanya yang manis dan asam mewaikil cita rasa yang dimiliki buah apel dan stroberi. Tak hanya isi saja yang berubah, nastar mengalami modifikasi bentuk adonannya yang semula besar menjadi kecil-kecil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.