Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Apakah Berbahaya Berhubungan Seks dengan Pasangan yang Memiliki Infeksi Jamur pada Vagina?

Tiga dari empat wanita akan mengalami setidaknya satu infeksi jamur dalam hidup mereka, dan kebanyakan wanita akan memiliki setidaknya dua.

Liputan6.com, Jakarta Infeksi jamur memang mengganggu dan tidak nyaman, tetapi juga lebih umum dari yang Anda kira. Menurut Mayo Clinic, tiga dari empat wanita akan mengalami setidaknya satu infeksi jamur dalam hidup mereka, dan kebanyakan wanita akan memiliki setidaknya dua.

Istilah medis infeksi jamur adalah kandidiasis vagina, karena itu jamur yang menginfeksi vagina ketika pertumbuhan candida albicans (sejenis ragi) berlebihan. Tapi ini bukan ragi yang sama dengan yang Anda gunakan untuk membuat roti.

Biasanya, vagina mengandung beberapa ragi dan bakteri lain, jelas Jessica Shepherd, MD, seorang OB-GYN. Sebuah studi tahun 2021 dalam jurnal Diagnostics menemukan vagina juga memiliki pH alami 3,8 hingga 5, tergantung pada orangnya, yang berarti mereka sedikit asam. Tetapi ketika pH vagina bergeser ke sekitar 4, ragi bisa lebih mudah tumbuh. Akhirnya, penumpukan tersebut dapat menyebabkan infeksi jamur, lengkap dengan semua gejala yang membuat frustrasi.

Dilansir dari Womenshealthmag, meskipun infeksi jamur tidak menyenangkan, mereka juga biasanya cukup ringan dan mudah diobati. Tentu Anda tidak ingin menularkan infeksi jamur kepada pasangan. Jadi Anda perlu menunda melakukan hubungan seks selama beberapa hari.

> Apakah berhubungan seks memperburuk infeksi jamur?

Menurut Shepherd, mungkin itu tergantung pada apa yang menyebabkan infeksi jamur Anda.

"Ingat, ragi candida dapat tumbuh di luar kendali ketika pH vagina Anda berubah. Jadi, apa yang menyebabkan pH Anda berubah? Shepherd mengatakan beberapa faktor yang bisa menyebabkannya, seperti:

- Beberapa sabun mandi bisa membuat vagina Anda lebih asam

- Berada di air (seperti kolam renang) untuk waktu yang lama

- Seks, khususnya sperma dan air mani, yang beberapa orang bisa sensitif terhadapnya

- Konsumsi berlebihan makanan manis

- Pelumas tertentu

- Kondom lateks, pada beberapa yang sensitif terhadapnya.

Jika Anda menduga bahwa seks atau sesuatu yang Anda gunakan saat berhubungan seks menyebabkan infeksi jamur Anda, maka Shepherd merekomendasikan untuk tidak melakukan koitus (senggama) selama beberapa hari atau mencari produk alternatif. Jika tidak, Anda harus mengobati infeksinya dulu.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah infeksi jamur menular?

Tidak, tegas Shepherd. Tidak menular, artinya Anda tidak dapat menularkan infeksi jamur ke pasangan. Namun mennurut Cleveland Clinic, beberapa obat infeksi jamur dapat merusak kondom, karena banyak dari mereka mengandung minyak yang dapat menyebabkan kondom pecah atau robek.

"Jika menggunakan krim atau agen topikal, berikan setidaknya delapan sampai 12 jam setelah dimasukkan sebelum melakukan hubungan seks," saran Shepherd. "Dengan begitu, Anda bisa memastikan itu bukan menular sama sekali."

Jika saya terlanjur berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki infeksi jamur, apa yang harus saya lakukan?

Shepherd mengatakan kalau umumnya tidak apa-apa beraktivitas seperti biasanya meski Anda memiliki infeksi jamur. Tetapi ada kemungkinan keintiman fisik akan memperburuk infeksi jamur yang ada jika Anda tidak mengobatinya. Jadi, ia memberikan tips berikut ini jika Anda terlanjur berhubungan seks saat masih memiliki infeksi jamur.

1. Cuci vulva Anda segera setelah berhubungan seks. Gunakan sabun lembut yang tidak akan menyebabkan lebih banyak iritasi, seperti sabun batangan tanpa pewangi.

2. Segera buang air kecil setelah berhubungan seks untuk menghindari menginfeksi saluran kemih (ISK). Tentu Anda tidak ingin menambah ISK setelah infeksi jamur, jadi cobalah untuk buang air kecil juga.

3. Jika Anda mengalami rasa sakit atau tidak nyaman, berhentilah. Saat berhubungan seks, mukosa vagina Anda bisa menjadi sangat teriritasi atau terluka, kata Shepherd. Artinya, dinding vagina Anda bisa rusak. Jadi jika Anda mulai merasakan sakit di bawah sana, segera hentikan.

 

3 dari 4 halaman

Cara menangangi infeksi jamur

Pertama, Anda tahu kalau bisa mencari bantuan. Infeksi jamur muda diobati dan tidak perlu malu jika memilikinya. Jadi pastikan untuk menghubungi dokter ob-gyn jika Anda melihat gejala seperti ini:- Keputihan berwarna putih dan kental (mirip keju)- Iritasi pada vagina Anda- Terasa gatal atau terbakar di vagina

Jika Anda mengira Anda mengalami infeksi jamur, dokter Anda mungkin memeriksa dengan menggunakan spekulum untuk melihat ke dalam saluran vagina Anda, seperti saat Anda melakukan pap smear. Mereka akan mencari tanda-tanda keputihan itu, kata Shepherd.

OB-GYN Anda juga akan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti kapan gejala Anda mulai dan bagaimana rasanya. Kadang-kadang, mereka mungkin melakukan swab vagina dan mengirimkannya ke laboratorium sehingga dapat diuji untuk ragi. Atau, mereka dapat menggunakan mikroskop untuk memeriksa swab untuk tanda-tanda infeksi jamur.

Jika Anda tidak memiliki infeksi jamur, Anda mungkin menderita vaginosis bakterial, PMS yang berbeda, atau ISK, kata Shepherd.

 

4 dari 4 halaman

cara mengobati infeksi jamur

Jika dokter Anda memastikan Anda mengalami infeksi jamur, mereka kemungkinan akan memberi Anda antijamur untuk membantu mengobatinya.

Beberapa obat umum adalah miconazole, krim, dan fluconazole, pil, menurut Shepherd. Infeksi jamur ringan mungkin akan hilang dalam 48 jam setelah memulai pengobatan.

Mencegah infeksi jamur

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup untuk mencegah infeksi jamur lain terjadi di masa depan, seperti:

- Minum lebih banyak air

- Konsumsi sedikit gula, terutama jika Anda menderita diabetes

- Makan lebih banyak produk segar, yang mengurangi peradangan, membantu menjaga usus Anda tetap sehat, dan umumnya membantu fungsi tubuh Anda lebih baik

- Mengganti baju renang atau pakaian olahraga Anda segera setelah berolahraga untuk memastikan vagina Anda tetap kering, karena ragi dan bakteri lebih mungkin tumbuh di daerah lembab.

- Probiotik juga telah terbukti membantu menjaga pH vagina, kata Shepherd.

"Menjadi sadar tubuh dan kemudian membuat penyesuaian pada apa [faktor] itu dapat mengurangi kemungkinan terkena infeksi jamur," jelasnya.

Selain itu, meskipun infeksi jamur sering terjadi, jika Anda mendapatkannya terus-menerus (seperti setiap satu hingga tiga bulan), beri tahu dokter Anda. Ada pilihan pengobatan dan pengobatan lain yang lebih efektif yang akan membantu dalam jangka panjang, kata Shepherd.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.