Sukses

Usai Tarawih Masih Lapar, Enaknya Pilih Makan Berat atau Ringan?

Tidak sedikit yang enggan makan lagi ketika lapar menyerang usai tarawih selama bulan Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga asupan yang masuk di bulan Ramadhan jadi salah satu hal penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Terutama puasa kali ini masih dijalankan di masa pandemi COVID-19.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur pola makan dalam pembagian waktu dan persentase yang tepat.

"Pada saat puasa sangat penting untuk mengatur porsi makan yang sesuai kebutuhan pada saat sahur maupun berbuka," ujar ahli gizi, dr Feni Nugraha, MARS, MGz dalam konferensi pers Semangat #MenebarKebaikan Bersama MilkLife UHT Kurma di Bulan Suci Ramadhan baru-baru ini.

Feni menjelaskan bahwa pola makan selama bulan puasa dapat dibagi menjadi tiga bagian yakni pada saat sahur, berbuka, maupun usai melakukan tarawih.

Mengingat biasanya seusai tarawih, rasa lapar masih mengiringi. Sehingga ada baiknya untuk menyisihkan porsi makan tersendiri.

"Sesudah tarawih kan kita suka lapar lagi ya. Nah jadi boleh sekitar 10 persen (dari kebutuhan kalori harian). Cukup makanan ringan saja, tidak boleh terlalu berlebihan," kata Feni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan sahur dan buka?

Sedangkan pada saat sahur, Feni menuturkan bahwa konsumsi makanan yang sehat harus tetap mengandung kalori yang cukup dan zat gizi yang lengkap serta seimbang.

"Nutrisi dari sahur sendiri harus memenuhi kurang lebih 40 persen dari kebutuhan total kalori tubuh. Jadi pada saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lengkap, mengandung gizi yang seimbang," kata Feni.

Kemudian pada saat berbuka, Anda bisa menikmati sekitar 50 persen dari kebutuhan, yang sama-sama dianjurkan kelengkapan nutrisinya.

"Jangan lupa pada makan malam ketika berbuka memang harus lengkap seperti sahur. Jadi ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral," ujar Feni.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa

  • Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).
    Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).

    Ramadhan

  • Tarawih merupakan salat sunah pada malam hari yang dilaksanaman sesudah Isya atau sebelum subuh pada bulan Ramadan (puasa).

    tarawih

  • Selama bulan Ramadhan, penganut agama Islam akan berpuasa setiap hari sampai Idul Fitri tiba.

    puasa ramadhan

  • Lapar