Sukses

11 Gigi Palsu Terperangkap 9 Minggu di Tenggorakan Nenek Nermin

Dokter berkali-kali 'membiarkan' seorang wanita lansia menderita karena 11 gigi palsu terjebak di tenggorokannya. Nermin Keating (75) beruntung nyawanya tertolong setelah gigi palsu itu terjebak di tenggorokannya selama sembilan minggu.

Keating tanpa sengaja menelan 11 gigi palsu atasnya pada November 2012. Pada saat yang sama, ia mulai merasa sakit.

Putri Keating, Umit Maddock (46), dari Braintree, Essex, baru menyadari kalau ibunya yang menderita penyakit parkinson itu kehilangan gigi palsunya pas saat ibunya sakit. Maddock mengajak ibunya ke Braintree Community Hospital dan mengatakan kalau ada gigi ibunya yang hilang.

"Dia didiagnosa menderita infeksi paru-paru dan diberikan antibiotik," kata Maddock kepada BBC News seperti dikutp Huffington Post, Jumat (18/1/2013).

"Mereka tidak terlalu memperhatikan tenggorokannya".

Saat suhu tubuh Keating tetap tinggi, Maddock kemudian membawa ibunya ke dokter lain di Mount Chambers Surgery satu minggu kemudian. "Seorang dokter meresepkan antibiotik".

Setelah diberi obat, tak ada perubahan. Kondisi ibunya belum membaik. "Ketika saya sedang memberi makan, dia membuat suara lucu dan hampir tersedak".

Beberapa minggu kemudian, dengan putus asa Maddock membuat keputusan pergi ke dokter untuk terakhir kalinya. Ketika Dr Noel Pereira memeriksa Keating, dia melihat ke tenggorokannya. "Gigi ada di sana," kata Maddock.

Keating pergi ke Rumah Sakit Broomfield, di sana gigi palsu yang terperangkap diangkat setelah sembilan minggu menelannya.

Pada Rabu, BBC News melaporkan bahwa Keating merasa "jauh lebih bahagia" dan dia harus diet cairan untuk pemulihan.

Maddock merasa senang kondisi ibunya baik-baik saja. "Ini adalah keajaiban ibu bertahan begitu lama dengan gigi palsu ke tenggorokannya," katanya.

"Saya tidak bisa percaya apa yang terjadi, saya begitu lega ketika gigi sudah dikeluarkan".(Mel/Igw)
    Loading