Sukses

8 Cara Perkuat Kondisi Rahim dengan Teknik Pengobatan Tradisional Cina

Liputan6.com, Jakarta Dalam Pengobatan Tradisional Cina atau Traditional China Medicine (TCM), rahim yang sehat adalah rahim yang dianggap cukup 'hangat', dengan aliran darah yang baik untuk menyuplai janin dengan darah yang kaya nutrisi dan memelihara kesehatan rahim secara menyeluruh.

Seorang dokter senior di penyedia layanan kesehatan TCM Oriental Remedies Group, Julie Low, mengatakan, kekurangan energi 'hangat' akan menyebabkan rahim kurang kondusif untuk pembuahan.

Sebuah kondisi yang oleh praktisi TCM disebut Cold Womb Syndrome atau Sindrom Rahim Dingin atau gong han pun bisa terjadi.

Ditambahkan Direktur Klinik Pengobatan Cina NTU, Dr Goh CHye Tee, rahim yang sehat hanya sebagai rahim yang dapat melakukan fungsi fisiologis utamanya.

Yang dapat menyimpan dan mengeluarkan darah haid secara teratur, serta mampu membudidayakan janin sejak pembuahan sampai lahir.

Untuk melakukannya, kata Goh, perlu ada aliran qi (energi) yang lancar di sepanjang dua meridian utama --- Chong dan Ren, ginjal, perut, dan limpa --- harus berfungsi dengan baik.

"Untuk menyediakan esensi pranatal dan pascakelahiran yang diperlukan untuk prokreasi," kata dia dikutip dari situs Channel News Asia pada Jumat, 5 Maret 2022.

Menstruasi tidak teratur, kram menstruasi yang buruk, dan kesulitan untuk hamil adalah semua gejala rahim yang kurang sehat, kata Goh.

"Dan ini dapat menyebabkan risiko keguguran yang lebih tinggi karena ketidakmampuan rahim untuk mengasuh janin," ujarnya.

Berikut beberapa cara untuk memperkuat kondisi rahim Anda menggunakan teknik TCM.

 

2 dari 10 halaman

1. Konsumsi Herbal

Setelah menstruasi, Anda dapat mengonsumsi herbal penguat seperti ubi Cina untuk mengisi qi dan darah yang penting untuk kesehatan rahim, kata Goh.

Dia juga merekomendasikan memelihara rahim dengan sup hangat yang terdiri dari empat herbal yang meningkatkan qi dan empat herbal lagi untuk darah.

 

3 dari 10 halaman

2. Hindari Makanan Dingin dan Mentah

Goh menyarankan untuk menghindari makanan dingin dan mentah, terutama beberapa hari sebelum menstruasi.

"Ini untuk mengurangi tekanan yang tidak perlu pada sistem visceral, khususnya lambung dan limpa, yang dalam TCM menjalankan fungsi memproduksi dan memasok nutrisi ke rahim dan janin," katanya.

Dia, menambahkan, makanan yang digoreng dan pedas juga harus dihindari.

 

4 dari 10 halaman

3. Mengurangi Paparan Toksin

Masak lebih banyak makanan di rumah daripada membeli makanan untuk dibawa pulang. "Ini akan mengurangi paparan BPA dalam wadah plastik, yang memiliki dampak seperti estrogen pada tubuh dan dapat mempengaruhi kesuburan," kata Low.

Dia menambahkan bahwa Anda mungkin juga ingin menghindari makan jenis ikan yang diketahui memiliki kadar merkuri tinggi. Ini termasuk spesies tuna tertentu.

 

5 dari 10 halaman

4. Kebiasaan Tidur yang Baik

Cobalah untuk tidur pada pukul 11.00 malam dan selama enam sampai jam untuk tidur yang berkualitas.

"Hal ini untuk memungkinkan tubuh melakukan pekerjaan pemeliharaan dan penyembuhan termasuk detoksifikasi hati, pembersihan jaringan tubuh dan peningkatan fungsi otak, yang semuanya dilakukan secara aktif antara pukul 11 ​​malam hingga pukul 3 pagi," kata Goh.

 

6 dari 10 halaman

5. Coba Akupunktur

Para ahli TCM percaya bahwa akupunktur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan bahkan dapat meningkatkan qi dan aliran darah ke rahim untuk meningkatkan kesuburan.

 

7 dari 10 halaman

6. Pijat

Low merekomendasikan untuk menekan titik-titik akupresur berikut selama satu menit setiap kali. 

Namun, Low memeringatkan bahwa wanita hamil atau wanita yang baru saja menyelesaikan transfer embrio dalam perawatan IVF harus menghindari pijat akupresur. 

San Yin Jiao, menemukan empat jari di atas pergelangan kaki bagian dalam.

Titik akupuntur ini dikatakan mengatur berbagai organ termasuk ginjal, yang dalam TCM sangat penting untuk kesuburan, dan juga dapat meredakan kram menstruasi karena dapat membantu gangguan panggul, kata Low.

Tai Chong, yang membantu menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan untuk kehamilan yang sehat dan sukses.

Untuk menemukan titik akupuntur, letakkan jari Anda di antara jari kaki besar dan kedua dan gerakkan kaki ke atas sampai Anda mencapai tulang.

Yin Ling Quan untuk mengobati retensi air.

Di TCM --- kata Low --- acupoint dikatakan membantu mengelola infeksi jamur kronis yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Untuk menemukannya, ikuti bagian dalam tulang kering Anda sampai ke lekukan tepat di bawah lutut Anda.

 

8 dari 10 halaman

7. Tetap Hangat

Jaga agar tubuh tetap hangat dan hindari lingkungan yang dingin sebanyak mungkin.

"Cobalah untuk tidak menghabiskan waktu berjam-jam di tempat ber-AC dan jaga agar telapak kaki Anda tetap hangat dengan mengenakan kaus kaki," kata Low memberi saran.

 

9 dari 10 halaman

8. Olahraga Teratur

Ini akan membantu meningkatkan fungsi otot dan kerangka, menghilangkan stres dan meningkatkan aliran oksigen dan darah di dalam tubuh.

Libatkan Suami

"Hampir setengah dari semua masalah kesuburan dikaitkan dengan pria. Seperti wanita, beberapa perubahan sederhana pada gaya hidup dan diet pria dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan,” kata Low.

Selain meningkatkan libido mereka dengan menambahkan makanan kaya zink seperti tiram dan daging merah ke dalam makanan mereka, meminimalkan alkohol dan merokok karena ini dapat memengaruhi kualitas sperma.

"Perhatikan bahwa praktik TCM ini bukan jaminan bahwa Anda akan hamil," kata Low.

"Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan nasihat medis jika Anda mencoba untuk hamil," pungkas Low

 

10 dari 10 halaman

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19