Sukses

Jadi Salah Satu Faktor Penting, Ini Peran Vaksinasi COVID-19 dalam Hal Percintaan

Vaksinasi COVID-19 ternyata telah menjadi salah satu kriteria untuk berkencan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, manfaat vaksinasi begitu digaungkan dalam berbagai kesempatan. Ternyata, manfaatnya bukan hanya untuk mencegah keparahan saat seseorang terinfeksi virus satu itu lho.

Melainkan juga dalam hal percintaan. Sebuah survei yang dilakukan oleh The Balance di Amerika Serikat pada 1.000 orang berusia 18 hingga 40 tahun telah mencari tahu peran vaksinasi COVID-19 dalam dunia percintaan.

Sebanyak 37 persen responden menganggap bahwa status vaksinasi menjadi faktor penting bagi mereka saat ingin berkencan. Sedangkan, 46 persen mengatakan itu cukup penting, dan 30 persen lainnya menganggap tidak begitu penting.

Bahkan, status vaksinasi pun kini menjadi salah satu fitur dalam aplikasi kencan. Inisiatif tersebut berfungsi untuk memandu para penggunaanya untuk mengambil keputusan saat ingin pergi berkencan.

Beberapa ahli kesehatan di sana pun mengungkapkan bahwa mereka yang tidak divaksinasi bisa ikut terdorong untuk melakukannya dan dapat meningkatkan peluang mereka untuk berkencan.

"Melakukan percakapan terbuka dengan teman kencan atau pasangan Anda tentang status vaksinasi mereka adalah ide yang baik," ujar dokter di Sameday Health, Los Angeles, California, Monique White-Dominguez dikutip Verywell Health pada Selasa, (15/2/2022).

Meskipun mungkin menanyakan status vaksinasi bukanlah topik yang awam. Namun hal tersebut dinilai dapat menjadi awalan yang baik sebelum melangkah ke hubungan yang lebih dalam.

"Memulai percakapan seputar topik tersebut mungkin tampak sulit pada awalnya. Tetapi memahami masalah besar seperti vaksinasi adalah langkah penting ke arah yang benar," kata Monique.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes COVID-19 sebelum kencan

Bahkan, Monique mengungkapkan bahwa melakukan tes COVID-19 melalui swab merupakan hal yang baik. Terutama jika Anda melakukannya sebelum kencan pertama.

"Pengetahuan adalah kekuatan, jika Anda memeriksanya, maka Anda akan mengetahuinya. Kuncinya di sini adalah mengoptimalkan perjalanan kesehatan pribadi kita sendiri," ujar Monique

"Bagi banyak orang, vaksinasi juga menjadi salah satu aspek penting dalam optimalisasi perjalanan kesehatan dan kesehatan pribadi mereka. Mengingat kita sedang memerangi pandemi COVID-19,” tambahnya.

Monique menjelaskan bahwa jika Anda dan calon pasangan memiliki pendapat berbeda terkait vaksinasi, maka hal tersebut bisa dikomunikasikan dengan cara yang baik.

"Kejujuran bisa menjadi hal yang terbaik, dan cari tahulah rencana setelahnya jika Anda dan si dia tidak memiliki pendapat yang selaras," kata Monique.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.