Sukses

Bukan Cuma Fisik, Ini Cara untuk Membuat Anda Menarik bagi si Dia Secara Emosional

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat dimungkiri, penampilan fisik jadi sesuatu yang dapat menarik sebagian besar orang. Ketertarikan yang berawal dari fisik bisa menumbuhkan minat Anda untuk mengenal si dia lebih jauh.

Namun, para ahli pun setuju bahwa jika Anda ingin melangkah ke hubungan jangka panjang, maka rahasianya terletak pada ketertarikan emosional.

"Semua hubungan percintaan yang sukses membutuhkan ketertarikan secara fisik dan juga emosional. Sedangkan, ketertarikan fisik sebenarnya adalah bagian yang mudah," ujar pakar hubungan, Emily Mendez dikutip Bustle, Kamis (27/1/2022).

Sebuah studi dalam Journal of Neuroscience mengungkapkan bahwa hanya perlu beberapa detik untuk memutuskan bahwa Anda tertarik secara fisik dengan seseorang.

Bahkan, hanya butuh seperlima detik untuk menumbuhkan reaksi kimiawi dalam otak yang terkait dengan cinta untuk menyala.

"Namun, ketertarikan secara fisik bisa berubah. Sedangkan ketertarikan emosional, di sisi lain, bisa bertahan dengan lama," kata Emily.

Ketertarikan emosional sendiri meliputi kepribadian, pikiran, impian, dan hati seseorang. Itulah mengapa, hubungan jangka panjang membutuhkan investasi didalamnya.

Lalu, apa yang bisa membuat Anda menarik bagi pasangan secara emosional? Berikut beberapa diantaranya.

2 dari 4 halaman

Berikan perhatian

Menurut konselor kehidupan, Julie Williamson, kehadiran Anda dalam hidup pasangan jadi hal yang begitu penting. Tidak perlu selalu melakukan percakapan dengan dalam.

"Akan tetapi, hadirlah sepenuhnya dalam hidup pasangan oleh apa yang dikatakannya dan berkomunikasilah dengan minat dan perhatian yang tulus," ujar Julie.

Jadi, setiap kali Anda sedang berada di sekitar pasangan, usahakan untuk menghilangkan gangguan apapun. Meskipun terlihat sederhana, namun itu dapat membantu Anda untuk lebih mendengarkan dengan baik.

Terlebih, percakapan pun bisa terus berjalan.

Bangun fondasi

"Hubungan yang dibangun dengan terlalu cepat dapat berakhir dengan kehancuran, karena dibangun atas dasar yang dangkal," ujar pelatih kencan dan hubungan, Laurel House.

Laurel menambahkan, jika Anda menjadikan dasar hubungan hanya dari satu aspek yakni ketertarikan fisik, maka belum tentu apa yang ada dibalik fisiknya juga masih tetap dapat membuat Anda tertarik.

"Itulah mengapa melatih ketertarikan emosional sejak awal jadi hal yang penting. Buatlah fondasi hubungan terlebih dahulu, lalu hal-hal lainnya bisa dikerjakan bersama setelahnya," kata Laurel.

 

3 dari 4 halaman

Jangan main aman

Menurut Laurel, satu-satunya cara untuk menciptakan daya tarik emosional adalah dengan menjadi apa adanya (vulnerable).

"Jadilah apa adanya dengan seutuhnya. Bukalah diri Anda dan bagikan itu. Ketertarikan emosional seharusnya mendalam. Jika Anda memperlakukannya hanya seperti kenalan biasa, maka yang pasangan lihat hanyalah seperti itu," kata Laurel.

"Jangan takut untuk membuka diri dan jujur tentang perasaan Anda jika Anda ingin menjalin hubungan," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis