Sukses

Menghabiskan Waktu Lebih Lama di Alam Bantu Seseorang Menghargai Tubuh

Seseorang bisa lebih menghargai tubuhnya ketika lebih banyak di alam

Liputan6.com, Jakarta - Ingin merasa lebih baik tentang tubuh Anda? Cara ini bisa Anda lakukan, yakni menghabiskan lebih banyak waktu di alam. Cara tersebut dapat memperkuat proses kognitif yang membantu seseorang mengatasi perasaan negatif tentang tubuhnya.

Citra tubuh negatif ini merupakan faktor risiko akibat perilaku seperti pola makan yang tidak teratur, yang dapat berkonsekuensi buruk bagi tubuh, pikiran, dan hubungan seseorang. Namun, saat ini menghindari pikiran tubuh yang negatif menjadi lebih sulit saat menjelajahi media sosial.

Profesor psikologi sosial di Anglia Ruskin University di Cambridge, Inggris, Viren Swami, PhD, memandang citra tubuh negatif sebagai masalah kesehatan masyarakat utama di seluruh dunia. Penelitiannya berfokus pada cara untuk mempromosikan penerimaan tubuh.

Baru-baru ini, Swani dan rekannya menemukan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu di alam dapat mendukung proses kognitif yang membantu orang bangkit kembali ketika pikiran mereka menjadi negatif tentang tubuh mereka. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Ecopsychology pada awal Januari.

“Saya berharap penelitian yang saya lakukan --- di samping penelitian yang dilakukan oleh banyak ilmuwan lain --- suatu hari nanti akan berarti bahwa anak-anak kita tumbuh dalam masyarakat di mana mereka dihargai dan diperhatikan karena kompetensi mereka, ketimbang seperti apa mereka terlihat,” kata Swami dikutip dari Verywell Health.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alam Membantu  

Berada di lingkungan alami --- berlawanan dengan lingkungan buatan, seperti kota dan jalan raya --- telah berulang kali dikaitkan dengan memiliki citra tubuh yang positif dalam penelitian sebelumnya. Bahkan, melihat gambar pohon, gunung, dan danau, setidaknya untuk sementara, dapat menenangkan pikiran negatif tentang penampilan tubuh.

Untuk menyelidiki bagaimana alam membantu kita merasa lebih baik tentang tubuh kita, Swami dan rekan mensurvei sekitar 400 orang tentang apresiasi tubuh mereka, paparan alam, dan 'penerimaan rasional positif' atau seberapa sering mereka menggunakan strategi untuk membantu diri mereka sendiri merasa lebih baik tentang tubuh mereka.

Peneliti kemudian melakukan analisis lebih lanjut dan menemukan, kata Swami, bahwa mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di alam lebih mungkin untuk mengatasi citra tubuh negatif dengan cara yang positif dan rasional. Strategi mengatasi ini, kemudian, mungkin telah memungkinkan responden untuk lebih banyak menghargai tubuh mereka.

Mengapa alam membantu kita mengatasi citra tubuh negatif? Olahraga dan udara segar dapat mendukung perasaan positif itu. Tetapi mengingat gambar alam dapat mendorong perasaan kita terhadap tubuh kita.

Swami menduga bahwa ada banyak faktor yang berperan di sini. Paparan alam telah dikaitkan dengan harga diri dan optimisme yang dapat meningkatkan perhatian. Artinya, alam mungkin mendukung hidup di saat ini dan memperhatikan apa yang ada di depan Anda, tanpa banyak penilaian atau pemikiran obsesif.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.