Sukses

Sudah Menikah tapi Rindu Mantan Kekasih, Harus Bagaimana?

Liputan6.com, Jakarta - Telah menikah dengan bahagia bersama pasangan, terkadang ada saat dimana hal-hal kecil memicu kenangan dengan mantan. Apakah hal ini salah?

Perasaan tersebut muncul karena Anda pernah menghabiskan waktu bersama dia. Sehingga Anda harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terkait dengan berakhirnya hubungan tersebut.

Bahkan jika hubungan itu tidak sempurna, Anda mungkin merindukan sang mantan karena adanya beberapa kenangan positif dari hubungan tersebut, jelas ahli sosial berlisensi Jenni Jacobsen, yang dikutip dari Marriage.

Jika ini terjadi, janganlah membuat kesalahan dengan menelepon mantan. Sebagai gantinya, ikuti 6 tips dari Times of India berikut untuk menghadapi saat-saat ketika Anda merindukan mantan pasca-nikah.

2 dari 5 halaman

1. Ingat-Ingat Alasan Kenapa Dia Jadi Mantan

Pikirkan alasan mengapa orang ini menjadi mantan kekasih. Anda putus karena sesuatu. Ia menjadi mantan karena ada sesuatu yang tidak bisa membuat bersama.

Mungkin Anda dan mantan Anda selalu bertengkar, atau mungkin menjalin hubungan membuat Anda berhenti mengejar tujuan karier Anda.

2. Jangan simpan perasaanmu di dalam 

Menekan emosi Anda dapat membuat sulit untuk memprosesnya dan benar-benar pindah dari mantan Anda. Alih-alih mencoba mengendalikan perasaan kehilangan mantan, bagikan perasaan itu dengan seseorang yang dapat Anda percayai, seperti teman dekat. Membiarkan perasaan Anda keluar dapat membantu Anda melepaskannya pada akhirnya.

Namun jika Anda merasa tidak nyaman berbagi perasaan dengan seorang teman, cobalah untuk membuat jurnal untuk melepaskan beberapa emosi negatif Anda terkait perasaan rindu dengan mantan, dan simpan jurnal tersebut di tempat yang aman.

3 dari 5 halaman

3. Sibukkan Diri

Menyibukkan diri atau menjadi produktif dapat mengalihkan pikiran Anda dari sesuatu yang memicu ingatan tentang mantan. Anda dapat mulai dengan melakukan beberapa tugas di tempat kerja, dan proyek yang ingin Anda lakukan di rumah.

Atau bisa juga hal-hal yang Anda sukai, seperti  memasak, yang akan membuat Anda sibuk.

4. Bertemu dengan teman

Alih-alih tinggal di rumah sendirian dan merindukan mantan Anda, manfaatkan kesempatan untuk terhubung kembali dengan teman-teman.

Berkumpul untuk makan malam, menonton film yang sangat ingin Anda tonton, atau kembali menikmati aktivitas favorit Anda bersama teman-teman untuk mengalihkan pikiran Anda dari mantan.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak pasangan Anda berkencan dan mengingatkan diri sendiri bahwa pasangan disamping Anda lebih layak mendapatkan cinta dan perhatian yang Anda buang untuk mengingat mantan.

4 dari 5 halaman

5. Fokus pada perbaikan diri

Jika Anda sedang merindukan mantan, yang terbaik adalah mengalihkan perhatian Anda untuk melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri daripada membiarkan emosi negatif atau sedih meresap.

Sedikit perbaikan diri dapat meningkatkan kepercayaan diri dan suasana hati ketika. Cobalah manjakan diri Anda dengan pakaian baru, pergi ke kafe, atau ikuti kelas yang ingin Anda ikuti untuk memajukan karier Anda.

6. Luangkan waktu untuk bepergian

Buat rencana dengan pasangan Anda, dan lakukan perjalanan pendek atau panjang, apa pun yang dimungkinkan oleh kantong Anda.

Terkadang, perjalanan dengan pasangan adalah semua yang sebenarnya dibutuhkan pikiran Anda.

Selain itu, perubahan pemandangan juga dapat membantu Anda mengubah pola pikir dan move on dari mantan.

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis Siap-Siap Vaksinasi Booster Covid-19 Dimulai 12 Januari 2022