Sukses

Kandungan Susu Kambing Formula Disebut Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yang strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Susu kambing formula disebut memiliki semua nutrisi alami yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Sekali pun terkandung lemak di dalamnya.

Dijelaskan principal scientist Dairy Goat Co-operative (DGC), New Zealand, Dr Liz Carpenter bahwa lemak susu berkontribusi sebesar 50 persen sebagai sumber energi yang anak butuhkan.

Itu mengapa di produk susu kambing formula terbarunya, Karihome, menggunakan susu kambing utuh yang tidak dibuang lemaknya.

"Dengan menggunakan susu kambing utuh, kami dapat memastikan setidaknya 45 persen kandungan lemak produk kami berasal dari lemak susu alami," kata Liz dalam webinar belum lama ini.

Lebih lanjut Liz, mengatakan, susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yang strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna anak-anak.

Kemudahan dicerna ini, kata dia, sangat penting untuk kesehatan organ pencernaan anak.

Tidak hanya itu, susu kambing juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun, khsusunya pembentukan antibodi setelah vaksinasi.

"Berdasarkan hasil uji klinis yang kami kami lakukan terhadap 300 anak di Adelaide, Australia, anak yang minum susu kambing formula mengalami pertumbuhan berat badan yang normal serta penernaan yang lebih sehat," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerahan Susu Kambing

Menurut Farm Shareholder Service Manager DGC, Keith Arnold sebagai negara peternakan yang alami, pemerintah New Zealand mempunyai aturan yang ketat tentang kesejahteraan hewan.

DGC sendiri menerapkan kode praktis peternakan yang lebih ketat dari itu. Yang bahkan sudah menjadi patokan standar kelas dunia.

"Perjalanan susu kambing formula Karihome mulai dari pemerahan susu, produksi, hingga distribusi produk semuanya dilakukan dan dikontrol sepenuhnya oleh Dairy Goat Co-operative (DGC), New Zealand. Pabrik kami dibangun khusus hanya untuk membuat susu kambing formula.” ujarnya.

Proses pemerahan susu kambing dilakukan dengan alat canggih dan susu segar hasil perahan langsung dibawa ke pabrik dalam waktu kurang lebih satu jam.

Truk-truk pengangkut susu dilengkapi dengan lapisan insulator untuk memastikan temperatur susu di dalamnya tetap konsisten rendah. Tujuannya adalah untuk menjaga keutuhan nutrisi alami susu selama perjalanan. Tanpa menunggu lama, susu kambing segar langsung diproses dalam waktu tidak lebih dari 24 jam setelah diperah.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Pada kesempatan yang sama Manufacturing General Manager dari Dairy Goat Co-operative, New Zealand, Ipu Hapi menjelaskan bahwa proses produksi Karihome lebih ringkas dengan hanya melalui satu kali pemanasan suhu tinggi agar nutrisi alaminya tetap terjaga.

Ipu juga menjelaskan bahwa seluruh proses mulai dari pemerahan hingga pengemasan dikelola di satu tempat yang sama untuk memastikan keamanan dan kualitas produk hingga ke tangan konsumen.

4 dari 4 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.