Sukses

Gwyneth Paltrow Rajin Minum Susu Kambing Mentah, Apa Gunanya?

Susu kambing mentah dianggap sehat oleh Gwyneth Paltrow. Ia yakin, susu kambing mentah dapat membersihkan tubuhnya dari parasit. Sehatkah?

Liputan6.com, Jakarta Gwyneth Paltrow punya cara yang tak biasa supaya tubuhnya sehat. Ia rutin minum susu kambing mentah selama delapan hari guna menyingkirkan parasit di tubuhnya.

Menurut ibu dua orang ini, parasit merupakan penyebab mengapa manusia, terlebih wanita, kerap merasa buruk. 

Gwyneth Paltrow memang menjalani diet sehat. Namun, ia sering memberikan kesempatan untuk tubuhnya mengonsumsi makanan apa saja yang disukai. Meski ia tahu makanan-makanan itu membuatnya merasa tak baik.

Hanya saja, para ahli belum punya bukti bahwa susu kambing mentah bisa memberikan manfaat kesehatan dan dapat menyingkirkan parasit di tubuhnya. Bahkan, minum susu kambing mentah hanya membuat kembung.

"Anda mungkin akan memiliki lebih banyak gas dalam perut," kata Dr Kyle Staller, seorang gastroenterologist di Massachusetts General Hospital dikutip dari Daily Star, Senin (13/3/2017)

Apa alasannya?

Sama seperti susu sapi, susu kambing mentah pun mengandung laktosa, jenis karbohidrat yang diklasifikasikan sebagai FODMAP a. Laktosa dan FODMAP lainnya dapat dengan mudah difermentasi menjadi gas oleh bakteri dalam tubuh kita.

"Kita semua mengonsumsi mereka, dan kita semua mendapatkan lebih banyak gas ketika kita memakannya," kata Staller menjelaskan.

Memang benar anak-anak, orang tua, wanita hamil, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh berkompromi lebih rentan terhadap masalah kesehatan dari parasit.

Namun, dokter mengingatkan produk susu yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung parasit yang berpotensi menyebabkan infeksi, termasuk toksoplasmosis, yang dapat menyebabkan demam, sakit kepala, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Minum susu yang tidak dipasteurisasi juga berisiko kecil menyebabkan brucellosis, infeksi parasit lain yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot.

"Saya berpendapat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan parasit dengan minum susu kambing mentah," kata Staller.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini