Sukses

Indonesia Terus Pantau Varian Virus Corona Baru

Liputan6.com, Jakarta Melihat perkembangan COVID-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memastikan, Pemerintah terus memantau, termasuk kemungkinan munculnya varian-varian virus Corona baru.

Di Indonesia, sebagaimana data Peta Sebaran Sekuens dan Varian Virus Sars-CoV-2 Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan periode Januari-16 Oktober 2021, ada 7.853 sekuens yang dideteksi.

Dari total sekuens tersebut, jumlah varian Alpha ada 68, Beta 22, dan 4.025 varian Delta yang menyebar di Indonesia.

"Pemerintah akan terus bekerja keras memastikan bahwa situasi COVID-19 di Indonesia akan dapat ditangani dengan baik," terang Retno melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 25 Oktober 2021 malam.

Retno melanjutkan, peran seluruh masyarakat sangat penting, terutama dalam mempercepat program vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Mari kita bersama-sama kampanyekan vaksinasi dan protokol kesehatan. Dua sisi dari mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Ayo, vaksinasi! Terus jalankan protokol kesehatan...!" ajaknya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 Global Naik, Indonesia Turun

Retno Marsudi juga mengingatkan, pandemi COVID-19 belum berakhir. Meskipun beberapa waktu terakhir kasus COVID-19 global mengalami penurunan, namun di dalam seminggu terakhir mulai terlihat kembali menanjak.

Pada periode 17-23 Oktober 2021, kasus COVID-19 global naik sebesar 2 persen dan kematian naik 0,9 persen dibanding pekan yang lalu.

"Di kawasan kita, Asia Tenggara, Alhamdulillah mengalami penurunan kasus sebesar -15,5 persen dibanding pekan lalu," ujar Retno.

"Jadi, 9 negara ASEAN mengalami penurunan kasus COVID-19, termasuk Indonesia, hanya Singapura yang masih mengalami kenaikan kasus sekitar 15 persen dibanding pekan lalu."

Indonesia merupakan salah satu negara yang terus mengalami tren penurunan kasus COVID-19. Kalau dibanding dengan pekan yang lalu, maka Indonesia mengalami penurunan kasus baru sebesar -23 persen.

Dalam beberapa hari terakhir, positivity rate nasional turun di bawah angka 1 persen dan penambahan kasus harian di bawah 1.000.

3 dari 3 halaman

Infografis Seberapa Bahaya Varian Lambda?