Sukses

Cara Mengatasi Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam

cara mencegah dan mengatasi kuku kaki tumbuh ke dalam

Liputan6.com, Jakarta - Kuku kaki yang tumbuh ke dalam sangat menyakitkan. Meskipun dapat diobati, pertumbuhan kuku ini berpotensi berbahaya jika seseorang mengalami infeksi. Kondisi ini disebut sebagai cantengan atau ingrown toenails.

Cantengan merupakan kondisi kelainan pada kuku dimana bagian tepi kuku tumbuh ke dalam daging dan melukai jaringan lunak. Kondisi ini menyebabkan timbulnya peradangan yang ditandai dengan pembengkakan, nyeri, serta kemerahan.

Ada beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya cantengan, seperti: memotong kuku terlalu dalam, menggunting kuku tanpa menggunakan gunting kuku, sering menggunakan sepatu atau alas kaki yang terlalu kecil, luka yang berulang pada jari kaki karena aktivitas sehari-hari, faktor keturunan, bentuk kuku yang tidak normal, dan kurang menjaga kebersihan kaki.

Berikut adalah cara mengatasi kuku kaki tumbuh ke dalam, dilansir dari Health:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Merendam Kaki dalam Air Garam

Seorang ahli penyakit kaki yang berbasis di Los Angeles, Wenjay Sung, mengatakan kuku kaki yang tumbuh ke dalam dapat diobati di rumah. Anda dapat melakukannya dengan menghilangkan ujung kuku yang mendorong ke dalam kulit dan merendam kaki ke dalam air garam selama lima menit dua kali sehari.

Selain dengan garam, Anda bisa juga menggunakan cuka atau sabun sebagai gantinya.

2. Memakai Sepatu yang Nyaman

Jenis sepatu yang digunakan juga mempengaruhi kuku kakimu. Pilih sandal berujung terbuka untuk menyediakan ruang ekstra untuk jari-jari kakimu. Bahan alas kaki yang ideal adalah yang terbuat dari kain lembut yang memungkinkan kulitmu “bernapas” sekaligus memberi ruang untuk jari-jari kakimu.

Sebenarnya, sepatu yang ketat dan tidak nyaman adalah salah satu alasan kuku kaki mulai tumbuh ke dalam kulit. Sepatu hak tinggi juga bukanlah pilihan, karena mereka menambah tekanan pada jari-jari kaki.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Matrikektomi Kimia

Jika Anda memiliki kuku kaki yang sering tumbuh ke dalam, dokter Ana mungkin menyarankan prosedur yang dikenal sebagai matrikektomi kimia. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk membakar matriks kuku dan menghilangkan bagian kuku yang terus tumbuh ke dalam kulit.

Namun jika kondisinya memburuk, atau ada tanda-tanda infeksi seperti keluar nanah, makin membengkak, pendarahan, terasa makin nyeri dan lain sebagainya, Anda sebaiknya menemui dokter, terutama ahli penyakit kaki, untuk mendapat perawatan tambahan agar tidak menyebar ke area lain di tubuh Anda.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini