Sukses

Jenis dan Manfaat Diet Keto bagi Tubuh

Terdapat 4 jenis diet keto dan manfaat melaksanakan diet keto.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara bagi seseorang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Salah satunya bisa dengan menerapkan diet ketogenik atau diet keto.

Diet keto merupakan pengurangan asupan karbohidrat secara drastis dan menggantinya dengan lemak. Diet keto dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah dan insulin yang signifikan.

Dihimpun dari Liputan6, diet keto dinilai memiliki potensi untuk melawan diabetes, kanker, epilepsi, dan penyakit Alzheimer. Diet keto memiliki 4 jenis.

Jenis pertama, diet ketogenik standar adalah diet karbohidrat yang sangat rendah, protein sedang dan tinggi lemak. Diet ini biasanya mengandung 70% lemak, 20% protein, dan hanya 10% karbohidrat. Lalu, diet ketogenik siklis adalah diet melibatkan periode pemberian kembali karbohidrat yang lebih tinggi, seperti 5 hari ketogenik diikuti oleh 2 hari karbohidrat tinggi.

Diet ketogenik bertarget memungkinkan Anda menambahkan karbohidrat saat berolahraga. Terakhir dari jenis diet keto, diet ketogenik protein tinggi ini mirip dengan diet ketogenik standar, tetapi mengandung lebih banyak protein. Rasionya bisa berupa 60% lemak, 35% protein, dan 5% karbohidrat.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet keto, perlu Anda ketahui manfaatnya, berikut Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/10/21).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Diet Keto

Mendukung Penurunan Berat Badan

Diet keto akan membuat seseorang kenyang dan dapat mengurangi hormon yang merangsang rasa lapar. Ini alasan mengapa diet keto dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan penurunan berat badan.

Mengatasi Jerawat

Jerawat memiliki beberapa penyebab yang berbeda, termasuk gula darah pada beberapa orang. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan dapat mengubah keseimbangan bakteri usus dan menyebabkan gula darah naik dan turun secara signifikan, kondisi tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Melindungi Fungsi Otak

Penelitian pada tahun 2019 berpendapat bahwa diet keto dapat memberikan manfaat bagi otak, memperkuat dan melindungi sel otak dan saraf. Diet keto dapat membantu seseorang atau mengelola kondisi seperti penyakit alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ketika sedang menjalani diet, penting bagi mereka untuk memilih makanan yang sehat. Mengonsumsi lemak sehat, seperti alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolestrol. Oleh karena itu, efek penurunan diet keto pada kolestrol dapat mengurangi risiko komplikasi jantung seseorang.

 

Penulis : Alicia Salsabila

 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.