Sukses

Susah Dibedakan, Inilah 4 Cara Ketahui Kondisi Telur yang Sudah Busuk

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, membedakan telur busuk dengan telur yang masih segar bisa menjadi sulit. Terlebih lagi jika membelinya di supermarket. Hal ini membuat Anda menjadi ragu dengan keadaan telur di tempat penyimpanan telur di rumahmu.

Agar kamu tidak ragu-ragu tentang hal tersebut, coba lakukan empat cara bedakan telur segar dengan telur busuk dengan uji sederhana, yang dilansir dari Southern Living, Senin (20/9/2021).

1. Rendam Telur dalam Air

Cara sederhana untuk membedakan telur yang busuk dan masih segar adalah dengan merendamnya di dalam air. Anda cukup menyiapkan gelas atau mangkuk berisi air, lalu masukkan telur tadi ke dalamnya.

Ciri telur yang busuk biasanya akan mengapung di permukaan saat dimasukkan ke dalam air. Sedangkan, untuk telur yang masih segar biasanya akan tenggelam dalam posisi tidur.

Namun, jika mereka mengapung, tetapi berdiri di salah satu ujung di bagian bawah gelas atau mangkuk, mereka tidak segar tetapi masih dapat dimakan.

2. Kocok Telur

Metode berikutnya, Anda dapat memegang telur di dekat telinga Anda dan mengocoknya. Jika Anda mendengar cairan berdesir di dalam, itu sudah buruk. Di sisi lain, tidak ada suara berarti kondisi telur tersebut masih bagus. Suara sloshing biasanya menunjuk kondisi kuning telur yang sudah tua dan berair.

 

2 dari 3 halaman

3. Tes Aroma

Selanjutnya, Anda juga bisa mengecek aroma telur. Biasanya, salah satu telur yang sudah busuk adalah memiliki aroma yang kuat dan tidak segar. Hal ini dikarenakan aroma tidak sedap dari telur akan langsung tercium dari cangkangnya.

Namun, kalau ingin memastikan lagi, Anda bisa memecahkan sedikit cangkangnya. Jika tercium bau yang menyengat, kemungkinan telur itu sudah busuk.

4. Cek warna dan tekstur putih telur

Anda perlu mengamati kuning telur dan putih telurnya setelah pecah di permukaan yang rata. Telur segar akan memiliki kuning cerah atau kuning oranye, di mana putih telur agak kaku dan berada di sekitar kuning telur. Putih telur yang tidak terlalu segar akan lebih rata dan menyebar.

Sedangkan telur busuk biasanya memiliki ciri-ciri tekstur putih telur yang lebih encer dan lebih berair. Biasanya, ini juga akan diikuti dengan aroma kuat dan menyengat.

Reporter: Lianna Leticia

 

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa Covid-19