Sukses

Bisakah Pelembab Digunakan di Semua Jenis Kulit?

Orang sering salah paham kalau pelembab hanya bisa digunakan untuk kulit kering. Padahal, semua orang memerlukan pelembab.

Dermatolog Dr Ruchi Agarwa mengatakan, ketika membicarakan tentang pelembab, perlu diketahui dulu jenis kulitnya. Untuk kulit normal dan kering memerlukan pelembab yang sedikit lebih kuat. Dan seseorang yang mempunyai kulit kombinasi dan berminyak memerlukan pelembab yang berbasis air dan lembut.

"Jadi salah satu yang harus diperiksa adalah konten dan lihatlah kandungan air di pelembab atau berbahan gel, terutama untuk kulit berminyak," kata Agarwal seperti dikutip Health.India, Jumat (7/12/2012).

Berikut tips memilih pelembab untuk jenis kulit yang berbeda:

1. Kulit kering sering menuntut banyak pembersihan dan stimulasi sel kulit biasa. Pilihlah pelembab dan lotion yang mengandung minyak esensial dan lebih baik yang mengandung vitamin A, C, D & E.

Petroleum jelly mengandung banyak minyak, yang membuatnya pilihan yang cocok untuk kulit yang benar-benar kering. Buatlah kebiasaan menggunakan pelembab sebelum istirahat di tempat tidur.

Manjakan diri dalam mandi susu sesekali untuk mendapatkan kebaikan dari susu dan kemampuan pelembabnya.

2. Kulit berminyak. Mitos yang sering muncul adalah jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda bisa melewatkan pelembab. Kedengarannya memang sedikit gila mengoleskan pelembab ke kulit berminyak. Tapi Anda harus mengganti kelembaban di kulit yang hilang ketika membersihkan kulit.

Jika Anda menghilangkan kelembaban dari kulit, kelenjar minyak Anda bakal kelebihan produksi untuk mengompensasinya, yang membuat kulit cenderung berjerawat.

Jadi sangat penting untuk menjaga tingkat kelembaban kulit Anda agar seimbang. Cukup ikuti aturan mencuci-toning-pelembab. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda karena melarutkan minyak lebih efektif daripada air dingin dan menggunakan sabun.

Tutup pori-pori dengan menggunakan astringent. Gunakan air berbasis pelembab untuk mencegah kulit Anda semakin kering tanpa menambahkan minyak di atasnya. Kulit yang lembab terlihat lebih baik, sehingga garis dan lipatan kurang terlihat.

Kebanyakan orang percaya bahwa penuaan kulit bisa dihindari dan tidak perlu banyak perawatan. Ini yang membuat wanita lebih peduli dengan produk anti-penuaan dan mengabaikan kekuatan dari pelembab sederhana.

Pelembab bisa menahan air di lapisan terluar kulit (stratum korneum). Pelembab membantu mengobati kulit Anda ketika itu kering dan mencegah dari bertambah kering.Pelembab juga melindungi kulit dari unsur-unsur berbahaya di lingkungan. (MEL/IGW)