Sukses

5 Tren Diet Paling Tersohor dan Dampaknya ke Tubuh

Jangan sembarangan dalam melakukan diet dan menentukan pola makan

Liputan6.com, Jakarta - Begitu banyak macam diet yang tersedia. Seharusnya dengan banyak pilihan tersebut, Anda bisa mudah memilihnya. Namun, nyatanya Anda jadi bingung sendiri mana yang bagus dan tidak.

Sebelum Anda memilih, simak dulu pendapat dari beberapa ahli gizi. Banyak dari diet trendi dan tren makan tidak terlalu bagus untuk kesehatan dalam untuk menurunkan berat badan.

“Diet adalah iklan yang berbahaya dan palsu untuk menurunkan berat badan yang tidak bertahan lama,” kata Pelatih Kesehatan dan Pendiri Raw Beauty Reset, Erin Treloar.

Menurut Treloar, dalam statistik saja terlihat bahwa 80 persen diet gagal dalam 12 bulan pertama dan banyak penelitian menunjukkan bahwa diet sebenarnya merupakan prediktor yang konsisten untuk kenaikan berat badan di masa depan.

Inilah pendapat ahli gizi tentang beberapa diet paling umum dan tren makan:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Diet tanpa karbohidrat

“Tren zero-carb membuat ketakutan yang irasional terhadap semua karbohidrat dan tidak ideal untuk kesehatan wanita,” kata ahli gizi fungsional dan spesialis hormonal, Maritza Worthington, seperti dilansir SheKnows.

Menurutnya, membatasi karbohidrat merupakan pendekatan yang tidak sehat untuk kesehatan wanita. Alasannya, diet rendah karbohidrat dapat menjadi bumerang dan memengaruhi hormon dari waktu ke waktu.

"Sumber energi pilihan tubuh berasal dari glukosa, yang hanya bisa Anda dapatkan dari karbohidrat," kata Worthington.

Ini berarti ketika Anda tidak mendapatkan cukup glukosa dari karbohidrat kompleks, kadar kortisol Anda meningkat, yang menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan memengaruhi kesuburan.

Ketika hormon stres, kortisol, meningkat, ini dapat menekan tiroid, meningkatkan estrogen, dan memperlambat metabolisme karena tubuh menganggapnya dalam bahaya. Tubuh Anda kemudian juga dipaksa untuk mengkompensasi dengan mengubah protein menjadi glukosa sebagai mekanisme bertahan hidup, yang merupakan sumber energi yang kurang efisien.

"Diet rendah karbohidrat juga dapat secara signifikan mengurangi asupan serat dan prebiotik, yang penting untuk usus dan harmoni hormon," katanya.

Untuk menghindari hal ini, Worthington merekomendasikan untuk memasukkan secangkir sumber karbohidrat makanan utuh seperti ubi jalar, pisang raja, sayuran, dan biji-bijian yang bertunas) di piring Anda,“Karbohidrat kompleks bukanlah musuh!”

 

3 dari 7 halaman

2. Diet Keto

"Diet keto yang sebenarnya pada awalnya dirancang untuk penderita epilepsi dan sebenarnya mengandung lebih banyak lemak daripada diet yang diikuti orang-orang akhir-akhir ini,” kata Brittany Lubeck, MS, RD dan konsultan nutrisi di Oh So Spotles.

Lubeck bilang, orang yang mengikuti diet keto untuk menurunkan berat badan tidak mengikuti diet yang benar. Diet keto saat ini, kata Lubeck, sangat rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan tinggi protein. Ada banyak masalah dengan diet keto, katanya, tetapi yang paling umum menurutnya adalah distribusi makronutrien.

"Karbohidrat adalah pilihan nomor satu tubuh kita untuk bahan bakar. Karbohidrat adalah makronutrien yang paling mudah dan mudah diubah menjadi energi,” katanya.

“Plus, otak kita berkembang dari karbohidrat. Karbohidrat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian menyediakan berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, jadi tidak makan makanan ini dapat menyebabkan kekurangan," Lubeck menambahkan.

Masalah lain dengan diet keto, menurut Lubeck, adalah potensi stres pada ginjal.

“Ini karena orang yang sedang diet biasanya meningkatkan asupan makanan hewani tinggi lemak dan protein tinggi, yang lebih sulit untuk diproses dan disaring oleh ginjal kita, berpotensi menyebabkan batu ginjal atau penurunan fungsi ginjal," katanya.

Diet ini sangat populer karena mengarah pada penurunan berat badan yang cepat. Lubeck, mengatakan, menjalani diet keto dalam jangka panjang sebenarnya dikaitkan dengan meningkatnya risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan penyakit ginjal.

 

4 dari 7 halaman

3. Menghitung kalori

"Penghitungan kalori adalah perangkap utama karena mengurangi nutrisi ke kuantitas daripada kualitas. Sama seperti Anda tidak boleh terobsesi dengan angka pada timbangan, hal yang sama berlaku untuk kalori,” kata Worthington.

Ia menegaskan, menghitung kalori menyesatkan karena tidak semua kalori itu sama. Misalnya, tiga cangkir brokoli mengandung 122 kalori, yang hampir sama dengan permen patty peppermint. Namun, ini bukan hanya tentang kalori yang masuk dan keluar, ini benar-benar tentang kepadatan nutrisi dan menghindari makanan olahan sama sekali.

"Sebagai masyarakat, kita perlu mulai memikirkan makanan karena nilai gizinya, daripada mengambil pendekatan reduksionis nutrisi dengan penghitungan kalori," kata Worthington.

 

5 dari 7 halaman

4. Detoks dengan jus

Lubeck mengatakan pembersihan sama sekali tidak perlu. Dua organ utama, hati dan ginjal, mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh kita setiap hari setiap saat.

Detoksifikasi dan pembersihan yang biasanya meminta orang untuk hanya minum semacam ramuan selama beberapa hari, kata Lubeck, sering menyebabkan diare dan penurunan berat badan air yang cepat, yang memberi orang rasa sukses yang salah.

Namun, tak lama dari Anda berhenti membersihkan dan mulai makan dan minum secara teratur lagi, berat badan yang turun akan segera kembali karena itu bukan penurunan berat badan yang sebenarnya.

Sebagai alternatif, Lubeck mengatakan jika Anda tetap makan makanan bergizi saat berlibur, maka Anda tidak perlu melakukan pembersihan saat sampai di rumah.

"Hal terbaik untuk dilakukan adalah menikmati liburan Anda dan menyadari bahwa satu atau dua hari (atau lebih) memanjakan diri tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat atau perubahan total pada kesehatan Anda. Ketika Anda tiba di rumah, kembalilah ke rutinitas makan normal Anda dan Anda akan merasa seperti diri sendiri lagi dalam waktu singkat.”

 

6 dari 7 halaman

5. Puasa intermiten

Worthington mengatakan puasa intermiten ini mungkin juga membuat hormon Anda lebih berbahaya daripada baik. Dari perspektif hormon, puasa meningkatkan kortisol yang menciptakan peradangan dan ketidakseimbangan dalam jangka panjang.

Ia mengakui bahwa puasa intermiten dapat memberikan hasil dalam jangka pendek. Namun Worthington mengatakan itu benar-benar tidak dimaksudkan untuk menjadi solusi jangka panjang karena kadar kortisol yang tinggi untuk jangka waktu yang lama dapat menempatkan tubuh ke dalam keadaan katabolik kerusakan.

“Misalnya, stres puasa dapat meningkatkan kortisol dan akhirnya menyebabkan deregulasi gula darah, yang menciptakan resistensi insulin dan memengaruhi hormon. Ini bisa terlihat seperti bangun di tengah malam, atau tidak memiliki energi yang cukup sepanjang hari. Penting untuk disadari bahwa melewatkan makan adalah penyebab stres tambahan bagi tubuh, dan puasa intermiten dapat meningkatkan beban stres pada tubuh yang sudah stres dan terkuras.”

7 dari 7 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.