Sukses

Jumlah Pasien COVID-19 di RS Hasan Sadikin Turun Setengah

Liputan6.com, Bandung Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyebutkan jumlah pasien COVID-19 menurun sebesar 53 persen. Hal itu terjadi sejak memasuki bulan Agustus 2021.

Menurut Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Muhammad Kamaruzzaman, jumlah pasien COVID-19 yang dirawat pada bulan Juni - Juli 2021 mencapai 291 pasien dan saat ini turun setengahnnya.

"Saat ini hanya 154 pasien saja. Dan untuk ketersediaan tempat tidur, kita ketahui juga mengalami penurunan. Per 1 Agustus ini, terjadi penurunan sebanyak 45,49 persen. Dibandingkan dengan rerata bulan Juli 2021 yaitu 75,8 persen," ujar Kamaruzzaman dalam keterangan daring, Bandung, Selasa, 3 Agustus 2021.

Namun, kata Kamaruzzaman, keterisian ranjang pasien (BOR) COVID-19 di instalasi gawat darurat (IGD) masih menembus angka 90 persen.

 

2 dari 4 halaman

Oksigen Medis Cukup

Penurunan rerata jumlah pasien COVID-19 di RSHS, berdampak pula terhadap ketersediaan oksigen. Kamaruzzaman mengaku ketersediaan oksigen masih mencukupi.

"Hal ini disebabkan memang kami mendapatkan bantuan dari Kementerian Kesehatan dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, dari MBS dan LSM, kami mendapatkan oksigen konsentrator," kata Kamaruzzaman.

Selain itu bantuan lainnya berupa tabung oksigen, sekaligus lokasi pengisiannya. Kamaruzzaman mengaku ketersediaan alat pelindung diri (APD), hampir serupa kondisinya dengan oksigen.

Penggunaan APD di RSHS, hanya digunakan untuk tenaga kesehatan yang bertugas di zona merah perawatan. Artinya hanya tenaga kesehatan yang merawat pasien COVID-19.

3 dari 4 halaman

Infografis Harga Eceran Tertinggi Obat dalam Masa Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut