Sukses

Indonesia Kedatangan 620 Ribu Vaksin AstraZeneca dari Inggris

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, 2 Agustus 2021, Indonesia kedatangan 620.000 dosis vaksin AstraZeneca, yang merupakan dukungan kerja sama dose-sharing bilateral dari Pemerintah Inggris. Kedatangan hari ini adalah kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-33.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, vaksin AstraZeneca tiba sekitar pukul 15.40 WIB di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Dukungan vaksin dari Inggris ini juga merupakan hasil komunikasi intensif yang dilakukan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

 

"Diskusi terakhir untuk mematangkan kerja sama dose sharing ini, saya lakukan dengan Secretary Raab di sela-sela pertemuan G-20 di Mattera, Italia pada tanggal 29 Juni 2021 lalu," ujarnya Retno saat menyambut kedatangan vaksin Moderna, kemarin (1/8/2021).

Retno Marsudi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Inggris atas dukungan tambahan vaksin. Kerja sama pengadaan vaksin COVID-19 melalui dose-sharing mechanism termasuk salah satu cara yang penting untuk dilakukan agar dunia dapat keluar dari pandemi COVID-19.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS

Indonesia menerima hibah vaksin Moderna sebanyak 3,5 juta dosis dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Minggu, 1 Agustus 2021. Kedatangan ini merupakan tahap ke-32, yang merupakan hasil kerja sama multilateral dengan skema COVAX Facility.

"Ini adalah ketibaan vaksin Moderna dari AS tahap 3," ujar Retno Marsudi melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

Indonesia telah menerima 4.500.160 dosis vaksin dari AS dalam dua tahap. Tahap pertama 3.000.060 dosis vaksin dan tahap kedua 1.500.100.

Adanya tambahan vaksin Moderna, maka jumlah vaksin Moderna, dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui COVAX Facility yang telah diterima Indonesia adalah 8.000.160 dosis vaksin jadi.

Kedatangan vaksin Moderna adalah hasil diskusi yang intensif Menlu Retno bersama Secretary Blinken maupun dengan NSA Jack Sullivan, Amerika Serikat.  Diskusi dilakukan saat Retno berada di Washington DC melakukan kunjungan kerja atas undangan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Infografis Covid-19 Delta Plus Terdeteksi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.