Sukses

Cara Mudah Atasi Cegukan Tanpa Harus Membatalkan Puasa

Biasanya ketika terjadi cegukan dihilangkan dengan meminum segelas air. Namun, saat sedang berpuasa tentunya meminum air tidak bisa dilakukan. Sebenarnya ada beberapa cara lain untuk mengatasi cegukan.

Liputan6.com, Jakarta Cegukan terjadi ketika ada kontraksi diafragma yang tidak disengaja antara otot yang memisahkan dada dari perut yang memainkan peran penting dalam pernapasan. Biasanya ketika terjadi cegukan dihilangkan dengan meminum segelas air. 

Namun, saat sedang berpuasa tentunya meminum air tidak bisa dilakukan. Sebenarnya ada beberapa cara lain untuk mengatasi cegukan. Berikut daftarnya seperti yang dilansir dari Fimela.

1. Menahan Napas

Menahan napas beberapa detik dapat membantu cegukan berhenti. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah.

Cukup mengambil napas dalam lalu tahan selama 10 detik. Setelah itu, hembuskan napas secara perlahan melalui mulut. Ulangi cara ini hingga empat kali. 

Jika cegukan masih belum berhenti, ulangi langkah tersebut setiap 20 menit.

2. Duduk Memeluk Lutut

Cara yang sederhana ini dapat membuat cegukan berhenti. Duduk memeluk lutut memberikan tekanan pada area diafragma, sehingga udara yang terjebak pada diafragma akan keluar.

Ambil posisi duduk dengan menekuk kedua kaki ke atas dan peluk lutut dengan mencondongkan badan ke depan seperti meringkuk. Tahan posisi tersebut selama sekitar dua menit. Namun, jika cegukan masih terjadi, langkah ini bisa diulangi dengan menambah gerakan menahan napas.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memijat Pembuluh Darah Pada Leher

Cara mengatasi cegukan lainnya dapat dilakukan dengan memutar kepala ke kiri sambil berbaring, kemudian pijat pembuluh darah dari arah kanan leher dengan gerakan memutar. Gerakan ini bisa dilakukan selama 5 hingga 10 detik.

Pada kedua sisi leher terdapat pembuluh darah yang dikenal dengan nama arteri karotis. Pembuluh darah ini berfungsi untuk mengalirkan darah ke otak.

4. Memijat Telapak Tangan

Memijat telapak tangan dapat menjadi pilihan untuk mengatasi cegukan tanpa membatalkan puasa. Tekan telapak tangan dengan menggunakan ibu jari atau menekan bagian bawah antara ibu jari dan telunjuk.

5. Menjulurkan Lidah

Mengatasi cegukan juga dapat dilakukan dengan menjulurkan lidah. Dengan menarik lidah keluar akan membantu merangsang saraf di tenggorokan. Setelah itu, pegang bagian ujung lidah, tetapi jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. 

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cegukan adalah kontraksi pada otot diafragma (otot yang membatasi dada dan perut) yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disadari.

    Cegukan

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa

  • Atasi Cegukan