Sukses

Begini Penanganan Penyakit Jantung yang Terkini

Seiring perkembangan zaman, berkembangnya pengobatan modern, dan meningkatnya penggunaan tindakan ring jantung, angka pasien serangan jantung pun mulai menurun.

Liputan6.com, Jakarta Ketika bicara tentang penyakit jantung, para penderitanya bukan lagi para orang lanjut usia. Ya, penyakit jantung bisa menyerang generasi muda. Penyakit jantung koroner misalnya.  

Untuk diketahui bahwa penyakit jantung koroner bermanifestasi sebagai serangan jantung dan merupakan penyebab kematian utama pada kelompok usia produktif. Berdasarkan data Riskesdas, penyakit jantung koroner termasuk dalam lima besar penyebab kematian di Indonesia.

Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah (Intervensi)/Cardiologist Intervention, dr Kabul Priyantoro, SpJP (K), FIHA dari RS OMNI Cikarang menjelaskan, serangan jantung atau dalam istilah medis Infark miokard akut dengan elevasi segmen ST (IMA-EST) didefinisikan sebagai timbulnya gejala dan tanda iskemia jaringan otot jantung secara akut berupa nyeri dada khas infark, disertai perubahan gambaran elektrokardiografi (EKG) berupa elevasi segmen ST yang menetap. 

Gambaran left bundle branch block (LBBB) baru atau terbentuknya gelombang Q patologis, disertai tanda kerusakan sel otot jantung berupa naik atau turunnya kadar biomarker troponin setidaknya diatas persentil ke-99 dari nilai rujukan teratas.

Umumnya, lanjut dr. Kabul, pasien IMA-EST mengalami sumbatan total pembuluh darah koroner epikardial. Oleh karena itu, penatalaksanaan pada kelompok kasus ini dilakukan dengan cara mengembalikan aliran darah koroner secara cepat, sehingga aliran darah ke distal dapat kembali normal. 

Caranya dengan reperfusi mekanik berupa Intervensi Koroner Perkutan Primer (IKPP) atau dengan farmako reperfusi yaitu fibrinolitik. Ya, IKPP atau ring jantung merupakan pilihan utama terapi revaskularisasi mekanik dalam menangani serangan jantung. 

Namun seiring perkembangan zaman, berkembangnya pengobatan modern, dan meningkatnya penggunaan tindakan ring jantung, angka pasien serangan jantung pun mulai menurun. 

Bahkan di Indonesia, dengan adanya layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) dan asuransi kesehatan lainnya, tindakan pemasangan ring jantung gawat darurat sudah merupakan hal yang lazim ditemui di lapangan. 

Di RS OMNI Cikarang misalnya yang dibuka untuk menjangkau menjangkau masyarakat lebih luas lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas. Salah satunya adalah menyediakan pelayanan ring jantung. 

Ya, RS OMNI Cikarang mempunyai pelayanan kesehatan unggulan yang termasuk kedalam Center Of Excellence. Pusat pelayanan kesehatan paling utama yang terdapat di RS OMNI Cikarang terdiri dari tim medis profesional di bidangnya serta alat penunjang medis terkini.

Yuk, mulai sekarang jaga jantungmu tetap sehat terutama di masa pandemi. Ingin tahu lebih lanjut tentang RS OMNI Cikarang, klik di sini

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.