Sukses

Kemenkes Siapkan Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia Dekat Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan sedang menyiapkan skema vaksinasi COVID-19 untuk lansia agar dekat dari rumah masing-masing. Upaya ini demi mempermudah lansia menerima vaksin COVID-19 supaya tidak harus ke lokasi vaksinasi yang cukup jauh dari rumah.

Dalam konferensi pers, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, skema vaksinasi COVID-19 lansia dekat dari rumah akan disampaikan berbentuk surat edaran.

"Saat ini, Kemenkes terus berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat lansia yang akan menerima vaksin COVID-19," ungkap Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Kamis, 4 Maret 2021.

"Kemenkes tengah mempersiapkan surat edaran sehingga para lansia dapat memeroleh vaksin COVID-19 di lokasi terdekat dari tempat tinggal. Dengan demikian, para lansia tidak harus mengantre dan bepergian jauh sampai ke fasilitas kesehatan di ibu kota provinsi untuk memeroleh vaksin."

Ada juga kabar gembira bagi para lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta, yang mana sudah dapat mengakses vaksin COVID-19 secara drive thru. Mekanisme vaksinasi drive thru berlokasi di Lapangan Parkir Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Pusat.

"Layanan ini mulai dibuka Rabu, 3 Maret 2021 dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021. Vaksinasi COVID-19 drive thru berlangsung setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 09.00 pagi hingga 04.00 sore," tambah Wiku.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Vaksinasi COVID-19 Lansia Drive Thru Kurangi Antrean di Faskes

Program vaksinasi COVID-19 secara drive thru untuk lansia merupakan kerjasama antara Kementerian Kesehatan, telehealth Halodoc, dan Gojek.

Bagi lansia yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi drive thru di DKI Jakarta, cukup mendaftar melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc. (Selengkapnya: Cara Daftar Vaksinasi COVID-19 Drive Thru untuk Lansia)

"Diharapkan layanan vaksinasi drive thru mengurangi jumlah antrean vaksinasi lansia di fasilitas kesehatan di DKI Jakarta sekaligus memudahkan lansia memeroleh vaksin COVID-19," imbuh Wiku Adisasmito.

Adapun kerjasama yang dijalin dengan Halodoc maupun Gojek, tegas Wiku, bukan bentuk komersialisasi vaksinasi COVID-19.

"Kerjasama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan program vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Lansia bisa lebih mudah, aman, dan nyaman memeroleh vaksin COVID-19," tegasnya.

"Selain itu, program vaksinasi drive thru juga gratis, tidak dipungut biaya apapun."

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Atas 60 Tahun Dimulai

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: