Sukses

3 Alternatif Layanan Tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Mulai dari Pre-Order hingga Drive Thru

Liputan6.com, Jakarta Mulai 21 Desember 2020, calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga alternatif layanan tes COVID-19. Layanan tes Corona tersebut bisa didapat di Airport Health Center Soetta.

Menurut President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, kebijakan tiga alternatif rapid test tersebut untuk memberikan piihan bagi calon penumpang pesawat agar bisa merencanakan tes COVID-19 dengan lebih baik serta memecah penumpukan calon penumpang.

'Jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes di Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 meningkat dalam beberapa hari terakhir, karena itu kami mengembangkan layanan dengan menyediakan tiga alternatif dalam proses layanan tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta," kata Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (19/12/2020) malam, dilansir Antara.

Pada alternatif pertama, calon penumpang pesawat bisa memesan terlebih dulu (pre-order service) untuk memilih jadwal tes COVID-19 di Airport Health Center Terminal 2 (Shelter Skytrain) atau Terminal 3 (area lounge umroh). Preorder bisa dilakukan melalui aplikasi Travelation milik PT Angkasa Pura II.

"Aplikasi Travelation ini juga terkoneksi dengan aplikasi Indonesia Airports (INAirport)," katanya.

 

2 dari 5 halaman

Alternatif Kedua dan Ketiga

Alternatif kedua, calon penumpang pesawat bisa melakukan tes PCR atau rapid test antigen di dalam kendaraan secara drive thru di tiga lokasi. Lokasi pertama yang telah ada saat ini yaitu drive thru test di area parkir Terminal 3 domestik. Lokasi kedua di area parkir Terminal 1B akan tersedia mulai 21 Desember 2020. Sedangkan lokasi ketiga di area parkir Terminal 2D juga akan bisa diakses pada tanggal yang sama.

Alternatif ketiga, calon penumpang bisa langsung menuju Airport Health Center Terminal 3 (SMMILE Center) dan Terminal 2 (Shelter Skytrain) untuk tes dengan walk in service seperti yang sudah dilakukan saat ini.

Dengan tiga alternatif tersebut, PT Angkasa Pura II bisa menjaga penerbangan dari Bandara Soetta agar tetap bebas repot (hassle free), bebas stres (stress free), dan bebas kebingungan (confusing free).

Artinya, ada enam lokasi tes COVID-19 di kawasan Bandara Soetta yaitu Airport Health Center Terminal 2 di Shelter Skytrain, Airport Health Center Terminal 3 di SMMILE Center, Airport Health Center Terminal 3 di area lounge umroh.

Airport Health Center tersebut dioperasikan oleh Farmalab dan Kimia Farma Diagnostik.

3 dari 5 halaman

Penurunan Tarif Tes COVID-19

Sebelumnya, PT Angkasa Pura juga telah menurunkan tarif tes COVID-19 di Airport Health Center demi mendukung penerbangan sehat. Tarif baru tes COVID-19 itu berlaku mulai 18 Desember 2020.

Tarif PCR yang semula Rp885.000 menjadi Rp800.000 untuk hasil 24 jam setelah pemeriksaan. Sedangkan tarif rapid test antigen yang sebelumnya 385.000 untuk hasil 15 menit setelah pemeriksaan menjadi Rp200 ribu. Dan tes rapid antibodi tetap Rp85.000.

Muhammad Awaluddin memastikan, tarif tersebut akan tetap berlaku pada periode angkutan Natal dan Tahun baru 2020/2021.

 

 

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini