Sukses

Pandemi COVID-19 Belum Usai, Ini Pesan WHO Jelang Libur Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta World Health Organization (WHO) mengingatkan masyarakat untuk senantiasa berupaya mencegah tertular COVID-19, terutama menjelang musim libur akhir tahun dalam perayaan Natal dan Tahun Baru di berbagai negara.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pun mengingatkan agar masyarakat menghabiskan waktu liburannya dengan lebih bijaksana. Menurutnya, merayakan liburan hari raya bersama keluarga dan teman tidak ada gunanya apabila itu membahayakan mereka dan diri sendiri.

"Kita semua perlu mempertimbangkan kehidupan siapa yang mungkin kita pertaruhkan dalam keputusan yang kita buat," kata Tedros dalam konferensi persnya pada Senin awal pekan ini, dikutip dari laman WHO pada Rabu (2/12/2020).

"Pandemi COVID-19 mengubah cara kita merayakan, tetapi bukan berarti kita tidak bisa merayakannya," kata Tedros.

Tedros pun menyarankan untuk pikir-pikir jika ingin bepergian demi mencegah COVID-19. Menurutnya, lebih baik merayakan hari raya bersama keluarga di rumah dan menghindari berkumpul bersama orang atau keluarga dari luar rumah Anda.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

2 dari 4 halaman

Saran dari WHO

Apabila Anda bertemu orang-orang yang tidak serumah, usahakan bertemu di luar ruangan sembari menjaga jarak fisik, serta tetap memakai masker.

"Hindari pusat perbelanjaan yang ramai, berbelanjalah di waktu yang tidak terlalu ramai, dan gunakan belanja daring jika Anda bisa," tambahnya.

Jika terpaksa harus bepergian, Tedros menegaskan bahwa Anda harus melakukan tindakan pencegahan dan mengurangi risiko terkena COVID-19.

Jagalah jarak dengan orang lain dan tetap mengenakan masker saat berada di transportasi umum, serta bawalah pembersih tangan, atau rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air.

"Dan, jika Anda merasa tidak enak badan, hindari bepergian," katanya.

"Meskipun kita tidak bisa merayakannya seperti biasa tahun ini, buatlah rencana untuk merayakannya bersama keluarga dan teman-teman apabila sudah aman," kata Tedros.

"Kita tahu ini akan menjadi aman, hanya masalah waktu."

3 dari 4 halaman

Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini