Sukses

Angka Konfirmasi Harian COVID-19 Pernah Nyaris 5 Ribu, Ini Tanggapan Satgas

Tingginya laporan harian COVID-19 akhir-akhir ini menunjukkan bahwa tingkat penularan virus SARS-CoV-2 di masyarakat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia pernah nyaris menyentuh 5 ribu, tepatnya 4.823 pada Jumat, 25 September 2020. Tingginya laporan harian COVID-19 akhir-akhir ini menunjukkan bahwa tingkat penularan virus SARS-CoV-2 di masyarakat tinggi.

"Jadi, memang kasus meningkat yang terjadi akhir-akhir ini menunjukkan tingkat penularan yang tinggi di masyarakat," kata Juru Bicara Satgas Penularan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers pada Kamis (1/10/2020).

Angka kasus harian bakal meningkat bila masyarakat tidak melakukan perubahan perilaku. Maka dari itu, Wiku mengajak masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

 

Jika masyarakat lengah menjalankan protokol kesehatan, maka angka laporan harian bakal terus naik. Sehingga, kata Wiku, yang menentukan tinggi rendahnya angka laporan COVID-19 adalah masyarakat sendiri.

"Angka ini akan turun bila semuanya kompak dalam menjalankan protokol kesehatan, bergotong royong, angka ini akan turun. Apabila lengah, akan naik lagi." tutur Wiku.

"Angka ini tergantung dari kita, masyarakat sendiri."

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Jawa Barat, Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona