Sukses

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi Lewat 5 Cara Ini Guys

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang sangat erat dengan kesehatan tubuh dan sistem imunitas. Pasalnya, gigi dan mulut merupakan gerbang utama masuknya kuman, bakteri, dan berbagai jenis makanan serta minuman. Menyepelekan kesehatan gigi dan mulut, sama saja dengan membiarkan tubuh kamu rentan terkena berbagai penyakit.

Rutin menyikat gigi saja tidak cukup, kamu perlu memastikan memilih perawatan dan pasta gigi yang tepat. Untuk lebih lengkapnya berikut ini cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi.

1. Hindari penumpukan plak

Plak adalah lapisan lengket yang terdiri dari berbagai jenis mikroorganisme dan menempel pada permukaan gigi dan gusi. Umumnya mikroorganisme ini berasal dari sisa-sisa makanan yang mengandung karbohidrat, gula, tepung. Tanpa pembersihan yang tepat, plak lama kelamaan akan menumpuk dan mengeras menjadi karang gigi.

2 dari 3 halaman

2. Sikat gigi yang benar

Untuk menghindari penumpukan plak, kamu disarankan tidak hanya menyikat gigi secara teratur tetap juga benar. Gunakan sikat gigi yang berbulu halus supaya dapat membersihkan sela-sela gigi secara optimal dan tidak melukai gusi. Bisa juga menggunakan benang gigi atau dental floss untuk sela-sela gigi yang sulit. Selain itu, sehabis makan, kamu bisa berkumur-kumur sebagai upaya membersihkan mulut dan gigi secara cepat dan mudah.

3. Pasta gigi dengan kandungan komplit

Sikat gigi dengan bulu halus sudah ada, kini kamu perlu memilih pasta gigi yang tepat dengan kandungan komplit. Sebab pasta gigi itu tidak hanya membunuh kuman dan bakteri, tetapi dia juga bisa membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan memberikan efek nafas menyegarkan.

Efek nafas segar tahan lama tidak bisa ditawar-tawar lagi, terlebih di tengah pandemi ini kita kerap menggunakan masker yang secara otomatis akan langsung bisa merasakan sendiri bau nafas kita dibanding ketika tidak menggunakan masker.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mendapatkan nafas segar, kamu bisa memilih pasta gigi CloseUp EverFresh dengan Triple Fresh Formula. Past gigi baru ini terdiri dari Anti-bacterial Mouthwash yang mampu melawan bakteri hingga 99%, Purifying Gel yang akan membersihkan hingga bagian mulut terdalam dan Natural Extract of Clove and Spearmint yang menyegarkan nafas.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Closeup Indonesia (@closeupid) on

Dengan CloseUp EverFresh, Triple Fresh Formula kamu gak usah khawatir lagi untuk perlindungan mulut dan rasakan kesegaran hingga 12 jam.

3 dari 3 halaman

4. Waktu penting sikat gigi

Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Dikutip dari lama Klikdokter, American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk menggosok gigi secara teratur dua kali sehari. Menggosok gigi dapat kamu lakukan di pagi dan malam hari dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Waktu menyikat gigi yang baik di pagi hari adalah setelah sarapan. Namun, ada baiknya kamu menunggu beberapa saat, sekitar 30 hingga 60 menit antara sarapan dengan waktu membersihkan gigi. Hal ini penting untuk menjaga lapisan enamel gigi. Selagi menunggu waktu untuk menggosok gigi, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi sifat asam yang dapat merusak gigi, seperti membilas mulut dengan segelas air.

2. Pada malam hari, waktu menyikat gigi yang tepat adalah sebelum tidur. Jika Anda melewatkannya, bakteri akan lebih cepat berkembang biak. Bakteri akan mengubah sisa makanan menjadi asam yang dapat melarutkan enamel gigi. Akibatnya, bisa timbul kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Menyikat gigi secara teratur menjadi cara utama untuk meningkatkan kesehatan mulut. Jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan sikat gigi dua kali sehari selama dua menit sesuai rekomendasi yang dianjurkan.

5. Kunjungi dokter secara teratur

Kebiasaan kita mengunjungi dokter gigi saat gigi terlanjur sudah bermasalah, misalnya gigi berlubang atau terasa sakit. Untuk kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik, jangan tunggu gigi bermasalah dulu baru ke dokter. Sebaiknya kamu mengunjungi dokter gigi secara teratur, setiap 6 bulan sekali.

Jika dalam waktu dekat kamu ingin berkunjung ke dokter gigi, pastikan membuat janji jauh-jauh hari, karena di tengah pandemi saat ini para dokter gigi membuka praktek secara terbatas demi mencegah risiko penyebaran virus.

Itulah tips singkat menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi ini. Segera praktekkan demi mendapatkan gigi yang sehat dan nafas yang menyegarkan.

Informasi menarik seputar kesehatan gigi dan mulut kunjungi instagram @CloseUpID dan website www.closeup.co.id

 

(Adv)